Resep Bakso Ikan Tuna, Kreasi Bakso Lezat dan Sehat

Bakso merupakan salah satu makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Anak-anak hingga orang dewasa pasti menyukai salah satu olahan daging ini. Pada dasarnya, bakso merupakan salah satu olahan daging yang berbentuk bulat. Disajikan dengan bahan pelengkap seperti mie, tahu, serta bumbu pelengkap seledri, daun bawang dan juga bawang goreng. Setelah semua bahan teracik, lalu tinggal diberi kuah bakso. Anda pasti mengenal jenis bakso adalah bakso daging sapi dan juga bakso daging ayam. Namun kini sudah ada banyak inovasi aneka olahan bakso. Ikan tuna juga dapat dijadikan bahan dasar pembuat bakso. Dalam artikel ini akan disajikan resep bakso ikan tuna yang dapat Anda coba di rumah.


Baca: Cara dan Bahan yang dibutuhkan untuk Membuat Bakso Kerikil

Kini bakso tidak hanya dibuat dari bahan dasar daging saja, melainkan berbahan dasar ikan segar termasuk ikan tuna. Ikan tuna merupakan ikan yang memiliki nilai jual yang tinggi. Daging ikan tuna memiliki kekhasan tersendiri bila dibandingkan dengan daging ikan lainnya. Daging ikan berwarna merah muda hingga merah tua. Hal ini dikarenakan kandungan myoglobin yang tinggi pada otot ikan tuna.

Daging ikan tuna memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ikan tuna didapatkan dengan cara menangkapnya langsung dari laut. Ikan laut segar ini memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Oleh karena itu sangat baik dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak. Konsumsi ikan tuna dapat menunjang dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Resep Bakso Ikan Tuna, Praktis dan Mudah

Pemenuhan nutrisi tubuh dapat diperoleh melalui olahan ikan segar seperti tuna. Bakso ikan tuna merupakan salah satu kreasi olahan makanan yang dapat dijadikan alternatif pilihan. Untuk membuat bakso ikan tuna, bahan-bahan yang perlu dipersiapkan antara lain.
- 1 kg ikan tuna segar
- 250 gram tepung tapioka
- 2 sdm tepung terigu
- 10 siung bawang putih (haluskan)
- 1 sdt merica bubuk
- 1 sdt garam
- 2 butir telur

Baca: Bakso Cilok Kuah Hidangan Pas untuk Keluarga anda

Sedangkan untuk cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan ikan tuna, buang bagian kepala dan juga isi perutnya.

2. Daging ikan tuna difillet, dengan cara dipisahkan dari durinya.

3. Setelah daging terpisah dari duri atau tulangnya, hilangkan bagian kulit ikan tuna.

4. Daging yang telah dipisahkan tadi, dimasukkan ke dalam food processor atau mesin penggiling sampai halus. Lalu taruh daging ikan giling ke dalam wadah.

5. Masukkan bahan-bahan meliputi tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih halus, merica bubuk, garam dan juga telur. Campur adonan hingga homogen. Apabila perlu, masukkan adonan kembali ke mesin penggiling agar adonan halus dan semua bahan tercampur rata.

6. Buat bulatan bakso dari adonan tadi. Caranya ambil segenggam adonan menggunakan tangan, lalu remas hingga keluar bulatan adonan.

7. Bulatan bakso yang telah siap, lalu dimasukkan ke dalam rebusan air. Tunggu hingga bulatan bakso mengapung, tanda bakso sudah matang. Lakukan hingga adonan habis, dan tiriskan.

8. Sementara itu, Anda dapat membuat kuah bakso yang terdiri dari rebusan air yang telah diberi bumbu meliputi bawang putih halus, garam dan juga merica bubuk. Untuk menambah rasa sedap, jangan lupa tambahkan kaldu ayam atau kaldu sapi.

9. Siapkan bahan-bahan pendukung seperti mie, sayuran hijau, irisan daun bawang, seledri dan juga bawang goreng. Raciklah bakso beserta bahan pelengkap di dalam mangkok. Tuang kuah bakso di atasnya. Dengan demikian resep bakso ikan tuna telah selesai, bakso ikan siap dinikmati selagi panas.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Mudah Membuat Bakso Bakar

0 komentar