Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender Yang Mudah

Ada banyak sekali orang yang suka bakso. Makanan yang cocok di makan ketika suasana dingin ini, memiliki rasa yang enak dan segar. Ada yang terbuat dari daging sapi, daging ayam, ikan dan lainnya. Untuk membuat bakso, semua jenis daging itu harus dihaluskan terlebih dahulu. Untuk hasil yang bagus, harus memakai mesin penggiling daging. Tapi sayangnya mesin penggiling daging, harganya cukup mahal. Apalagi kalau membuatnya hanya sedikit di rumah, bukan untuk dijual lagi. Tak perlu khawatir, anda bisa menggiling daging memakai blender. Hasilnya halus tapi butuh waktu yang lebih lama untuk menghaluskannya. Cara membuat bakso sapi dengan blender ini, harus dilakukan minimal dua kali penggilingan.


Untuk proses pembuatan lainnya, memang sama dengan membuat bakso pada umumnya. Hanya anda harus melakukan penggilingan lebih lama. Saat ini memang banyak sekali orang yang menyediakan jasa penggilingan daging. Bahkan ada yang menyediakan bumbu bakso. Sehingga anda bisa langsung membuat bulatan baksonya saja. Tapi terkadang membuat sendiri, menghaluskan sendiri, ada kebanggaan sendiri. Hasilnya benar-benar hasil dari buatan sendiri. Menggiling sendiri, menyiapkan bumbu sendiri dan lainnya. Apa saja bahan yang dibutuhkan, mari kita bahas dibawah ini.

Baca: Cara Membuat Bakso Iga Balungan Yang Super Enak

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

- 500 gram daging sapi
- 50 gram tepung tapioka
- 2 sendok makan bawang putih goreng
- 1 sendok teh merica bubuk
- 2 liter air untuk kuah bakso
- 3 sendok makan bawang merah goreng
- Es batu secukupnya
- 2 sendok teh garam

Baca: Resep Membuat Bakso Kelapa Muda Yang Kenyal

Langkah Membuat Bakso Sapi Dengan Blender

1. Siapkan satu buah blender, yang pisaunya masih tajam. Potong-potong daging kemudian rebus sebentar di air mendidih. Tak perlu direbus terlalu lama, sampai daging setengah matang saja.

2. Masukan daging ke dalam blender, tambahkan air es supaya lebih mudah untuk proses menghaluskannya. Blender dengan kecepatan penuh sampai benar-benar halus. Akan lebih baik untuk memblendernya dua kali. Sehingga hasilnya lebih bagus.

3. Campurkan daging yang sudah dihaluskan dengan tepung tapioka dan bumbu lainnya. Campur sampai merata dan kalis. Pastikan adonan tidak terlalu lengkat dan tidak terlalu kental.

4. Panaskan air sampai mendidih. Masukan adonan bakso yang sudah dibuat bulat-bulat. Biarkan sampai mengambang, kemudian angkat bakso tersebut.

5. Untuk membuat kuahnya, didihkan air dengan tulang daging sapi. Tambahkan garam, merica, penyedap rasa dan potongan daun bawang. Masak sampai mendidih.

Untuk penyajiannya, tinggal siapkan mangkok. Letakkan garam, mie bakso dan baksonya. Siram dengan kuah yang sudah anda buat. Tambahkan seledri dan bawang goreng. Anda bisa menambahkan pangsit goreng. Pada saat membuat bakso, hal penting ketika menghaluskan dengan blender. Jangan sampai terlalu encer. Pastikan menambahkan air esnya sedikit demi sedikit. Jangan gunakan air biasa, karena akan membuat daging tidak kenyal. Anda juga bisa memakai es batu. Lalu pada saat mencampurkan dengan adonan lain juga tepat. Jangan menambahkan tepung tapioka terlalu banyak, karena akan membuat terlalu kenyal. Jadi porsinya harus pas. Dengan begitu anda bisa menghasilkan bakso sapi yang enak dan lezat. Itulah sedikit informasi tentang cara membuat bakso sapi dengan blender. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Menghasilkan : 15 mangkok
Porsi : 15 porsi
Waktu persiapan : 1,5 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Membuat Bakso Ayam Yang Enak Dan Empuk

.

0 komentar