Cara Membuat Bakso Unik Ikan Tongkol

Bagi anda penyuka bakso, anda tentu tidak lagi asing dengan bakso yang kini sudah banyak tersebar dimana-mana. Ada bakso sapi yang umum kita santap, bakso ayam, bakso udang dan juga bakso ikan. Bakso sapi sendiri kini telah hadir dengan beragam variasi, seperti bakso beranak, bakso isi telur puyuh, bakso isi cabe dan lain sebagainya. Perkembangan yang cukup pesat bukan? banyaknya peminat dan penikmat dari kuliner yang satu ini membuat para penjual bakso berlomba-lomba untuk membuat inovasi baru yang unik agar mampu menarik minat para penikmat kuliner. Salah satu bakso unik yang mungkin jarang atau bahkan hampir tidak pernah anda dengan adalah bakso ikan tongkol.


Jika anda sudah sering mendengar bakso ikan dengan bahan ikan tuna, ikan kakap ataupun ikan tenggiri. Maka ikan tongkol ini merupakan salah satu inovasi baru dari bakso ikan. Namun bakso ikan yang satu ini lebih banyak dibuat untuk dihidangkan dirumah. Jadi, anda mungkin akan kesulitan untuk mencari bakso ikan tongkol ini di tempat-tempat kuliner atau kios-kios bakso yang ada. Bakso ikan tongkol ini menggunakan bahan utama ikan tongkol untuk membuat baksonya, sehingga bagi anda ibu rumah tangga atau yang gemar memasak sangatlah mudah untuk mencoba membuat bakso ini. Bahan utamanya pun sangat bersahabat dengan harga yang relatif murah. Lalu bagaimana rasa dari bakso ikan tongkol ini ya? Jika anda penasaran, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat bakso yang lain daripada yang lain ini.

Baca: Resep Bakso Malang Juara Menggoyang Lidah

Bahan-bahan untuk membuat bakso unik ikan tongkol:

- 350gr ikan tongkol yang sudah dihaluskan
- 50-70gr tepung sagu (tepung kanji)
- ½ sdt garam
- 3 siung bawang putih
- ½ sdt merica bubuk
- 1 butir telur

Untuk membuat kuah bakso:
- 7 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- Daun bawang dan daun seledri secukupnya
- Kaldu bubuk (optional)
- Garam
- ½ sdt merica bubuk
- ¼ sdt pala
- Air kaldu (air sisa rebusan bakso)

Baca: Cara buat Bakso Ikan Yang Mudah dan Nikmat

Cara Membuat Bakso Unik Ikan Tongkol
1. Pertama-tama haluskan lebih dulu bawang putih, kemudian tambahkan merica bubuk, garam dan campurkan ke dalam adonan ikan tongkol. Haluskan ikan tongkol dengan blender hingga benar-benar lembut. Sebelumnya bisa diamkan ikan tongkol lebih dulu setelah difillet dan dicincang ke dalam kulkas sekitar 1jam. Sehingga saat menghaluskan masih dalam keadaan dingin namun jangan terlalu keras.

2. Setelah selesai masukkan telur dan juga tepung sagu. Kemudian diuleni hingga semua tercampur merata.

3. Langkah selanjutnya, masak air dalam panci hingga mendidih. Setelah mendidih anda bisa membuat bulatan-bulatan seperti bola untuk adonan ikan tongkol yang sudah diuleni. Lalu masukkan ke dalam air yang sudah mendidih.

4. Hidupkan kembali api untuk memasak air tadi dan tunggu hingga baksonya mengapung. Jika sudah, angkat lalu tiriskan.

5. Sisa air rebusan bakso tersebut jangan dibuang. Gunakan air sisa ini untuk membuat kuah bakso.

6. Untuk kuah baksonya: iris iris bawang putih dan bawang merah kemudian goreng hingga garing.

7. Haluskan bawang yang sudah digoreng kemudian masukkan ke dalam air kaldu, masukkan juga merica bubuk dan pala bubuk. Setelah itu tambahkan daun bawang dan daun seledri agar semakin sedap. Jika sudah, anda bisa mencicipi rasa dari kuahnya. Jangan lupa tambahkan garam dan juga kaldu bubuk sesuai dengan selera lidah anda.

Itu tadi resep dan cara membuat bakso unik ikan tongkol tersebut. Proses pembuatannya tidak jauh beda bukan dengan proses membuat bakso pada umumnya? Bahan yang digunakan pun akan membuat kantong anda lebih hemat. Jika membuat bakso sapi, tentu pengeluarannya akan lebih mahal. Dengan ikan tongkol ini, anda akan bisa menghemat pengeluaran sekaligus tetap bisa menyajikan makanan yang nikmat dan enak untuk keluarga anda. Untuk penikmat bakso, ini tentu menjadi alternatif yang pas untuk anda menikmati bakso dengan cita rasa yang sedikit berbeda. Jika anda mempunyai anggota keluarga yang cukup banyak, anda bisa menambahkan bahan sendiri untuk membuat bakso dengan porsi yang lebih banyak. Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Menghasilkan: 30-40 pentol bakso kecil (tergantung ukuran yang anda buat)
Porsi: 15 porsi
Persiapan: 45 menit
Lama memasak: 1 jam

Baca: Cara Membuat Bakso Rudal Enak dan Gurih

0 komentar