Belajar Membuat Bakso Setan

Saat ini, bakso semakin popular di dunia kuliner, terutama di Indonesia. Jenis-jenis bakso semakin bervariatif sehingga menarik para pembeli. Salah satu yang paling popular adalah bakso setan. Sebutan ini diberikan karena ukurannya yang besar, di atas rata-rata ukuran bakso pada umumnya. Tentu saja, membuat bakso ini tidak semudah membuat bakso biasa yang ukurannya lebih kecil. Apakah kalian tertarik dengan bakso ini? Jika iya, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah dengan petunjuk di bawah ini.


Baca: Resep Bakso Enak nan Lezat

Bahan untuk Membuat Bakso Setan

Sebelumnya, kita perlu menyiapkan beberapa bahan untuk membuat bakso besar ini. beberapa bahan tersebut adalah:
- Daging sapi giling 1 kg
- Tepung kanji 2 ons
- Bawang putih 6 siung
- Garam 1 sendok
- Merica bubuk 1 sendok
- Penyedap rasa (ambil secukupnya saja)

Langkah-langkah Membuat Bakso Setan
Setelah semua bahan dipersiapkan, sekarang saatnya praktek membuat bakso. Bakso ini dapat dibuat dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini:
1. Pertama, haluskan bawang putih terlebih dahulu.

2. Lalu, campurkan ke adonan daging, tepung kanji, penyedap rasa, garam, dan merica.

3. Kemudian, aduk hingga merata atau kira-kira sekitar 10 menit.

4. Setelah tercampur rata, bentuklah menjadi bulat-bulat menggunakan tangan. Besarnya bisa kali atau lebih besar dr bakso pada umumnya. Namun, jangan terlalu besar agar bisa matang secara menyeluruh.

5. Setelah selesai, masukkan ke air panas dan rebus hingga mendidih dan matang. Jika sudah mengapung, artinya bakso sudah matang, biasanya sekitar 10 hingga 15 menit.

6. Setelah matang, angkatlah dan terakhir tiriskan

Bahan dan bumbu untuk Membuat Kuah Bakso
Setelah bakso matang, sekarang saatnya membuat kuahnya. Sebelumnya, perlu dipersiapkan beberapa bahan berikut ini:
- Tulang sapi
- Air

Baca: Resep Lezat Bakso Keju Asli

Ya, memang hanya 2 itu saja bahannya. Namun, selain bahan di atas, kalian juga perlu mempersiapkan beberapa bumbu yang digunakan untuk kuah bakso setan ini. untuk bumbu-bumbunya adalah sebagai berikut ini:
- Bawang goreng yang dihaluskan (bawang merah dan bawang putih masing-masing 5 siung)
- Gula 2 sendok
- Garam 1 sendok
- Lada ½ sendok
- Daun bawang putih 4 batang dan diiris hingga halus
- Kaldu sapi instan 2 sendok

Langkah-langkah Membuat Kuah Bakso Setan

Setelah semua bahan dan bumbu untuk membuat kuah bakso disiapkan, kini tinggal selangkah lagi untuk bisa menikmati bakso yang terkenal dengan ukuran besarnya, yaitu membuat kuah. Untuk membuat kuahnya, caranya sangat mudah. Langkah-langkah yang diperlukan adalah sebagai berikut:

1. Langkah pertama adalah merebus air bersama dengan tulang serta semua bumbu yang telah disiapkan hingga benar-benar mendidih. Pastikan bahwa tulangnya juga menjadi matang agar kuahnya lebih terasa.

2. Langkah kedua sekaligus terakhir adalah mengecilkan api jika sudah matang. Tunggu beberapa menit dan silahkan semuanya sudah siap.

Penyajian Bakso Setan
Setelah bakso dan kuahnya jadi, kini tinggal disajikan. Ambillah mangkuk dengan ukuran sedang kemudian taruh bakso diikuti dengan kuahnya. Untuk menambah rasa, kalian bisa tambahkan sayuran sesuai selera. Pangsit juga membuat bakso ini lebih nikmat untuk disantap.

Bakso setan saat ini memang sangat menarik. Selain bentuknya yang jumbo, rasanya yang lezat menjadikannya semakin diminati. Jadi, dengan resep di atas, kalian bisa membuat untuk diri sendiri ataupun untuk bisnis jualan bakso. Dengan bahan-bahan di atas, maka kalian akan bisa membuat:

Jumlah porsi : 40 porsi
Persiapan : 1 jam
Lama memasak : 2,5 sampai 3,5 jam

0 komentar