Resep Membuat Hidangan Bakso Daging Ayam Sederhana

Resep masakan merupakan sebuah kata yang tidak asing lagi bagi manusia yang tinggal di muka bumi ini. Kata tersebut memiliki definisi sebagai bahan dan cara dalam membuat sebuah hidangan. Biasanya, sebuah resep masakan sangat dibutuhkan oleh ibu rumah tangga untuk membuat berbagai variasai menu harian. Salah satunya adalah resep membuat bakso ayam.


Pada umumnya, bakso terbuat dari bahan utama berupa daging sapi. Akan tetapi, sebuah pentol bakso juga dapat dibuat dari daging ayam lho. Bagi anda yang tertarik, dibawah ini terdapat berbagai ulasan mengenai cara membuat bakso ayam spesial.

Baca: Resep Hidangan Bakso Urat Sederhana Yang Nikmat

Bahan-Bahan Untuk Hidangan Bakso Ayam

Sebelum melangkah pada proses memasaknya, hal yang perlu disisipakan adalah bahan-bahan pembuat hidangan itu sendiri. Adapun berbagai bahan yang harus disiapkan antara lain sebagai berikut.

Bahan untuk membuat pentol bakso
- Daging ayam sudah dipisahkan dari tulangnya sebanyak 2 kg
- Tepung kanji atau tapioka sebanyak 2 ons
- Air es sesuai kebutuhan

Untuk bumbu bakso
- Telur sebanyak 2 butir
- Bawang putih 2 genggam
- Bawang merah goreng
- Royko ayam 1 sachet
- MSG 1 sendok teh
- Gula merah
- Merica bubuk 1 sendok teh
- Kecap
- Garam

Untuk bumbu kuah bakso
- 3 genggam bawah putih
- 1 genggam bawang merah
- Merica bubuk secukupnya
- Biji pala secukupnya
- Daun bawang diiris tipis-tipis sebanyak 1 genggam
- Daun seledri diris kecil-kecil 1 genggam
- Garam

Baca: Cara Buat Bakso Ayam, Resep Sederhana Dan Praktis

Langkah-langkah Membuat Hidangan Bakso Ayam

Jika bahan yang dibutuhkan telah tersedia,maka selanjutnya adalah memasaknya. Untuk mendapatkan bakso ayam yang nikmat, anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Iris kecil-kecil daging ayam tadi dan masukkan dalam mesin penggilingan bersama bumbu. Dalam proses ini, baiknya dilakukan dua kali ( giling kasar dan giling halus).

2. Setelah selesai proses penggilingan, letakkan adonan pada sebuah wadah besar. Ulenilah adonan tersebut sampai kalis.

3. Buat bulatan-bulatan bakso dari adonan yang telah kalis tersebut. ukuran bulatannya sesuai selera masing-masing.

4. Siapkan rebusan air pada sebuah panci. Masukkan bulatan tadi kedalamnya. Tunggu beberapa saat sampai mengapung.

5. Setelah bulatan bakso mengapung angkat dan taruh pada sebuah wadah. Biarkan untuk beberapa saat agar bakso menjadi dingin.

6. Untuk membuat kuah bakso, haluskanlah bumbu tadi secara manual atau menggunakan blender. Setelah itu, goreng bumbu tersebut sampai warnanya kecoklatan dan tercium bau harum.

7. siapkan air pada panci. Rebuslah air tersebut sampai mendidih. Tidak lupa tambahkan bumbu yang sudah di haluskan dan di tumis tadi. Tambahkan seledri, daun bawang dan garam.

8. Ambil mangkok dan letakkan bakso didalamnya. Kemudian tuangkan kuahnya, dan jadilah hidangan bakso dari daging ayam. Bagi anda yang suka pedas, anda dapat menambahkan sambal dalam bakso ayam tersebut. Jangan lupa tambahkan juga saos dan kecapnya. Anda juga bisa menambahkan krupuk pangsit atau sejenis sesuai dengan selera masing-masing.

Demikianlah resep membuat bakso ayam spesial. Selain lebih murah, membuat bakso dengan daging ayam juga memiliki rasa yang tidak kalah nikmatnya dengan yang dari daging sapi. Dengan memiliki keahlian memasak resep ini, maka anda tidak perlu repot-repot beli bakso ayam. Anda pun juga dapat mengetahui kualitas bahan dan kebersihan dari menu hidangan yang terkenal di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Selamat mencoba ya para pembaca!.

Menghasilkan: 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan: 1 jam
Lama masak: 2 jam

Baca: Resep Bakso Kuah, Cara Memasak Kuah Dan Bakso Yang Gurih Dan Lezat



0 komentar