Cara Buat Kuah Bakso Sapi Gurih dan Lezat

Kenikmatan bakso memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat luas di Indonesia. Perkembangan dunia kuliner yang semakin maju pesat pun membuat keberagaman dari kuliner bakso ini semakin bervariasi. Banyak para produsen bakso yang mencoba membuat inovasi baru untuk menarik minat para penikmat bakso. Sekaligus mengatasi kebosanan masyarakat terhadap bakso yang sudah umum dan biasa disantap serta dinikmati. Penjual bakso pun berlomba-lomba untuk menyajikan kuliner yang satu ini dengan kualitas rasa yang enak dan istimewa. Faktor penjualan yang laris kadang membuat penjual lupa menaikkan kualitas rasa dan sibuk meningkatkan kuantitas dari baksonya. Oleh karena itu, penjual juga harus memperhatikan cita rasa dari bakso dan kuahnya serta terus mencari cara buat kuah bakso yang enak dan lezat.


Kuah bakso merupakan salah satu elemen penting dari bakso itu sendiri. Kunci dari cita rasa dan aroma yang nikmat adalah terletak pada kuahnya. Aroma yang menggoda tentu akan membuat para penikmat bakso tertarik untuk mencicipi bukan? sehingga para penjual bakso harus mengetahui cara membuat kuah yang enak dan pas untuk selera lidah orang-orang Indonesia. Jika anda adalah salah satu penikmat dari kuliner ini, dan memiliki standar rasa yang cukup tinggi. Akan lebih baik jika anda membuatnya sendiri, sehingga mendapatkan cita rasa seperti yang anda inginkan. Jika anda belum pernah membuat bakso sebelumnya, maka anda bisa mencoba resep membuat kuah bakso ini untuk dipraktekkan dirumah.

Baca: Resep Membuat Pentol Bakso Daging Ayam Sederhana

Cara Buat Kuah Bakso Enak

Bahan-bahan bakso sapi
- Daging sapi ½ kg
- Tepung Kanji 50gr
- ½ sdt lada bubuk
- 2 sdm bawang merah goreng
- 1 sdm bawang putih goreng
- 1 sdt garam
- 40gr es batu dihancurkan
- 2000ml air

Bahan kuah bakso sapi
- 200gr tulang sapi
- 3000ml air

Bumbu kuah bakso sapi
- 5 siung bawang merah dihaluskan dan digoreng
- 7 siung bawang putih dihaluskan
- ½ sdm makan bawang goreng jadi
- 4 batang daun bawang, diambil bagian putihnya saja kemudian diiris halus
- 2 sdt kaldu sapi instan
- ½ sdt merica bubuk
- 2 sdt gula pasir
- 1 sdm garam dapur

Baca: Cara Membuat Bakso Unik Ikan Tongkol


Cara Buat Kuah Bakso
1. Pertama-tama rebus air lebih dulu, kemudian masukkan semua bahan dan bumbu kuah bersamaan lalu tunggu hingga mendidih dan tulang sapi matang.

2. Kemudian setelah itu tambahkan sisa air rebusan bakso kedalam kuah bakso yang sudah dibuat.

3. Setelah itu kuah bakso sudah siap disajikan. Kuah bakso biarkan saja diatas kompor dengan api kecil agar menjaga kuah tetap panas.

Untuk membuat bakso:

1. Masukkan tepung kanji, bawang merah halus, bawang putih halus, lada, garam dan juga daging sapi yang sudah dicincang halus kedalam satu wadah. Aduk dan juga uleni hingga merata. Anda juga bisa menggunakan alat seperti mixer atau cukup dengan tangan saja.

2. Jika adonan masih kurang bisa dibentuk, anda bisa menambahkan es kedalam adonan agar bisa dibentuk.

3. Siapkan air dalam panci kemudian direbus hingga hampir mendidih. Kemudian bentuk adonan bakso tadi membentuk bulatan-bulatan bola dan masukkan kedalam air rebusan. tunggu hingga bakso matang dan mengapung. Kemudian angkat dan tiriskan.

Cara buat kuah bakso sapi ini sangat mudah bukan? Anda bisa mempraktekannya sendiri dirumah. Kuah bakso sapi ini memiliki cita rasa yang gurih dan tentu lezat untuk disantap bersama bakso sapi. Anda pun bisa menambahkan bumbu jika dirasa masih kurang pas. Kuah bakso merupakan kunci kenikmatan dari menyantap kuliner bakso ini. Jadi, pastikan bahwa kuah yang ada buat memiliki cita rasa yang nikmat. Karena jika kuah bakso kurang nikmat, maka hidangan bakso anda tentu juga kurang bisa dinikmati. Dengan resep diatas, semoga bisa membantu anda untuk membuat kuah bakso yang lezat.

Porsi kuah: 10 mangkok
Porsi bakso: tergantung ukuran yang anda buat
Persiapan: 30 menit
Lama memasak: 1jam

Baca: Resep Bakso Malang Juara Menggoyang Lidah

0 komentar