Resep Bakso Super Gurih Serta Menggugah Selera

Santapan yang satu ini memang salah satu diantara beberapa jajanan yang paling digemari oleh masyarakat di Indonesia dari berbagai kalangan. Meskipun termasuk sebagai salah satu resep masakan khas nusantara, awal kehadirannya di tanah air kita sebenarnya sebagian besar dipengaruhi oleh budaya kuliner yang ada di China. Secara umum, menu ini mempunyai ciri khas dari segi bentuknya yang bulat dan sudah menjadi pilihan kuliner yang ada dan terkenal hampir di seluruh belahan bumi. Di kawasan Barat, makanan ini umumnya dibuat dari bahan utama yang terdiri dari campuran tepung atau sagu serta daging yang sudah dicincang. Camilan kenyal ini biasa disebut sebagai meatball yang bila diterjemahkan menjadi bola daging. Di negara kita, sudah banyak yang mengkreasikannya, salah satunya yaitu dengan adanya bakso super.


Kudapan ini memang lebih sedap dan mengundang selera saat disantap selagi masih hangat dimana cuaca yang ada terasa cukup dingin. Di samping mempunyai efek yang dapat menghangatkan, sajian ini juga mempunyai kandungan gizi yang cukup baik. Beberapa zat yang ada didalamnya yakni kalsium, protein, karbohidrat, dan kalori yang diperlukan untuk menghasilkan tenaga. Jika anda adalah penggemar makanan ini, cobalah untuk mengkreasikan atau membuat sendiri di rumah. Berikut ini adalah resep bakso super yang cepat, praktis, dan juga mudah untuk dipraktekkan.

Baca: Resep Membuat Bakso Atom Yang Sedap Dan Kenyal

Tips memasak

Beberapa komposisi yang dipersiapkan yakni:
- 500 gram daging sapi yang sudah digiling
- ½ sendok makan garam dapur
- 1 liter air yang nantinya digunakan untuk merebus

Selain itu, ada juga bumbu yang harus dihaluskan. Diantaranya:
- satu sendok teh meica bubuk
- dua siung bawang putih yang berukuran sedang
- tiga sendok makan tepung kanji
- satu telur ayam, diambil bagian putih saja
- baking soda sebanyak seperempat sendok teh
- 400 cc air dingin atau es

Siapkan juga bumbu untuk kuah (tiap porsi), yaitu:
- garam sebanyak seperempat sendok teh
- penyedap rasa kurang lebih ½ sdt
- 1 sdt minyak goreng
- bawang goreng seperlunya
- 1 batang seledri yang sudah diiris halus
- cuka serta sambal sesuai selera

Baca: Sejarah Bakso yang Mengejutkan dan Tak Banyak Orang Tahu

Langkah-langkah

1. Gilinglah daging hingga lembut. Letakkan di wadah, baskom misalnya dan campur bersama dengan bumbu utama serta tambahkan kaldu sapi atau ayam secukupnya.

2. Jangan lupa untuk menambahkan putih telur serta air es atau dingin dan aduklah hingga adonan tercampur merata dengan bahan lainnya. Pastikan menjadi kenyal dengan membiarkannya selama kurang lebih 45 atau 30 menit. Setelah itu, buatlah menjadi bola-bola bisa dilakukan dengan memasukkan adonan ke genggaman tangan kemudian keluarkan dengan perlahan melalui sela-sela telunjuk serta ibu jari. Hal ini akan memudahkan supaya bentuknya bulat juga simetris. Selain itu, bisa juga menggunakan sendok makan.

3. Panaskan air dan jika sudah mendidih, ceburkan bola-bola yang sudah dibuat sebelumnya. Tunggu sampai mengambang dan matang. Tiriskanlah dan tunggu hingga dingin.

Untuk membuat kuah, berikut inilah tipsnya:

A. Siapkan wadah, sejenis mangkuk dan masukkan bumbu kuah yang sudah dipersiapkan.

B. Tuangkanlah air sebanyak kurang lebih 100 cc.

C. Masukkan bola-bola tadi ke dalam mangkuk dan tambahkan cuka atau sambal supaya lebih sedap.

D. Sajian siap dinikmati.

Itulah resep-resep serta instruksi untuk membuat bakso super. Cobalah jika anda mempunyai waktu senggang di rumah. Jika anda menggemari jenis santapan pedas, anda bisa menambahkan cabe dalam adonan sebelum dibentuk bulatan.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Bagaimana Agar Bisnis Bakso Bisa Sukses?

0 komentar