Bumbu Bakso Bakar Dengan Teflon

Saat ini, bakso tidak hanya hadir dalam satu bentuk saja. Sudah banyak kreasi makanan daging sapi dan tentunya juga membuat rasa tertentu yang khas dan tidak membuat bosan. Salah satu kreasi dari makanan yaitu bakso bakar. Di jalanan kita sudah sering menemui penjualnya. Banyak sekali bumbu diracik guna memberikan sensasi rasa pada yang berbeda dibanding mengkonsumsinya secara konvensional dengan kuah. Kamu juga bisa berkreasi dengan makanan ini jika anda tahu bumbunya. Bumbu tersebut akan memberikan kesan tersendiri dan berikut ini adalah bumbu yang saya tawarkan guna membuat bumbu bakso bakar yang sangat istimewa.


Baca: Resep Bakso Granat Pedas

Bahan Yang Diperlukan

Untuk membuat bumbu ini, tentu anda akan membutuhkan banyak bahan dan jangan lupa, pastikan anda mempersiapkan bola daging terbaik yang biasa dinikmati. Bahan untuk resep ini tidak banyak, berikut adalah beberapa hal harus anda kumpulkan. Saran di bawah porsinya untuk 20 orang atau partai besar.

- 280 Bakso, Kerat-kerat
- 80 sendok makan kecap manis
- 40 sendok makan saus tomat
- 20 sendok makan saus tiram
- Garam, gula, serta margarin secukupnya
- 120 siung bawang merah (dihaluskan)
- 60 siung bawang putih dihaluskan
- 100 dan 60 cabe rawit dan kriting diulek
- 10 sendok teh merica (dihaluskan)
- 1o sendok teh ketumbar (dihaluskan)

Semua bahan tersebut akan sangat sulit jika anda masak dalam satu sesi karena tentunya akan membutuhkan tempat yang besar. Jika hanya ada tempat kecil, anda bisa membagi bumbu dan bakso kedalam beberapa sesi masak sehingga akan menghasilkan bakso bakar yang lebih enak. Sekarang, waktunya kita berbicara mengnai cara memasak bumbu untuk bakso bakar ini.

Baca: Resep Kuah Bakso Sapi untuk 20 Porsi

Langkah Membuat Bumbu Bakso Bakar Teflon

1. Di tahap awal, mulailah proses dengan melakukan peracikan bumbu. Haluskan terlebih dahulu bahan yang perlu dihaluskan. Setelah halus, segera campurkan bahan halus dengan dengan saus serta kecap yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Setelah itu, aduklah campuran sampai bercampur dengan baik sehingga rasanya akan merata.

2. Kamu jangan lupa menambahkan garam serta gula guna menyeimbangkan rasa. Untuk mendapatkan hasil maksimal, rasakan sembari kamu menambahkan gula dan garam. Jika memang sudah pas dilidah, lanjutkanlah dengan mengurus bakso daging sapi.

3. Berikan beberapa potongan atau keratan pada bakso. Campurkanlah bola daging ke dalam campuran bahan tadi. Aduk hingga rata sehingga meresap ke seluruh daging.

4. Sembari menunggu hingga campuran meresap ke daging, lanjutkan dengan memanaskan Teflon untuk memasak. Panaskan Teflon beserta margarin yang telah siap dan bagilah jumlah margarin sesuai sesi pemasakan yang anda lakukan.

5. Setelah panas, inilah waktunya membakar. Masukan semua campuran bumbu serta bakso ke dalam Teflon dan bakarlah sampai mengering. Tunggulah sampai kandungan air dalam Teflon semakin menipis yang merupakan tanda sudah diserap oleh daging.

6. Tambahlah pemanis seperti daun parsley atau bawang goreng guna memberikan sentuhan kelezatan dan kenikmatan pada pandangan kita terhadap bakso ini.

Itulah resep bumbu bakso bakar. Resep tersebut sangatlah mudah karena tidak membutuhkan banyak bumbu yang sulit didapat. Semua bahan bisa didapatkan di pasar ataupun di toko sekitar anda. Rasa dari makanan tersebut juga sangat menggoda tentunya dengan paduan manis, pedas, dan gurih, tentunya akan membuat lidah bergoyang dan napsu makan naik terus. Untuk memasak proses ini, sekali masak bisa memakan waktu 3 jam.

Menghasilkan : 40-50 tusuk
Porsi : 30 orang
Waktu persiapan : 30 menit -1 jam
Lama masak : 3 jam

Baca: Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri Yang Gurih Dan Lezat

0 komentar