Belajar Membuat Bakso yang Sedap

Bakso adalah salah satu jenis kuliner paling diburu oleh semua orang. Bakso biasanya dijual di tempat-tempat wisata, warung makan, pinggir jalan, hingga dijual keliling. Artinya, kita bisa membeli bakso di mana saja dan pecinta makanan ini tersebar di semua kalangan dan daerah. Namun, kita bisa jua membuatnya sendiri. Tentu saja butuh ketelatenan tapi semua orang bisa melakukannya. Membuat bakso sebenarnya tidak butuh keahlian khusus. Bagi siapa saja yang ingin mencobanya, artikel ini menyediakan resep khusus yang bisa digunakan oleh pemula maupun professional.


Baca: Resep Rahasia Bakso Cuanki yang Super Enak

Bahan-bahan yang Perlu Disiapkan

Meskipun caranya tidak terlalu sulit, namun ada banyak bahan yang harus disiapkan untuk membuatnya. Pastikan bahan-bahannya benar dan takarannya pas. Bahan-bahan yang dimaksud adalah sebagai berikut:
- Daging ayam giling sebanyak ½ kg
- Tepung sagu sebanyak ½ ons
- Es batu (banyaknya menyesuaikan secukupnya)
- Bawang putih 6 siung (giling hingga halus)
- Bawang goreng 1 sendok (gunakan bawang merah, bukan bawang putih)
- Garam ½ sendok
- Gula ¼ sendok
- Merica ¼ sendok
- Telur 1 butir
- Air (sesuaikan secukupnya saja untuk merebus)

Itulah bahan-bahan yang harus kalian siapkan. Ada setidaknya 10 macam bahan untuk membuat makanan yang sangat popular di Indonesia ini. Pastikan semua bahannya bagus dan masih segar agar rasanya juga nikmat dan lezat.

Baca: Cara Membuat Bakso Bakar dengan Mudah

Langkah-langkah Membuat Bakso yang Nikmat

Mempersiapkan bahan-bahan di atas tidaklah mudah. Anda harus membelinya di pasar atau toko yang menyediakan. Butuh setidaknya sekitar 1 jam untuk menyiapkan semuanya. Setelah itu, barulah kita bisa mulai membuatnya. Untuk membuat resep bakso, harus dilakukan dengan hati-hati. Jika bingung, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Campur daging ayam giling, bawang putih, bawang goreng, tepung sagu, telur, merica, gula dan garam. Giling semuanya sampai merata.

2. Setelah itu, uleni adonan itu sampai kalis. Artinya, sampai tidak lengket jika dipegang agar bisa dibuat bulatan bakso.

3. Kini, anda bisa membuat bulatan-bulatan bakso dari adonan tersebut dengan tangan ataupun dengan bantuan sendok. Jika punya mesin pencetak bakso, bisa juga digunakan agar lebih cepat jadi. Besar kecilnya tergantung selera kalian.

4. Selanjutnya, siapkan panci dengan air untuk merebus bulatan-bulatan tadi. Sambil memasukkan bulatan bakso perlahan-lahan, nyalakan kompor dan rebus dengan panas yang sedang saja agar bisa matang secara menyeluruh luar dalam.

5. Jika bakso sudah mengapung, artinya mereka sudah matang dan siap diangkat. Setelah diangkat, tiriskan terlebih dahulu agar airnya tidak membasahi ke mana-mana.

6. Sambil menunggu dingin, buatlah kuahnya. Untuk membuat kuah sop, panaskan panci dengan air secukupnya dan tunggu sampai mendidih.

7. Langkah selanjutnya adalah, tumis bawang putih dan masukkan ke panci semuanya.

8. Kemudian, masukkan kentang & kacang polong ke panci juga. Rebus semuanya sampai menjadi empuk.

9. Setelah itu, tambahkan gula, merica, garam, bakso, wortel dan buncis. Aduk pelan-pelan sampai semuanya matang.

10. Agar lebih sedap, tambahkan bawang goreng dan daun seledri.

11. Hidangkan dan siap untuk dilahap.

Dilihat dari resep diatas, apakah membuat bakso sulit atau mudah? Jika dilakukan dengan benar dan teliti, itu tidaklah sulit. Silahkan coba di rumah dan rasakan hasilnya. Dengan bahan-bahan tadi, kalian bisa membuat:

Jumlah porsi : 15 hingga 20 porsi
Persiapan : 1 sampai 2 jam
Lama memasak : 2 hingga 3 jam

Baca: Resep Pentol Bakso untuk Pemula

0 komentar