Cara Membuat Bakso Iga Balungan Yang Super Enak

Bakso balungan merupakan varian bakso yang paling enak dan wajib dicoba. Terutama buat orang yang suka dengan daging sapi. Bakso ini berbentuk seperti bakso pada umumnya. Ada mie dan bulatan baksonya. Tapi bedanya, ada tambahan tulang iga daging sapi. Ini membuat rasanya semakin enak. Apalagi tulang iganya sangat empuk. Sudah banyak orang yang menjual makanan ini. Tentunya harga lebih mahal dibandingkan bakso sapi pada umumnya,. Tapi harga yang mahal akan terbalas dengan rasa iga sapi yang sangat enak. Anda bisa membuat bakso iga balungan ini di rumah. Jika ingin lebih puas menikmatinya.


Mungkin pada saat hari kurban kemarin, masih ada sisa daging dan iga sapi yang belum dimasak. Kenapa tidak mencoba membuatnya menjadi bakso balungan. Bisa dinikmati bersama keluarga. Bahan yang dibutuhkan pun tidak rumit. Tapi memang proses pembuatannya cukup lama. Karena anda harus memasak iga sapinya terlebih dahulu. Sehingga bisa empuk dan enak makan. Proses masaknya cukup lama. Bisa satu jam lebih, mari langsung saja kita bahas tentang cara membuat bakso balungan iga sapi yang enak dan empuk.

Baca: Resep Membuat Bakso Kelapa Muda Yang Kenyal

Bahan Membuat Bakso

- 500 gram daging sapi
- 50 gram tepung kanji atau tepung tapioka
- ½ sendok teh lada bubuk
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok makan bawang putih goreng
- 1 sendok makan bawang merah goreng
- Air es batu secukupnya

Bahan Membuat Kuah Iga Balungan
- 1 kg iga sapi,
- 1 sachet kaldu sapi
- 2 liter air
- 5 siung bawang putih
- 1 sendok makan garam
- 1 sendok teh merica bubuk
- ½ sendok teh gula pasir
- 2 buah daun seledri
- Bawang goreng secukupnya

Baca: Resep Membuat Bakso Ayam Yang Enak Dan Empuk

Cara Membuat Bakso Iga Balungan

1. Kita buat baksonya terlebih dahulu, haluskan daging sapi sampai benar-benar halus. Kemudian tambahkan semua bumbu dan tepung kanji. Aduk sampai rata dan kalis. Campur dengan air es supaya hasilnya lebih bagus.

2. Usahkan adonan benar-benar bagus, tidak terlalu encer dan tidak terlalu lengket.

3. Didihkan air, kemudian masukan bulatan bakso ke dalamnya. Tunggu sampai matang dan mengambang. Angkat dan sisihkan.

4. Kemudian kita masak kuah iga balungannya. Potong iga sesuai dengan keinginan, tak perlu memotong terlalu besar.

5. Haluskan bawang putih dan merica. Didihkan air dan masukan bumbu ke dalam air. Lalu masukan iga sapinya ke dalam didihan air. Tunggu sampai matang dan iga sapi empuk. Jika ingin lebih empuk, masak iga memakai panci presto.

6. Tambahkan potongan seledri dan bawang goreng dididihan iga kalau sudah agak matang.

Lalu sajikan dengan mie basah kuning, mie bihun, potongan ciasim dan bakso dalam satu mangkok. Siram dengan kuah yang masih hangat. Diatasnya ditaburi dengan bawang goreng. Kini anda sudah bisa menikmati bakso iga balungan yang enak dan lezat. Mudah bukan? Tidak perlu bahan yang rumit. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Jika tidak ingin ditambah mie juga bisa. Yang paling penting, ketika memasak iganya. Pastikan iga benar-benar empuk dan enak Sehingga anda bisa menikmati dengan mudah. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda. Selamat mencoba.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi :20 orang
Lama persiapan : 2 jam
Waktu masak : 2 jam

Baca: Resep Sup Bakso Dengan Irisan Daging Ayam

0 komentar