Resep Masakan Bakso Udang Spesial

Bagi seorang perempuan, memiliki keahlian atau kemampuan dalam hal urusan memasak sangatlah penting. Hal ini dikarenakan seorang wanita adalah calon ibu rumah tangga yang harus mumpuni dalam urusan membuat menu hidangan harian keluarga. Oleh karena alasan tersebut,maka para kaum hawa baik yang sudah menikah maupun belum menikah belajar berbagai macam resep masakan. Salah satu resep makanan yang digemari adalah bakso udang.


Udang adalah salah satu jenis hewan air yang banyak digemari masyarakat, hewan yang satu ini banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk konsumsi atau makanan. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak jenis masakan yang menggunakan udang sebagai bahan dasarnya. Bahkan para pembuat hidangan dari binatang air mulai berinovasi menciptakan menu yang menggoda lidah. Misalnya saja menu tersebut adalah bakso yang bahan dasar dari udang. Lalu bagaimanakah cara membuat bakso udang yang lezat ini? Berikut ini ada bahan-bahan dan langkah yang harus anda lakukan untuk membuat sebuah bakso udang yang nikmat.

Bahan-Bahan Pembuat Bakso Udang

Dalam pembuatan sebuah menu bakso udang yang bercita rasa tinggi, anda harus mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Biasanya hal yang harus disediakan tersebut adalah bahan pembuat bakso, bumbu bakso dan kuahnya.

Baca: Resep Praktis Membuat Hidangan Bakso Sapi Yang Lezat

Bahan pembuat bakso
- 1 kg udahg yang telah dikupas
- 2 butir telur ayam
- 200 gram tepung sagu
- Air es secukupnya

Bahan Untuk bumbu bakso
- 1 siung bawang putih halus
- Garam
- Gula pasir
- Bubuk lada putih

Bahan untuk kuah bakso
- Kulit dan kepala udang
- Air putih secukupnya
- Daun seledri sesuai selera
- Daun bawang

Bumbu untuk kuah bakso
- Garam halus
- Lada bubuk yang putih

Bahan Tambahan
- Kecap dan sambal
- Daun bawang yang telah diiris
- Gorengan remah bawang putih
- Gorengan remahan bawang merah

Baca: Membuat Bakso Istighfar Spesial Dari Daging Sapi

Langkah Membuat Bakso Udang Spesial

Setelah semua bahan tersedia, hal berikutnya adalah mengolah bahan-bahan tersebut untuk menciptakan sebuah bakso kuah udang yang nikmat. Langkah yang satu ini memerlukan tingkat ketekunan dan ketelitian yang tinggi. Berikut ini urutan pembuatan sebuah menu makanan bakso dari udang yang menggoda lidah.

1. Udang dikupas, kemudian dipisahkan antara kepala dan ekornya dari bagian badan dan di bersihkan.

2. Siapkan panci untuk memasak air sebagai kuahnya. Tuangkan air kedalamnya dan panaskan sampai mendidih. Masukkan kepala, ekor dan kulit udang, tunggulah sampai terjadi letupan-letupan.

3. Setelah terjadi letupan-letupan, kemudian masukkan bahan-bahan kuah tadi di tambah dengan bumbunya. Aduklah agar bumbunya tercampur secara merata.

4. Sambil menunggu kuah siap, maka anda bisa mulai membuat pentol bakso udang. Caranya adalah mencampur bahan bakso udang tadi dengan bumbunya, kecuali es dan tepung sagu. Kemudian campurkan keduanya. Setelah tercampur dengan sempurna, masukkan keduanya kedalam mesin penggiling.

5. Setelah digiling, maka akan menjadi adonan. Campurkan adonan tersebut dengan es dan tepung terigu. Uleni dan buat bulat-bulat.

6. Didihkan lagi air di panci lainnya. masukkan bulatan bakso tersebut kedalam rebusan air yang telah disiapkan. Tunggulah sampai pentol bakso ini mengapung.

7. Setelah mengapung, angkat dan dinginkan bulatan bakso tersebut. kemudian masukkan pentol tersebut kedalam mangkok dan tuangkan kuah kedalamnya. Jika menyukai pedas atau manis, maka bisa menambahkan kecap dan sambal. Tidak lupa taburkan remahan goreng bawah putih dan bawang merahnya. Maka, bakso udang spesial siap untuk disantap.

Menghasilkan: 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan: 1 jam
Lama masak: 2 jam

Baca: Cara Buat Kuah Bakso Sapi Gurih dan Lezat



0 komentar