Resep Mudah Membuat Bakso Hitam Lezat

Jika berbicara mengenai kuliner, maka akan banyak jenis masakan yang akan anda temui. Terlebih Indonesia termasuk Negara yang kaya akan kuliner yang khas dan lezat tentunya. Banyak masakan atau kuliner yang bisa menjadi pilihan anda ketika anda ingin menikmati lezatnya masakan tersebut dan salah satu masakan yang bisa anda ketahui ialah bakso. Yuph, bakso merupakan salah satu jenis masakan yang terjamin akan kelezatannya dan tentunya banyak orang yang suka akan masakan berkuah nan lezat ini. salah satu bukti yang bisa anda ketahui mengapa masakan ini banyak yang suka ialah banyaknya warung bakso yang bisa anda temukan di berbagai pelosok Indonesia. Dewasa ini banyak sekali jenis bakso yang bisa anda pilih dan juga anda konsumsi. Beberapa waktu yang lalu, masyarakat di Indonesia dengan fenomena bakso beranak dan dalam kesempatan ini, saya tidak akan membahas kaitannya dengan bakso beranak. Namun saya akan memberikan resep jenis bakso yang juga sedang menemukan panggungnya yakni bakso hitam.


Baca: Resep Mudah dan Simpel untuk Membuat Bakso Beranak

Bakso ini memang sedang menemukan panggungnya. Apakah anda pernah mencicipi lezatnya bakso hitam ini? yuph, bakso ini memang masih asing di telinga bagi sebagian orang. Namun demikian, bagi orang yang suka sekali akan makan bakso ini, mungkin anda sudah merasakan nikmatnya jenis bakso ini. sesuai dengan namanya, bakso jenis ini mempunyai warna hitam pekat sehingga memang tidak seperti bakso pada umumnya. Namun demikian, anda jangan tertipu dengan warnanya yang hitam karena bakso ini memang sangat menggigit di lidah dan enak tentunya. Sejauh ini, memang masih jarang penjual atau orang yang menjual jenis bakso ini. jika anda ingin merasakan bakso ini, maka, anda bisa membuat bakso ini sendiri. Apa saja bahan yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Bahan-bahan

- Daging sapi yang sudah digiling sebanyak 500 gram
- Tepung tapioca atau tepung sagu sebanyak 6 sendok makan
- Putih telur satu butir
- Bawang putih 4 siung
- ½ sendok the merica bubuk
- Garam secukupnya
- Es batu secukupnya
- Kaldu sapi secukupnya

Baca: 3 Bakso Beranak Jakarta Terenak

Cara membuat

Untuk membuat masakan ini, campurkan semua bahan yang sudah disiapkan yakni daging giling, bawang goreng, bawang putih, merica, es batu, karbon aktif dan anda bisa memblender semua bahan tersebut. Setelah itu, anda bisa menambahkan tepung tapioca dan juga putih telur ke dalam adonan tersebut. Langkah ketiga ialah dengan mendidihkan air yang digunakan untuk merebus bakso tersebut. Kemudian, anda bisa membentuk bakso sesuai dengan keinginan anda dan kemudian memasukkan ke dalam rebusan tersebut.

Setelah anda membentuk semua bakso dan kemudian anda memasukkan ke dalam rebusan air tersebut, anda bisa menunggu bakso tersebut matang atau bakso tersebut mengapung. setelah bakso di kira matang, anda bisa merendamnya ke dalam air es dan bakso sudah siap untuk dihidangkan dengan kuah yang sudah anda persiapkan. Jika anda ingin menambahkan bahan-bahan lain, anda bisa menambahkannya sesuai dengan selera anda.

Itulah cara yang bisa anda lakukan ketika anda ingin membuat bakso hitam tersebut. Untuk membuat bakso jenis ini memang tidak jauh berbeda dengan membuat bakso pada umumnya. Namun demikian, ada beberapa bahan khusus yang harus dipersiapkan untuk bisa membuat bakso tersebut menjadi hitam.

Menghasilkan : 10 mangkok
Porsi : 10 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 1,5 jam

Baca: 3 Bakso Beranak Surabaya




0 komentar