Resep Membuat Bakso Sederhana Yang Enak Dan Lezat

Ketika hujan turun, paling enak memang makan bakso, dengan kuah yang masih panas dan sambal yang pedas. Akan membuat perut kenyang dan badan lebih hangat. Bakso memang selalu identik dengan orang indonesia. Hampir di setiap daerah pasti bisa menemui warung bakso. Bahkan ada orang yang suka kuliner bakso. Mencoba satu bakso dengan bakso lainnya. Varian bakso juga semakin bervariasi. Ada bakso yang berukuran besar, bakso isi telur, bakso isi udang, bakso isi cabai dan masih banyak lainnya. apalagi saat ini banyak resep membuat bakso yang beredar. Di internet, di buku banyak yang membagikan resep yang mudah dan bisa anda contoh.


Jika ingin makan bakso, anda tak perlu jauh-jauh membelinya di tempat yang jauh. Bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah. Ketika ada acara arisan di rumah, anda tinggal membuat bakso dan hidangkan untuk semua tamu. Bahan yang digunakan untuk membuat bakso sangat mudah. anda bisa membuat bakso ayam, bakso sapi, bakso ikan, udang dan lainnya. tinggal pilih sesuai dengan keinginan anda. mari langsung saja bahas bahan dan cara membuat bakso sederhana yang enak dan lezat.
Baca: Resep Hidangan Bakso Urat Sederhana Yang Nikmat

Baca: Resep Membuat Bakso Dari Daging Sapi Yang Kenyal Dan Bebas Pengawet

Bahan Untuk Membuat Bakso
- 500 gr daging ayam (bisa diganti daging sapi, ikan atau udang)
- 25 gram tepung kanji
- Es secukupnya
- 4 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- 1 bungkus kaldu ayam
- ½ sendok teh merica bubuk
- 1 butir telur ayam

Bahan Untuk Membuat Kuah Bakso
- 5 buah bawang putih
- 4 buah bawang merah
- 2 batang daun bawang, iris
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 buah biji pala
- Tulang ayam secukupnya

Baca: Resep Hidangan Bakso Urat Sederhana Yang Nikmat

Cara Membuat Bakso

1. Daging ayam di pisahkan dari tulang terlebih dahulu. nanti tulangnya digunakan untuk membuat kuah bakso

2. Giling daging ayam sampai halus. Tambahkan semua bumbu untuk membuat bakso. Dari bawang merah, bawang putih, kaldu ayam, merica dan lainnya. Haluskan semua bahan baru dicampurkan sampai rata.

3. Tambahkan tepung sedikit demi sedikit ke dalam adonan, sambil diuleni sampai halus. Uleni dengan air es, supaya baksonya lebih kenyal dan enak.

4. Didihkan air sampai mendidih, lalu kecilkan dengan api kecil.

5. Buat adonan bakso menjadi bulat-bulat dan masukan ke dalam, air didihan. Jika sudah mengambang, diangkat. Di masak sekitar 10 menitan saja.

6. Kemudian buatlah kuah baksonya. Didihkan air kemudian masukan tulang ayam ke dalam airnya sampai mendidih.

7. Tambahkan bawang merah, bawang putih, garam yang sudah ditumis. Lalu tambahkan kaldu ayam, merica dan lada. Aduk sampai rata biarkan mendidih. Terakhir masukan daun bawang yang sudah di iris.

Untuk penyajiannya, anda tinggal menambahkan bawang goreng. Anda juga bisa menambahkan mie kuning, irisan seledri, dan sawi hijau. Dimakan selagi hangat, jangan lupa untuk menambahkan saus, kecap dan sambal. Supaya rasanya semakin mantap. Supaya rasa bakso lebih enak, takaran dagingnya dibuat semakin banyak. jadi akan lebih terasa. Akan lebih bagus memakai daging sapi. Itulah sedikit informasi tentang resep membuat bakso. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda. selamat mencoba.
Deskripsi: resep membuat bakso sederhana sangat mudah. tidak butuh biaya yang mahal. mudah dibuat dan langsung bisa di santap.

Menghasilkan: 10 mangkok
Porsi : 10 orang
Waktu persiapan : 30 menit
Lama masak : 45 menit

Baca: Cara Buat Bakso Ayam, Resep Sederhana Dan Praktis

0 komentar