Resep Bakso Goreng Kopong

Bakso adalah salah satu menu santapan yang paling banyak digemari khususnya di indonesia dimana sajian tersebut dibuat dengan khas yang berbeda di setiap wilayah. Bakso pada umumnya dibuat dengan menggunakan daging sapi maupun daging ayam. Meski bakso mudah untuk dijumpai dimana saja namun anda pun juga memiliki kesempatan untuk dapat membuat bakso sendiri di dapur anda. Berikut ini adalah ulasan yang akan memberikan informasi mengenai resep bakso goreng kopong. Bakso goreng kopong ini sendiri merupakan salah satu kreasi dari menu sajian bakso yang sangat unik. Rasa dari menu ini tentu saja nikmat sehingga banyak juga yang mengincarnya. Menu sajian ini dapat dibuat dengan menggunakan beberapa bahan sederhana yang mudah untuk ditemukan dan cara pembuatan bakso goreng kopong ini pun juga tergolong sangat mudah. Untuk anda yang sudah penasaran mengenai bagaimana cara pembuatannya maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.


Baca: Sajian Bakso Tahu Goreng Menambah Keharmonisan Keluarga Anda

Bahan Bakso Goreng Kopong :

- Daging ikan tengiri 125 gram (digiling)
- Tepung sagu tani 65 gram
- Soda kue ¼ sendok teh
- Garam ½ sendok teh
- Bawang putih 2 siung
- Bawang merah 1 siung
- Bubuk kaldu ayam ¼ sendok teh
- Putih telur ½ butir
- Lada putih ¼ sendok teh
- Air kapur sirih 10 ml
- Minyak goreng secukupnya

Baca: Menikmati Camilan Dengan Cara Bikin Bakso Ayam

Cara Pembuatan Bakso Goreng Kopong :
1. Untuk yang pertama dari bahan yang diperlukan diatas terdapat air kapur sirih yang diperlukan sebanyak 10 ml. Dalam pembuatan air kapur sirih tersebut diperlukan kapur sirih atau gamping sebanyak ¼ sendok teh yang dilarutkan dengan air sebanyak 40 ml. Kemudian air dibiarkan semalaman hingga mengendap dan keesokan harinya di ambil bagian airnya saja sebanyak 10 ml.

2. Berikutnya untuk pembuatan bakso maka haluskan semua bahan hingga merata dengan menggunakan blender.

3. Jika adonan sudah jadi maka dapat dibentuk menjadi bola bola dengan ukuran sesuai selera.

4. Kemudian panaskan minyak goreng dengan menggunakan api kecil.

5. Jika sudah maka masukkan adonan bulatan bakso tengiri dan goreng dengan menggunakan api kecil.

6. Apabila adonan sudah terlihat setengah matang maka dapat digoreng dengan menggunakan api sedang sambil terus di bolak balik sehingga bakso dapat tergoreng dengan merata.

7. Kurang lebih sekitar 25 menit bakso sudah terlihat garing dan api dapat dibesarkan sambil terus dibolak balik hingga bakso berwarna coklat keemasan.

8. Jika sudah matang maka dapat ditiriskan dan dapat langsung dicicipi.

Itulah yang dapat anda ketahui mengenai resep bakso goreng kopong. Bakso goreng ini dapat langsung dinikmati sebagai camilan dan dapat juga disantap dengan menggunakan beberapa pelengkap lainnya seperti kecap manis, kecap pedas, saus tomat, saus sambal, dan juga sambal pedas. Dan bakso ini juga dapat dinikmati bersama dengan mayonais. Tidak hanya itu saja, bakso goreng ini juga dapat dinikmati sebagai pelengkap dari bakso kuah, mie kuah dan beberapa menu sajian lainnya. Dan tentu saja bakso goreng kopong ini juga nikmat jika disandingkan dengan nasi. Untuk anda yang ingin membuat kreasi unik dari sajian bakso maka anda dapat menggunakan resep bakso goreng kopong diatas. Dengan membuat bakso sendiri dirumah anda maka anda pun dapat membuat porsi yang diinginkan sehingga anak dan keluarga dapat menyantapnya sebanyak banyaknya. Sajian ini juga dapat dinikmati dalam kondisi santai bersama dengan rekan atau keluarga.

Menghasilkan : 4 mangkok
Porsi : 4 orang
Waktu persiapan : 20 menit
Lama masak : 40 menit

Baca: Mie Bakso Spesial Sederhana Dengan Kuah Bakso Spesial

0 komentar