Resep Bakso Malang Juara Menggoyang Lidah

Resep bakso malang ini merupakan salah satu resep yang sangat mudah untuk dipraktekkan dirumah. Anda bisa menyajikannya sebagai makanan berat atau pun hanya sekedar sebagai camilan. Bakso yang sangat nikmat disantap pada saat masih panas ini seringkali dijadikan hidangan untuk menghangatkan tubuh. Apalagi ketika cuaca dingin dan hujan, bakso merupakan salah satu hidangan andalan yang menjadi favorit untuk dinikmati. Bakso malang ini merupakan salah satu bakso yang juga sangat digemari oleh kalangan masyarakat malang. Namun ternyata bakso ini tidak hanya ada di malang saja, karena persebarannya sudah sangat luas di berbagai daerah.


Malang merupakan salah satu daerah yang memang dikenal dengan cuacanya yang cukup dingin. Sehingga bakso menjadi salah satu menu kuliner yang banyak tersedia di Malang. Itu sebabnya bakso khas Jawa Timur ini sering disebut sebagai bakso malang. Bakso asal Malang ini tidak kalah nikmat lho dengan bakso-bakso yang lain. Yang membedakan bakso khas Jawa Timur ini dengan yang lain adalah menggunakan pangsit dalam penyajiannya. Pangsit yang disediakan pun ada pangsit goreng maupun pangsit basah. Cukup unik bukan? Untuk itu mari kita intip yuk langkah-langkah untuk membuat bakso yang satu ini.

Baca: Cara buat Bakso Ikan Yang Mudah dan Nikmat

Bahan-bahan yang digunakan pada resep bakso malang

- 500gr daging sapi engkel
- ¼ sdt soda kue
- 1 sdm bawang putih goreng
- 1 ½ sdm bawang putih goreng
- 175gr es batu
- 2 sdm garam batu
- 100gr tepung sagu tani
- ¼ sdt penyedap rasa
- ¼ sdt merica bubuk
- ½ sdt garam

Bahan untuk pangsit goreng dan kuah:
- 3 buah tahu putih kecil, potong dua segitiga
- 12 lembar kulit pangsit

Bahan untuk isi pangsit
- 50gr daging giling
- ½ sdt penyedap rasa
- ¼ sdt garam
- ¼ sdt merica bubuk
- ½ sdt gula pasir - 1 batang daun bawang diiris halus
- 150gr tepung sagu
- 1 siung bawang putih dihaluskan
- 110ml air es

Bahan untuk kuah bakso:
- 4 liter air
- 1kg tulang sapi
- 5 batang daun bawang, ikat
- 10 siung bawang putih, goreng utuh lalu memarkan
- 5 tangkai seledri, ikat
- ¾ sdt merica bubuk
- ½ sdm gula pasir
- 5 ½ sdt garam

Bahan untuk sambal bakso:
- b10 cabai rawit merah
- b2 siung bawang putih
- 10 cabai merah keriting
- ¼ sendok garam

Baca: Cara Membuat Bakso Rudal Enak dan Gurih

Cara membuat resep bakso malang

1. Pertama-tama campurkan semua bahan bakso hingga tercampur merata. Setelah itu dihaluskan, bisa menggunakan food prosesor.

2. Setelah itu rebus air lebih dulu hingga mendidih. Kemudian bentuk adonan bakso menjadi bulatan-bulatan seperti bola dan masukkan pada air rebusan yang sudah mendidih. Tunggu hingga mengapung, lalu angkat bakso dan tiriskan.

3. Untuk membuat pangsit pertama-tama aduk hingga merata semua bahan isi pangsit dan aduk hingga halus. Setelah itu ambil 1/3 adonan dan isikan ke dalam tahu yang sudah dipotong menjadi segitiga tadi lalu sisihkan. Untuk sisanya, ambil lembaran kulit pangsit kemudian isi dengan sedikit adonan dan lipin. Lakukan hingga adonan habis.

4. Kukus semua adonan yang sudah dibuat dan diisi ke dalam dandang, dan tunggu sekitar 20 menit lalu angkat.

5. Goreng sebagian pangsit hingga berwarna kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.

6. Untuk membuat kuah bakso ini langkah pertama masak air hingga mendidih. Setelah itu masukkan tulang sapi dan juga seledri, daun bawang. Masak hingga berkaldu, angkat dan saring kaldunya. Masak dengan api kecil saja.

7. Setelah disaring, masak kembali dan tambahkan bumbu merica bubuk, gula pasir dan garam. Direbus hingga mengeluarkan aroma harum dan matang.

8. Bakso bisa anda sajikan dengan menata bakso, tahu, pangsit goreng dan pangsit kukus kemudian disiram dengan kuah dan disajikan dengan saus dan sambal.

Kini bakso malang telah siap disajikan. Resep bakso malang ini memang sedikit lebih ribet karena penyajiannya tidak hanya sekedar menggunakan bakso. Ada tahu isi, pangsit kukus dan juga pangsit goreng yang juga harus anda buat. Sehingga akan memakan waktu yang lebih lama untuk membuat bakso malang ini. Namun walaupun begitu, bakso malang ini akan sangat mengenyangkan perut anda dan juga memuaskan lidah anda dengan cita rasanya yang nikmat. Beragamnya isi bakso malang ini tentu menjadi keunikan tersendiri. Itulah kenapa bakso yang satu ini sangat khas sekali. Semoga anda suka ya, dan selamat mencoba cara membuat bakso malang ini.

Porsi bakso: 45-50 pentol bakso (tergantung ukuran yang anda buat)
Porsi kuah: 10 sampai 15 mangkok
Porsi tahu isi: 6 tahu isi
Porsi pangsit: 12 pangsit
Persiapan: 1,5 jam
Lama memasak: 1,5 jam

Baca: Resep Bakso Malang Karapitan, Resep Bakso Pilihan



0 komentar