Resep Tahu Bakso Ayam Kukus Yang Laris Manis

Tahu bakso merupakan makanan yang enak disantap setiap harinya. Tahu yang didalamnya berisi isian adonan bakso daging yang enak. Untuk tahu bakso yang asli, memang banyak yang membuatnya dari daging sapi. Tapi jika anda ingin yang simple, bisa membuatnya pakai tepung tapioka. Tapi tentunya rasa akan berbeda. Tahu bakso ungaran, merupakan jenis yang paling laris di pasaran. Bahkan menjadi oleh-oleh khas dari ungaran. Anda bisa membuat resep tahu bakso sendiri di rumah.


Banyak orang yang mengalami kesulitan ketika membuat tahu bakso. Hasil baksonya terlalu keras dan tidak matang. Kesalahan ini dilakukan pada saat proses pengukusan. Jika tidak dikukus dengan benar, memang hasilnya akan agak keras. Pemilihan tahunnya pun harus diperhatikan, supaya rasa tahunya semakin enak dan tidak pahit. Mari langsung saja kita bahas, bahan yang dibutuhkan dan cara membuat tahu bakso yang enak.

Baca: Resep Membuat Bakso Solo Samrat Yang Super Enak

Bahan Untuk Membuat Tahu Bakso
- 10 sendok makan tepung terigu
- 500 gram daging dada ayam yang sudah di filet
- 2 sendok makan tepung tapioka
- 15 potong tahu
- 2 butir telur ayam
- 7 siung bawang merah
- 8 siung bawang putih
- 2 sendok teh lada bubuk
- 1 sendok teh garam
- Air es secukupnya
- 3 batang daun seledri
- 3 batang daun bawang

Alat, Bahan Serta Cara Bikin Bakso Sekaligus Kuahnya, Dijamin Mudah Dan Nendang

Cara Membuat Tahu Bakso
1. Cincang daging ayam sampai halus. Bisa gunakan blender atau food prosecor. Pastikan daging benar-benar halus.

2. Kemudian tambahkan dengan bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan

3. Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, telur, garam dan irisan daun bawang serta seledri ke dalam adonan baksonya. Aduk sampai merata dan tidak begitu lengket.

4. Supaya hasil adonan lebih lembut dan kenyal, gunakan air es untuk mencampurkan semua bahannya. Sisihkan terlebih dahulu.

5. Goreng tahu sebentar, tak perlu terlalu sampai kering. Lalu belah menjadi dua bagian, tapi bagian bawahnya jangan sampai terputus.

6. Masukan isian adonan ayam ke dalam tahu sampai penuh.

7. Didihkan air sampai mendidih, matikan dan nyalakan lagi dengan api kecil. Masukan tahu dan bakso yang sudah diisi. Rebus sebentar sampai matang.

8. Jika mengambang berarti sudah matang.

Untuk penyajiannya, anda bisa memakannya langsung. Bisa juga di goreng lagi sampai kering. Di makan dengan cabai atau saus sambal. Setelah di kukus, anda bisa memasukkan ke dalam kulkas. Bisa di makan kapan saja ketika ingin memakannya. Tinggal di goreng dan disajikan. Mudah dan cepat. Jika anda tidak suka daging ayam, bisa memakai daging sapi. Kalau ingin yang sederhana. Tinggal campurkan tepung terigu dengan tepung tapioka, tambah dengan kaldu sedikit.

Sekarang anda tak perlu repot-repot lagi untuk ke ungaran. Anda juga bisa menjualnya di depan rumah. Tidak perlu modal yang besar tapi akan memberikan keuntungan yang banyak. bahkan bisa sampai ratusan ribu. Jangan lupa untuk memilih tahu yang masih segera. Jangan memilih yang sudah lama karena akan asam atau pahit rasanya. Itulah sedikit informasi tentang resep tahu bakso. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Menghasilkan : 15 buah
Porsi : 15 orang
Waktu persiapan : 30 menit
Lama masak : 1 jam

Baca: Resep Bakso Samrat Solo

0 komentar