Cara Mudah Dan Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Bakso Kepala Sapi

Jika berbicara mengenai masakan bakso, memang masakan ini banyak digemari oleh banyak orang di Indonesia ini. hal tersebut memang masakan ini menyajikan cita rasa yang segar dan enak. Terlebih kalau anda sedang meriang atau anda sedang tidak enak badan, bakso bisa dijadikan sebagai masakan favorit untuk dinikmati dalam kondisi tersebut. Dewasa ini, banyak sekali jenis bakso yang bisa anda temukan diantaranya ialah bakso malang, bakso kerikil, bakso jumbo, bakso ikan tuna dan masih banyak bakso yang lain. Salah satu dari jenis bakso yang akhir-akhir ini sedang ngehits ialah bakso kepala sapi. Yuph, bakso ini memang sedang naik daun dan banyak orang yang suka akan kenikmatan rasa dari bakso ini.


jika berbicara mengenai bakso kepala sapi, mungkin salah satu warung yang menjual masakan lezat ini ialah bakso Mas Bambang, warung tersebut menyajikan bakso jenis ini dan sudah banyak orang yang memberikan testimony akan kelezatan bakso ini. namun sebelum lebih lanjut membahas mengenai masakan khas ini, apakah anda sudah mengerti terlebih dulu mengenai bakso kepala sapi ini? jika belum jenis masakan ini merupakan jenis masakan yang mana baksonya terbuat dari daging atau kulit pada kepala sapi.

Baca: Cara Dan Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Bakso Kerikil

Cara Membuat Bakso

Jika anda ingin membuat masakan jenis ini, maka anda tidak perlu untuk menyiapkan bahan-bahan atau cara-cara yang sulit. Hal tersebut karena masakan ini memang mudah untuk dibuat. Bagaimana langkah membuatnya dan apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat masakan ini? simak penjelasannya sebagai berikut.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso jenis ini sebenarnya sama saja dengan bakso-bakso daging pada umumnya. Hanya saja, kalau biasanya bakso menggunakan bagian dagingnya sementara untuk bakso ini menggunakan daging bagian kepala yang digunakan untuk membuat bakso ini. dengan demikian, bahan utama yang digunakan untuk membuat bakso ini ialah daging yang ada pada kepala sapi. Selain daging kepala sapi, bahan lainnya yang dibutuhkan ialah sebagai berikut.

- Sagu tani kurang lebih 150 gr
- Bawang putih 3 siung yang sudah dihaluskan
- Bawang putih 5 siung yang sudah dihaluskan dan digoreng
- Gula, merica dan garam secukupnya

Jika semua bahan sudah disediakan semua, oke selanjutnya anda bisa mempersiapkan semua alat yang ingin anda gunakan untuk membuat masakan berkuah ini. adapun alat-alat yang dibutuhkan pun juga tidak terlalu sulit. Semua alat yang digunakan bisa anda temukan didapur anda masing-masing. Salah satu tahapan yang tidak bisa anda kerjakan dirumah ialah menggiling bakso. Menggiling bakso biasanya ditempat dipenggilingan daging.

Baca: Resep Mudah Membuat Bakso Kuah

Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah dengan menggiling daging kepala sapi dan pastikan bahwa tidak ada tulang. Setelah itu, anda bisa menambahkan gilingan daging tersebut dengan sagu tani dan anda juga bisa menambahkan es batu untuk menjaga kesegaran daging.

Setelah itu, anda bisa mencampurkan semua bumbu yang sudah anda persiapkan ke dalam adonan tersebut. Pastikan adonan dan bumbu tersebut bisa merata. Setelah itu, anda bisa membentuk adonan bakso tersebut sesuai dengan yang anda inginkan. Kemudian, anda bisa memasukkannya ke panci yang sudah mendidih dan tunggu hingga bakso tersebut mengapung. anda bisa meniriskan bakso tersebut dan menambahkan kuah dan juga mie. Itulah cara sederhana membuat bakso kepala sapi.

Menghasilkan : 8 mangkok
Porsi : 8 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Cara Mudah Untuk Membuat Bakso Daging Sendiri



1 komentar: