Resep Membuat Pentol Bakso Daging Ayam Sederhana

Memasak merupakan sebuah hal yang sering dilakukan oleh manusia setiap harinya. Kegiatan yang satu ini bertujuan untuk menghasilkan makanan untuk di konsumsi. Akan tetapi kadang seorang manusia merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Oleh karena hal tersebut, maka ia akan berusaha untuk mencoba resep masakan yang lain. Misalnya saja jenis masakan tersebut adalah pentol bakso.


Setiap penduduk Indonesia pasti mengenal jenis makan yang bernama bakso tersebut. Menu makanan yang ini sangat terkenal di tengah-tengah masyarakat. bahkan banyak orang yang sangat menggemari masakan bakso. Makan bernama bakso ini memiliki ciri khas yang sangat umum, yakni berbentuk bulat-bulat dengan rasa yang sangat nikmat di lidah. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas bagaimana cara membuat pentol bakso yang nikmat.

Baca: Resep Bakso Malang Juara Menggoyang Lidah

Bahan-Bahan Pembuat Pentol Bakso

Untuk membuat pentol bakso yang nikmat, maka diperlukan bahan-bahan yang harus ada, berikut ini bahan yang harus di pembuat bakso pentol dari daging ayam.
- Daging ayam sebanyak 1 kg di pisahkan dari tulangnya
- Tepung kanji 1 ons
- Es batu secukupnya

Bahan untuk bumbunya
- Bawang putih 1 genggam
- Bawang merah yang sudah digoreng sebanyak 2 sendok
- Royko daging sapi sapi 1 bungkus
- MSG sebanyak 1 sendok teh
- Gula merah 0,25 kg
- Merica bubuk 1.5 sendok teh
- Kecap secukupnya
- Telur sebanyak satu butir

Baca: Resep Bakso Malang Juara Menggoyang Lidah

Cara Membuat Bakso Pentol Yang nikmat

Setelah semua bahan untuk membuat pentol bakso siap, maka langkah selanjutnya adalah mengolah bahan tadi menjadi bulatan-bulatan bakso yang nikmat. berikut ini langkah-langkah yang harus dilalui untuk menciptakan pentol bakso ayam.

1. Langkah pertama adalah mengiris-iris daging ayam yang telah dipisahkan dari tulangnya tadi. Potonglah dengan irisan yang kecil. Setelah selesai memotong daging ayam tadi, campurkanlah dengan bumbu-bumbu yang telah disisipkan tadi, setelah tercampur secara merata, kemudian gilinglah daging ayam tersebut. Dalam proses penggilingan ini diusahakan sebanyak dua kali. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan adonan yang bagus. Pada penggilingan pertama gunakan yang kasar dan berikutnya baru yang halus.

2. Setelah tahap penggilingan selesai dan daging ayam telah menjadi adonan, maka taruhlah pada sebuah wadah yang besar. Wadah tersebut dapat berupa baskom atau pun sejenis. Ulenilah adonan tersebut agar menjadi kalis.

3. Setelah selesai diuleni, buatlah menjadi bulatan-bulatan bakso. Selama membuat bulatan bakso ini, jangan lupa untuk menyiapkan air panas dalam sebuah panci. Kemudian, bulatan bakso tadi dimasukkan kedalam air panas yang mendidih tersebut. jangan lupa untuk selalu mengaduk bakso selama didalam panci air panas. Hal ini bertujuan agar bakso tidak pecah.

4. Saat bakso sudah mulai mengambang dalam panci, angkatlah bakso tersebut dan dinginkan. Proses pendinginan ini dapat dilakukan pada sebuah wadah yang besar. Usahakan tempat pendinginan ini berupa nampan atau yang sejenisnya.

5. Jika bakso telah menjadi dingin, anda bisa mengolah makan ini kedalam berbagai jenis menu masakan yang diinginkan. Anda pun dapat menyimpan bulatan bakso tersebut kedalam sebuah freezer. Dengan memasukkannya kedalam plastik sebanyak 3 sampai 4 rangkap dan diikat. Hal ini bertujuan untuk mencegah bau.

Demikianlah cara membuat sebuah pentol bakso sederhana dari daging ayam. Dengan mampu membuat sendiri, maka anda tidak perlu repot-repot untuk membelinya. Selain itu juga akan menghemat pengeluaran uang belanja.

Menghasilkan: 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan: 1 jam
Lama masak: 2 jam

Baca: Cara buat Bakso Ikan Yang Mudah dan Nikmat

0 komentar