Bakso Cilok Kuah Hidangan Pas untuk Keluarga anda

anda penggemar bakso? Yuph, bakso merupakan salah satu masakan rakyat yang sangat digemari oleh banyak orang. Jika berbicara mengenai bakso memang banyak jenis bakso yang bisa anda temukan dan salah satu bakso yang bisa anda coba ialah bakso cilok kuah yang terkenal akan kelezatan dan juga keenakannya. Apa saja bahan dan cara untuk membuat masakan ini? simak penjelasannya sebagai berikut.

Baca: Resep Mudah Membuat Bakso Bakar

Bahan-bahan

untuk bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso cilok kuah ini bisa dibedakan menjadi tiga bahan, yakni bahan utama, bahan yang digunakan untuk kuah dan juga bahan pelengkap.

Untuk bahan utama, adapun bahan-bahan yang dibutuhkan ialah sebagai berikut.
- Daging sapi yang sudah dipotong kotak-kotak sebanyak 500 gram
- Es batu yang sudah dihancurkan sebanyak 100 gram
- Tepung sagu 100 gram
- Garam sebanyak 1 sendok makan
- Bawang merah yang sudah diiris halus sebanyak 5 siung
- Bawang putih yang sudah diiris halus sebanyak 5 siung
- Telur puyuh sebanyak 6 butir

Bahan Kuah
Sementara itu, untuk bahan kuah sendiri anda bisa menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut.
- 5 siung bawang putih yang sudah di cincang dan juga digoreng
- 2 sendok teh lada bubuk
- 250 gram tulang sapi
- Dan air secukupnya

Bahan Pelengkap
- Daun bawang yang sudah dirajang halus sebanyak 2 batang
- Daun seledri yang sudah di Rajang halus sebanyak 2 batang
- Kaldu bubuk secukupnya
- Bawang goreng secukupnya
- Saus sambal
- Kecap manis

Itulah beberapa bahan-bahan yang bisa anda persiapkan ketika anda ingin membuat cilok bakso kuah. Bahan-bahn tersebut bisa anda dapatkan di warung atau pasar tradisional terdekat anda.

Baca: Resep Mudah Membuat Bakso Hitam Lezat

Cara Membuat

Setelah anda menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat masakan berkuah ini, hal selanjutnya ialah anda mulai untuk membuat masakan ini sesuai dengan rasa yang anda inginkan.

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk membuat bakso ini ialah dengan menumis bawang merah yang sudah diirise dengan minyak goreng yang tidak terlalu banyak. Tunggu tumisan tersebut hingga harum dan setelah harum, anda bisa memasukkan bawang putih dan goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, sisihkan. Langkah kedua ialah dengan merebus air di dalam panci. Langkah ketiga ialah dengan memasukkan daging sapi, es batu, bawang merah dan putih yang sudah di goreng ke dalam blender dan giling hingga daging sapi tersebut sampai benar-benar halus.

Langkah selanjutnya ialah dengan menuang daging sapi ke dalam wadah kemudian anda bisa menambahkan garam, lada bubuk dan kaldu bubuk dan aduk hingga semua bahan menjadi rata. Kemudian, masukkan perlahan tepung sagu dan uleni hingga menjadi kalis dan bentuk adonan tersebut menjadi bulat seperti bakso. Setelah itu, anda bisa memasukkan bakso tersebut ke dalam panci yang berisi air yang mendidih. Tunggu hingga bakso tersebut matang yang ditandai bahwa bakso tersebut mengapung. jika bakso sudah benar-benar matang, anda bisa mengangkat bakso tersebut.

Itulah bahan-bahan dan juga cara yang bisa anda ketahui ketika anda ingin membuat bakso cilok berkuah yang enak dan lezat tentunya. Bakso kuah ini juga bisa menjadi hidangan yang pas bagi keluarga anda ketika sedang berkumpul atau dengan teman-teman anda. bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso ini memang di bagi menjadi tiga bahan. Namun demikian, semua bahan tersebut mudah untuk didapatkan. Selain itu, cara membuat bakso ini juga cukup mudah dan anda tidak perlu peralatan masak yang sulit.

Menghasilkan : 10 mangkok
Porsi : 10 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Mudah dan Simpel untuk Membuat Bakso Beranak

0 komentar