Resep Membuat Bakso Atom Yang Sedap Dan Kenyal

Mendengar makanan yang satu ini tentunya sebagian besar masyarakat sudah sangat familiar. Awalnya, santapan daging yang berbentuk bulat ini dibuat dari daging sapi namun seiring perkembangan zaman, bakso juga bisa dibuat dari daging ayam. Selain gampang ditemui di pinggir-pinggir jalan ataupun di rumah makan, menu yang satu ini juga bisa dibuat oleh para ibu di rumah masing-masing sebagai salah satu menu favorit pilihan keluarga. Salah satu variasi masakan yang satu ini yakni bakso atom. Berikut ini adalah cara-cara serta bahan yang diperlukan.


Baca: Sejarah Bakso yang Mengejutkan dan Tak Banyak Orang Tahu

Memasak bakso atom, bahan-bahan yang diperlukan

Beberapa komposisi yang harus dipersiapkan sebelum memasak antara lain:
- 250 gram daging ayam atau sapi. Potong kecil-kecil kemudian buang bagian tulang
- 2 buah wortel yang sudah dipotong kecil
- 100 gram tepung tapioka
- 1 butir telur
- 1 sendok makan bawang putih yang sudah digoreng
- garam secukupnya
- merica bubuk atau butir yang sudah dihaluskan
- es batu seperlunya

Langkah-langkah membuat bakso atom
Supaya masakan anda berbeda dengan yang ada di rumah makan pada umumnya, anda bisa membuat kreasi bakso atom tanpa msg. Cara memasaknya sama dengan bakso pada umumnya hanya saja tidak menambahkan penyedap rasa sebagai bumbunya. Namun, anda tak perlu khawatir karena hasil masakan anda akan tetap terasa sedap dan mengundang selera. Berikut adalah hal-hal yang harus anda lakukan:

1. Gilinglah daging ayam atau sapi dalam foor processor atau cooper. Tambahkan tapioca, telur, bawang goreng, merica, es, dan garam.

2. Setelah bahan-bahan tersebut tercampur, masukkan wortel.

3. Cetaklah dengan menggunakan 2 sendok makan, kemudian masukkan ke dalam air yang sedang mendidih. Tunggu hingga mengapung dan benar-benar matang.

Jika anda ingin membuat makanan ini dengan bahan dasar daging sapi, berikut adalah hal-hal yang dibutuhkan:
- 300 gram daging yang masih segar
- garam seperlunya
- dua siung bawang putih yang sudah dicincang halus
- merica sesuai selera
- 1 hingga 2 sendok makan tepung kanji
- satu putih telur

Baca: Bagaimana Agar Bisnis Bakso Bisa Sukses?

Cara membuat

1. Giling atau cincang daging hingga halus kemudian campur dengan garam lalu diaduk hingga merata.

2. Uleni adonan tersebut hingga lembut dan dapat dipulung selama kurang lebih tiga puluh menit. Masukkan merica beserta bawang putih secukupnya.

3. Setelah adonan sudah tercampur rata, masukkan putih telur beserta tepung. Aduklah bahan tersebut hingga menyatu.

4. Bentuklah adonan hingga membentuk bulatan. Anda bisa menggunakan dua sendok. Rebuslah dalam air yang mendidih hingga bulatan yang anda bentuk mengapung. Angkat kemudian tiriskan.

Membuat adonan bakso atom
Untuk menciptakan adonan yang akan dibuat bulatan. Potonglah daging berukuran kecil dan cincang hingga halus. Anda bisa menggunakan pisau tajam, blender, ataupun food processor. Kemudian, haluskanlah daging dan uleni dengan menggunakan air es atau es batu serta garam juga bumbu yang lain hingga terbentuk campuran yang kalis dan juga plastis. Dengan begitu, campuran tersebut akan lebih mudah untuk dibentuk menjadi bulatan-bulatan. Untuk menciptakan cita rasa dan tampilan yang berbeda, anda dapat mengkreasikan resep dari bakso atom yaitu dengan menambahkan atau mencampurkan komposisi lain ke dalam campuran sebelum dibentuk menjadi bulat. Contohnya, anda dapat mencampurkan jamur cincang dengan udang atau ide yang lain. Supaya cita rasa bahan utama tetap terjaga dan menonjol, tambahkan sedikit saja bahan untuk kreasi.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: 4 Bakso Beranak Jogja yang Paling Favorit

0 komentar