Resep Membuat Bakso Terenak Granat Yang Super Besar

Mungkin anda sudah tidak asing dengan yang namanya bakso granat. Jenis bakso ini begitu popular di masyarakat. Sudah banyak orang yang menjualnya. Bakso granat merupakan bakso yang berukuran besar dan didalamnya terdapat cabai yang pedas. Buat orang yang suka makanan pedas,bisa menjadi bakso terenak. Bakso yang akan membuat anda berkeringat dan merasa puas memakannya. Apalagi bakso tersebut terbuat dari bahan daging sapi yang enak dan banyak. Tentunya akan memanjakan lidah anda. Bahkan ada bakso granat yang dicampur dengan bakso beranak. Jadi didalamnya, tidak hanya berisi cabai. Tapi juga berisi bakso kecil-kecil. Untuk membuat bakso beranak tentunya butuh keahlian khusus karena proses pembuatannya lebih lama.


Anda bisa membuat sendiri di rumah. Bisa membuat dengan ukuran yang super besar dan super besar. Tergantung keinginan anda. Banyak orang yang bingung dalam membuat bakso granat. Apalagi yang ukuran besar. Takut kalau bagian dalamnya tidak matang, karena salah dalam proses memasaknya. Oleh karena itu, kita akan membahasnya semuanya disini. Bagaimana membuat bakso yang enak, empuk dan matang bagian dalamnya. Karena setiap orang belum tentu bisa membuat bakso. Banyak yang rasanya aneh dan tidak empuk di makan. Oleh karena itu kita akan memberikan semua tips memasak bakso granat yang enak kepada anda.

Baca: Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender Yang Mudah

Bahan Untuk Membuat Bakso Terenak

- 1 kg daging sapi yang sudah digiling
- 50 gram cabai rawit
- 50 gram tepung tapioka
- 2 sendok teh lada bubuk
- 1 sendok makan garam
- Air Es secukupnya

Bahan Untuk Kuah Bakso Granat
- 2 liter air bersih
- 2 balok kaldu sapi
- 2 sendok teh merica bubuk
- 2 sendok makan bawang putih goreng
- 2 sendok makan bawang merah goreng
- Mintak goreng secukupnya
- 2 sendok teh garam

Baca: Cara Membuat Bakso Iga Balungan Yang Super Enak

Cara Membuat Bakso Granat Terenak

1. Giling daging sapi sampai halus, kemudian tambahan tepung tapioka dan bumbu bakso lainnya. Campur sampai merata dan kalis. Gunakan air es untuk mengaduknya, supaya lebih empuk dan kenyal.

2. Didihkan air, ambil 1/3 adonan bakso. Buat bulat, lalu dibagian dalamnya ditambah dengan cabai rawit. Tutup cabai dengan adonan sampai benar-benar tertutup rapat. Untuk ukuran baksonya tergantung dengan keinginan anda.

3. Masukan ke dalam air yang sudah mendidih. Pastikan air sudah mendidih 100%. Ini akan membuat bakso cepat matang.

4. Tunggu bakso sampai mengapung, kemudian angkat.anda bisa mengecek dengan garpung atau sumpit. Untuk melihat apakah bagian dalamnya sudah matang atau belum.

5. Untuk kuah baksonya, didihkan air kemudian tambahkan kaldu sapi. Jika ingin rasa yang lebih enak, bisa ditambahkan tulang sapi. Tambahkan bumbu pelengkap, supaya rasanya semakin enak.

Lalu untuk penyajiannya. Masukan garam dan sedikit minyak di mangkok. Tambahkan mie bihun dan mie kuning. Masukan caisim, potongan seledri dan bawang goreng. Baru siram bakso granat dengan kuah baksonya. Untuk rasa bakso yang lebih enak, jangan lupa tambahkan pangsit goreng dan tahu putih. Jika belum begitu yakin dengan tingkat kematangan bakso, tak perlu membuat bakso granat dengan ukuran yang terlalu besar. Bakso terenak dibuat dari paduan daging sapi yang pas, bumbu yang tepat dan proses pembuatan yang benar. Maka hasil baksonya akan semakin enak dan mantap. Tak perlu memakai tepung terlalu banyak, tepung tapioka hanya digunakan untuk membuat adonan agak lengket. Demikian artikel kali ini, selamat mencoba.

Menghasilkan : 4 mangkok
Porsi : 12 orang
Lama persiapan : 1,5 jam
Waktu masak : 1 jam

Baca: Resep Membuat Bakso Kelapa Muda Yang Kenyal

0 komentar