Oleh - Oleh Tahu Bakso Semarang Lezat Yang Wajib Untuk Para Pelancong

Apakah kamu penyuka traveling, berkunjung dari satu kota ke kota lain? Setiap kota memiliki keistimewaan berbeda termasuk dari segi makanan. Semarang, sebuah kota menyandang ibu kota Jawa Tengah menawarkan wisata kuliner yang menggugah selera dengan berbagai hidangan lezat termasuk tahu bakso Semarang. Bisa dibilang jajanan dari bahan tahu ini merupakan ikon makanan kota Semarang selain wingko. Seperti apakah cita rasa makanan khas daerah? Berikut ini adalah resep khas yang bisa kamu coba buat di rumah.


Baca: Resep Bakso Gepeng Sederhana Nan Nikmat

Bahan - bahan:

- Tahu putih, bisa juga tahu pong
- Daging sapi
- Daging ayam
- Tepung tapioka
- Telur
- Bawang Putih
- Bawang merah
- Merica
- Gula pasir
- Garam

Baca: Resep Mudah Membuat Bakso Tengkleng Sederhana

Cara Pembuatan:

1. Persiapkan semua bahan utama dan bumbu ke atas meja. Tangani bagian utama terlebih dahulu. Jika masih dalam keadaan mentah maka cucilah terlebih dahulu. Lalu iris bagian tengah. Bila jenisnya pong, tidak perlu lagi diiris karena bagian tengahnya sudah bolong.

2. Lalu, ambil wajan bersih. Masukkan minyak goreng. Panaskan api sedang. Kemudian goreng sampai berwarna cukup kuning. Ingat tidak perlu sampai matang hingga berwarna kuning keemasan karena nanti hidangan juga akan direbus. Cukup hingga sampai setengah matang.

3. Setelah selesai, lanjutkan ke bagian daging. Selalu gunakan daging giling untuk membuat makanan ini. Bila masih digiling maka lakukan penggilingan terlebih dahulu. Lakukan untuk kedua jenis baik sapi maupun ayam. Ingat untuk melakukan secara terpisah. Seperti halnya cara membuat bakso, tahu bakso ungaran yang terkenal memiliki langkah hampir sama.

4. Isian terbuat dari bakso. Artinya kamu mesti membuat adonan tersebut lebih dahulu. Mulailah dari menghaluskan bumbu yaitu bawang putih, bawang merah, merica, gula, dan garam. Gabungkan semuanya ke dalam ulekan. Lalu haluskan secara merata.

5. Ambil wadah ukuran sedang. Tuangkan bumbu dan daging giling menjadi satu. Uleni sampai merata seluruhnya. Tambahkan tepung tapioka diikuti putih telur ke wadah. Campurkan kembali sampai tercampur.

6. Setelah itu, ambil tahu iris. Masukkan adonan kedalamnya. Bisa menggunakan bantuan sendok atau tangan. Jika pakai tangan, kamu perlu menggunakan sarung tangan plastik khusus makanan agar tidak lengket. Isilah secukupnya.

7. Lakukan proses ini sampai semua selesai. Siapkan dandang yang telah diisi air. Tambah sejumput garam juga bawang putih yang telah dihalusan ke dalam dandang agar menjadi lebih gurih. Kemudian, pindahkah tahu bakso tersebut ke dandang.

8. Pengukusan dilakukan sampai sekitar 20 hingga 30 menit. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Hidangan sudah siap untuk disantap bersama cabai rawit.

Bagaimana, tidak sulit bukan membuat jajajan asin tradisional ini? Bila tidak sempat membeli jadi tahu bakso Semarang kamu bisa selalu membuatnya di rumah. Hal yang diperlukan hanya mempersiapkan bahan secara lengkap lalu ikuti langkah dengan benar. Dalam sekejap kamu sudah bisa membuatnya sekaligus menyuguhkannya untuk saudara, keluarga, atau teman terdekat.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Membuat Hidangan Bakso Daging Ayam Sederhana


0 komentar