Resep Tahu Bakso Goreng, Camilan Lezat di Kala Santai

Bakso merupakan kuliner khas nusantara yang sangat merakyat. Hidangan ini banyak dijumpai di dalam gerobak-gerobak bakso yang dijajakan di pinggir jalan. Bakso memang identik sebagai makanan berkuah. Disajikan alam mangkok dilengkapi dengan berbagai bahan pelengkap seperti mie, tahu goreng, sayuran hijau ataupun pangsit. Ditambah irisan daun bawang, daun seledri dan juga bawang goreng, akan membuat hidangan bakso semakin menggugah selera. Namun selain sebagai menu makanan berkuah, bakso juga dapat dibuat cemilan yang lezat di kala santai. Cemilan yang dimaksud adalah tahu bakso. Resep tahu bakso goreng dapat Anda simak dalam artikel berikut.


Baca: Resep Bakso Jamur, Inovasi Olahan Bakso Masa Kini

Resep Tahu Bakso Goreng, Mudah dan Praktis

Tahu bakso merupakan cemilan yang dapat dinikmati di kala santai. Cemilan ini sebenarnya gabungan dari dua bahan dasar yaitu bakso yang terbuat dari daging giling dan juga tahu. Tahu yang digunakan bisa tahu putih ataupun tahu kulit yang berwarna coklat. Bakso yang digunakan dapat berupa bakso daging sapi atau daging ayam, atau bisa juga bakso ikan ataupun bakso jamur. Adonan bakso tersebut dibuat isian tahu. Lalu tahu bakso tersebut di rebus dan kemudian digoreng dengan balutan kocokan telur. Dengan demikian cemilan ini disebut tahu bakso goreng.

Untuk membuat tahu bakso goreng, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Pertama, persiapkan tahu yang akan diisi dan juga adonan bakso. Setelah itu, siapkan air untuk merebus tahu bakso. Oleh karena itu Anda perlu mempersiapkan beberapa bahan sebagai berikut:

- 20 biji tahu kulit (tahu yang sudah goreng, biasanya berwarna kecoklatan)
- 500 gram daging sapi atau daging ayam
- 150 gram tepung kanji atau tepung tapioca
- Es batu secukupnya

Sedangkan untuk bumbu adonan bakso, bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi:
- 6 butir bawang putih
- ½ sendok teh merica bubuk
- 1 sendok makan garam atau secukupnya

Untuk membuat air rebusan, persiapkan bumbu-bumbu sebagai berikut:
- 3 siung bawang putih
- ½ sendok teh merica bubuk
- 1 sendok garam atau secukupnya

Baca: Cara dan Bahan yang dibutuhkan untuk Membuat Bakso Kerikil

Setelah semua bahan dipersiapkan, cara membuat tahu bakso adalah sebagai berikut:
1. Giling daging sapi atau daging ayam dengan menggunakan food processor. Setelah daging halus, masukkan potongan es batu dan tepung kanji.
Setelah adonan tercampur rata, masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Giling hingga adonan benar-benar halus dan tercampur rata.

2. Siapkan tahu yang akan diisi dengan adonan daging. Tahu yang semula berbentuk kotak, dapat dibagi menjadi dua dengan cara dipotong secara menyerong. Lalu, buatlah sayatan pada salah satu sisi tahu. Masukkan adonan daging giling ke dalam tahu hingga tahu terisi penuh. Lakukan hingga tahu habis, kemudian sisihkan.

3. Rebuslah air di dalam panci hingga mendidih. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan.

4. Masukkan tahu isi ke dalam air rebusan tadi. Tunggu kira-kira 20 menit, atau hingga bakso tahu matang. Bakso tahu yang telah matang akan mengapung. Angkat bakso tahu lalu tiriskan.

5. Sajikan bakso tahu bersama dengan sambal atau cabe segar. Nikmati selagi hangat.

Setelah tahu bakso matang, Anda dapat melanjutkan dengan proses penggorengan. Caranya, kocoklah telur lalu masukkan tahu bakso ke dalamnya. Balurkan tahu ke dalam telur hingga merata. Setelah semua selesai, panaskan minyak dan goreng hingga berwarna kuning keemasan. Apabila Anda kurang menyukai daging sapi, maka gunakanlah daging ayam, daging ikan atau jamur sebagai bahan dasar membuat adonan bakso. Demikianlah resep tahu bakso goreng dalam artikel ini.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Bakso Cilok Kuah Hidangan Pas untuk Keluarga anda


0 komentar