Resep Bakso Gepeng Sederhana Nan Nikmat

Pada umumnya, pentol bakso memiliki bentuk yang bulat. Akan tetapi, saat ini terdapat model dari makanan ini yang berbeda. Bakso yang ini memiliki bentuk yang pipi, seperti kepingan CD. Oleh karena bentuknya yang unik tersebut,maka makanan ini diberi nama bakso gepeng.


Bagi penggemar bakso, mungkin sudah tidak asing lagi dengan model bakso yang gepeng ini. Yapz, menu hidangan yang satu ini merupakan sebuah tampilan atau model yang baru dari sebuah masakan bakso. Karena bentuknya yang unik ini, maka banyak orang yang tertarik untuk membeli. Pada dasarnya, anda pun bisa membuat model bakso gepeng ini sendiri. Berikut ini terdapat sebuah ulasan tentang cara membuat hidangan bakso gepeng yang nikmat.

Baca: Resep Mudah Membuat Bakso Tengkleng Sederhana

Bahan-Bahan Yang Disiapkan Dalam Membuat Bakso Gepeng

Sebenarnya, membuat bakso gepeng ini hampir sama dengan bakso pada umumnya, yang membedakannya hanyalah masalah bentuknya saja. Bagi anda yang ingin membuatnya, berikut ini beberapa bahan yang harus tersedia agar tercipta sebuah masakan yang unik dan enak.

Bahan Untuk Membuat Baksonya
- Daging sapi sebanyak 1 kg
- Garam kasar 2 sendok makan atau sesuai kebutuhan
- Poly powder sebanyak 1 sendok teh
- Es serut sesuai kebutuhan
- Penyedap rasa
- Bawang putih yang dihaluskan sebanyak 2 siung
- Merica bubuk 1 sendok teh
- Tepung sagu sebanyak 200 gram
- Telur ayam, diambil bagian putihnya sebanyak 2 butir

Untuk kuahnya
- Air sesuai kebutuhan secukupnya
- siung bawang putih 8 siung
- Kaldu sachet
- Lada
- kemiri sebanyak 4 butir

Pelengkap
- Mie bihun yang sudah direbus dengan air panas 300 gram
- Mie telur yang direbus 300 garam
- Seledri yang diiris kecil dan tipis sebanyak 5 batang
- Bawang Merah Goreng
- Irian daun bawang
- Kecap
- Sambal
- Saos

Baca: Resep Membuat Hidangan Bakso Daging Ayam Sederhana

Langkah Membuat Bakso Gepeng

Setelah anda menyiapkan semua bahan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memasaknya. Agar memperoleh bakso gepeng yang nikmat, ikutilah langkah-langkah berikut ini.

1. Ambil daging sapi, kemudian iris kecil-kecil. Masukkan potongan-potongan tadi kedalam mesin penggiling dan tambahkan garam . giling sampai daging tersebut hancur dan tekturnya lembut.

2. Setelah poin pertama selesai. Tambahkan poly powder, es yang telah diserut, putih telur, bawang putih dan merica bubuk. Giling lagi sampai semua bahan tersebut tercampur secara sempurna.

3. Kemudian tambahkan tepung sagu saat proses penggilingan. Biarkan tepung sagu tercampur.

4. Setelah itu, letakkan adonan pada sebuah wadah. Ambilah adonan tersebut sedikit. Kemudian dibentuk gepeng atau pipih.

5. Panas air sampai mendidih pada sebuah panci. Ambil dan masuk adonan yang sudah berbentuk pipih tadi. Tunggu sampai mengapung.

6. Angkat dan biarkan dingin bakso yang telah mengapung pada sebuah wadah.

7. Untuk membuat kuahnya, panaskan air pada sebuah panci sesuai selera andi, masukkan bumbu kuah yang telah dihaluskan, seperti bawang putih, lada dan kemiri. Tambahkan penyedap rasa dan tunggu sampai mendidih.

8. Ambil mangkok, masukkan mie bihun dan mie telur sedikit kemudian di tambah bakso. Tuangkan kuah didalamnya. Jangan lupa untuk memberikan seledri, daun bawang dan bawang goreng.

9. Bagi suka masakan pedas, anda dapat menambahkan sambal, saos dan kecap. Dan bakso gepeng bikinan sendiri pun siap di santap.

Demikianlah cara praktis dan mudah dalam membuat bakso gepeng sendiri. Dengan menguasai resep ini, anda akan dapat membuat bakso jenis ini kapan pun. Selamat mencoba ya!.

Menghasilkan: 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan: 1 jam
Lama masak: 2 jam

Baca: Resep Hidangan Bakso Urat Sederhana Yang Nikmat

0 komentar