Resep Membuat Bakso Ikan Tengiri

Berbicara tentang varian bakso memang sudah semakin berkembang dan kreatif karena masakan yang satu ini bisa disajikan dengan berbagai macam bahan serta sangat cocok dilidah orang Indonesia. Bahkan campuran yang digunakan pun sangat menarik seperti campuran daging sapi, tahu bakso, dan masih banyak lainnya. Apabila kita biasanya menyantap menu spesial yang satu ini dengan campuran daging sapi atau juga tahu, kali ini Anda juga bisa menyantap menu sajian yang satu ini dengan dicampur ikan. Resep membuat bakso ikan pun sangat mudah sekali.


Walaupun banyak orang yang masih belum mengenal tentang bakso ikan ini namun di beberapa daerah sudah banyak yang menjual kuliner yang satu ini dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan teknologi yang sangat canggih sekarang ini bisa dengan mudah menemukan informasi tentang cara membuat bakso ikan yang enak dan juga lezat. Nah untuk yang satu ini akan kita bahas tentang bagaimana cara membuat makanan yang dicampur dengan ikan ini agar terasa lebih lezat tanpa bau amis sama sekali. Berikut ulasannya.

Baca: Resep Bakso Goreng Kopong

Bahan utama :

- 300-400 gram daging ikan tengiri
- 1 butir telur dan ambil putih telurnya saja
- 1 sendok teh garam
- 1sendok teh merica bubuk
- 3-4 sdt air es
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 2 sendok makan tepung maizena
- Air es untuk merendam bakso ikan

Baca: Sajian Bakso Tahu Goreng Menambah Keharmonisan Keluarga Anda

Langkah-langkah membuat bakso ikan

1. Siapkan ikan tengiri segar yang sudah dipisahkan daging dan kulitnya dengan menggunakan pisau. Atau juga bisa dengan cara mengeroknya menggunakan sendok saja.

2. Setelah itu siapkan food processor untuk menggiling daging ikan tengiri. Hancurkan sampai lembut dan teksturnya bisa tercampur dengan bahan lain.

3. Kemudian bentuklah gumpalan padat dan masukkan kedalam wadah.

4. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan putih telur dan juga air es ke dalam food processor. Tunggu sampai adonan tercampur rata dan bisa ditambahkan bahan-bahan yang sudah disiapkan yaitu garam, kaldu bubuk serta merica bubuk. Aduk lagi sampai tercampur rata. Untuk penambahan rasa asin bisa disesuaikan sesuai selera.

5. Langkah selanjutnya yaitu dengan memasukkan bahan seperti tepung meizena kedalam wadah yang sudah diisi dengan bumbu halus tersebut lalu aduk kembali sampai merata atau kalis.

6. Setelah itu siapkan mangkuk yang sudah diisi air es, lalu basahi tangan dengan air es tersebut. Ambillah adonan dan uleni sampai teksturnya berubah menjadi halus.

7. Selanjutnya rebus adonan bakso yang sudah dibuat bulat-bulat sampai mengembang ke permukaan. Tunggu sampai matang dan dinginkan menggunakan air es selama beberapa menit. Bakso dengan campuran daging ikan siap disajikan.

Untuk penggunaan ikan pada dasarnya bisa menggunakan semua jenis ikan. Tapi yang biasanya disukai oleh masyarakat indonesia dan memiliki tekstur yang baik untuk adonan ini adalah tengiri. Namun bagi Anda yang suka dengan ikan seperti bandeng ataupun tongkol bisa menggantinya dengan ikan tersebut. Asalkan cara memasak ikannya tepat sehingga tidak menimbulkan amis. Menghilangkan bau amis ikan bisa dilakukan dengan cara diberi perasan jeruk nipis atau lemon dan tunggu beberapa menit. Setelah itu ikan bisa diolah untuk campuran bakso.

Nah itulah resep membuat bakso ikan yang sangat mudah dan simple. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk kreasi menu masakan Anda. Selamat mencoba.

Menghasilkan : 5 mangkok
Porsi : 5 orang
Waktu persiapan : 20 menit
Lama masak : 20 menit

Baca: Menikmati Camilan Dengan Cara Bikin Bakso Ayam

0 komentar