Bakso Jamur Tiram, Kreasi Terbaru Makanan Bakso

Bakso merupakan makanan yang berasal dari daging ayam atau daging sapi. Meskipun biasanya berbahan dasar daging, namun ada juga bakso yang berbahan dasar daging ayam atau jamur. Bakso dengan bahan dasar selain daging ini dapat menjadi alternatif makanan bagi orang yang tidak menyukai daging atau tidak bisa makan daging alias kaum vegetarian. Khusus dalam artikel ini akan dibahas mengenai resep bakso jamur tiram sebagai kreasi baru olahan makanan bakso.


Baca: Resep Tahu Bakso Goreng, Camilan Lezat di Kala Santai

Makanan Bakso Berbahan Jamur

Jamur merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Bahan ini mengandung berbagai zat yang bernutrisi bagi tubuh meliputi kalsium, zat besi, vitamin B dan juga protein. Asam amino sebagai unsur penyusun protein sangat lengkap ditemukan di dalam jamur tiram ini. Dengan demikian, konsumsi jamur tiram dapat memenuhi asupan gizi tubuh. Konsumsi jamur tidak hanya memuaskan lidah dan juga mengenyangkan perut tapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Jamur banyak diolah menjadi berbagai kreasi makanan seperti jamur krispi atau dimasak dengan cara ditumis maupun dibuat sop. Selain itu, terdapat olahan makanan berbahan dasar jamur yaitu bakso jamur. Jamur memiliki rasa gurih dan tekstur yang kenyal sehingga cocok sebagai bahan subtitusi daging dalam pembuatan bakso. Dengan demikian, nilai jual jamur tiram pun dapat meningkat.

Untuk membuat bakso jamur tiram, Anda perlu mempersiapkan:
- 500 gram jamur tiram
- 125 gram tepung sagu (atau tepung tapioka)
- 2 butir telur
- 5 siung bawang putih (haluskan)
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok makan garam atau secukupnya

Baca: Resep Bakso Jamur, Inovasi Olahan Bakso Masa Kini

Sedangkan cara pembuatan bakso jamur adalah sebagai berikut:
1. Bersihkan jamur dengan cara mencucinya hingga bersih

2. Masukkan jamur tiram ke dalam wadah, lalu siram dengan air panas. Diamkan kitra-kira selama lima menit, lalu angkat dan tiriskan. Peras jamur hingga airnya benar-benar hilang. Kemudian, potonglah jamur menjadi ukuran yang kecil-kecil. Haluskan menggunakan cobek. Sebaiknya jangan gunakan blender agar tekstur jamur tidak terlalu halus.

3. Jamur yang telah dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung sagu, telur dan bumbu seperti garam, merica bubuk, bawang putih halus. Campur adonan hingga rata.

4. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat seperti bakso pada umumnya.

5. Masukkan bulatan bakso ke dalam air mendidih. Apabila sudah mengapung, tunggu kira-kira lima menit lalu angkat dan tiriskan.

6. Sementara itu, buatlah kuah bakso dengan merebus air. Tambahkan kaldu ayam atau sapi, merica bubuk, serta garam.

7. Siapkan pula mangkok yang telah diisi dengan mie, sayuran hijau, tahu dan bakso jamur yang telah matang. Jangan lupa tambahkan irisan daun bawang, daun seledri, dan juga bawang goreng. Tuangkan kuah ke dalam mangkok. Bakso jamur tiram pun siap dinikmati selagi hangat. Bumbu pelengkap seperti kecap, saos dan sambal pun dapat ditambahkan.

Demikian olahan makanan bakso tiram yang telah disajikan. Resep ini cukup mudah untuk Anda coba di rumah. Makanan berkuah sangat cocok disajikan ketika musim penghujan atau cuaca yang sedang dingin. Momen berkumpul bersama keluarga pun akan semakin hangat dengan ditemani menu yang satu ini. Selamat berkreasi dan mencoba di rumah.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Cara dan Bahan yang dibutuhkan untuk Membuat Bakso Kerikil

0 komentar