Resep Hidangan Bakso Urat Jumbo Spesial

Bakso merupakan sebuah hidangan yang sangat terkenal bagi masyarakat Indonesia. Menu makanan ini terdiri dari bulatan daging yang dipadukan dengan kuah dan berbagai macam bahan lainnya. Untuk masalah rasa. Masakan kuliner bernama bakso ini sangatlah nikmat. Hampir semua orang di negara yang terkenal sebagai zamrud khatulistiwa pernah mencicipi kuliner nikmat tersebut. Seiring berjalannya waktu, masakan enak ini mengalami inovasi atau perubahan. Salah satu hasil inovasi dari masakan yang satu ini adalah dengan terciptanya bakso urat jumbo.


Berbagai Macam Bahan Membuat Hidangan Bakso Urat Jumbo

Menu masakan bakso urat Jumbo merupakan sebuah hidangan makanan dengan pentol daging yang begitu besar. Kuliner jenis ini sangat digemari oleh masyarakat di Negara Indonesia. Selain porsinya yang begitu besar, bakso berukuran tidak lazim ini juga memiliki cita rasa yang nikmat. Anda pun bisa membuat hidangan inovasi bakso yang satu ini di rumah masing-masing. Akan tetapi terlebih dahulu persiapkanlah bahan membuat bakso urat super besar tersebut.

Baca: Resep Membuat Bakso Terenak Granat Yang Super Besar

Bahan untuk baksonya
- 600 gram daging sapi segar
- 60 gram urat sapi yang telah dipotong kecil-kecil
- 4 sendok makan tepung kanji
- ½ sendok teh lada bubuk
- Air es batu secukupnya
- 80 gram tepung sagu
- Penyedap rasa
- 3 sendok makan irisan bawang merah yang telah digoreng
- Garam sesuai selera

Bahan tambahan
- Mie kuning yang telah direbus
- Saos sambal
- Kecap
- Kuah bakso

Baca: Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender Yang Mudah

Langkah Membuat Hidangan Bakso Urat Jumbo

Apabila semua bahan untuk menciptakan sebuah bakso urat ukuran jumbo telah tersedia, langkah selanjutnya yaitu memasak semua bahan tersebut. Tahapan pengolahan ini sangatlah penting. Hal ini dikarenakan akan mempengaruhi rasa dari hidangan tersebut. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat bakso urat jumbo yang lezat.

1 Siapkanlah daging sapi kemudian iris potong dalam ukuran kecil dan bersihkan dengan air.

2. Masukkan potongan daging sapi tersebut kedalam sebuah mesin penggiling. Giling sampai benar-benar halus.

3. Letakkan hasil gilingan tersebut pada sebuah wadah. Tambahkan air air es dan garam secukupnya. Olesi adonan tadi sampai tercampur merata.

4. Tambahkan juga bahan-bahan bakso lainnya kedalam adonan, kecuali bahan pelengkap. Campur semua bahan dan adonan tadi sampai benar-benar rata. Tambahkan juga urat sapi yang telah dipotong tadi. Uleni sampai benar-benar kalis.

5. Setelah tahapan pada poin 4 selesai, langkah berikutnya adalah membuat bulatan besar dari adonan tersebut.

6. Siapkan panci yang berisi air kemudian rebuslah sampai mendidih.

7. Masukkan bulatan adonan jumbo tadi kedalam panci berisi air tersebut. Tunggu sampai sampai matang. Ciri bulatan atau pentol bakso yang matang ialah mengapung diatas permukaan air.

8. Angkatlah dan letakkan pada sebuah wadah bulatan daging sapi berukuran jumbo yang telah terapung. Tunggu sampai benar-benar dingin.

9. Siapkan mangkok dan masukkan bakso jumbo kedalamnya. Tambahkan juga mie kuning, saos sambal dan kecap agar lebih nikmat. Bakso urat jumbo spesial siap untuk disantap.

Itulah tadi berbagai macam bahan dan proses pengolahan sebuah hidangan bakso urat jumbo spesial yang nikmat. Adanya resep ini, maka akan menambah wawasan anda dalam membuat masakan bakso urat yang spesial. Dengan memiliki kemampuan membuat masakan ini, maka akan menghemat pengeluaran dan bisa menjadi sebuah peluang membuka usaha dibidang kuliner masakan bakso yang sangat digemari masyarakat tersebut.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama memasak : 2 jam

Baca: Cara Membuat Bakso Iga Balungan Yang Super Enak



0 komentar