Resep Hidangan Bakso Urat Sederhana Yang Nikmat

Memasak merupakan sebuah kegiatan dapur yang sudah tidak asing lagi bagi kaum perempuan, baik yang sudah menikah maupun belum menikah. Akan tetapi saat ini pun ada kaum adam yang tertarik untuk memasak sebagai aktivitas pengisi waktu luang. Kegiatan yang satu ini akan terasa lebih menyenangkan jika pada sebuah kesempatan mencoba menu hidangan baru. Salah satu menu yang dapat di coba di rumah sendiri adalah resep bakso urat.


Pada dasarnya, definisi dari bakso urat adalah sebuah makanan berupa bakso dari bahan dasarnya daging sapi yang mengandung urat. Jenis masakan yang satu ini sangat terkenal di tanah nusantara. Bahkan banyak warung bakso yang menjual menu makanan yang lezat ini. Akan tetapi, sebenarnya para pembaca pun bisa membuat hidangan ini dirumah sendiri lho. Yang perlu disiapkan hanya alat dan bahan-bahan. Bagi anda yang tertarik untuk membuat masakan bakso urat daging sapi sendiri, berikut ini terdapat ulasan resep tentang menu masakan tersebut.

Baca: Cara Buat Bakso Ayam, Resep Sederhana Dan Praktis

Bahan Membuat Hidangan Bakso Urat Daging Sapi

Untuk membuat sebuah hidangan Bakso urat yang nikmat, anda harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Usahakan semua telah tersedia sebelum mulai memasak. Adapun bahan untuk membuat menu spesial yang satu ini antara lain sebagai berikut.
- Bahan untuk membuat pentol bakso urat
- Daging sapi yang terdapat urat di dalamnya sebanyak 1 kg
- Tepung tapioka atau kanji sebanyak 250 gram
- Es batu dipecah kasar secukupnya

Bumbu Untuk Bakso Urat
- Bawang merah goreng halus 5 sendok makan
- Bawang putih goreng halus 5 sendok makan
- Garam halus secukupnya
- Penyedap rasa
- Merica bubuk sebanyak 2,5 sendok teh

Untuk Bumbu kuah
- Air 5 liter
- Bawang merah goreng yang dihaluskan 8 sendok makan
- Bawang putih goreng yang sudah dihaluskan 5 sendok makan
- Gula pasir secukupnya
- Merica bubuk sesuai selera
- Penyedap rasa
- garam

Pelengkap
- Mie kuning yang sudah direbus sesuai selera
- Mie sohun yang telah di rebus secukupnya
- Sambal
- Kecap
- Saus tomat
- Saus sambal
- Seledri yang sudah dipotong tipis-tipis dan kecil
- Daun bawang diiris tipis sebanyak 5 batang

Baca: Resep Bakso Kuah, Cara Memasak Kuah Dan Bakso Yang Gurih Dan Lezat

Langkah-Langkah Membuat Hidangan Bakso Urat Daging sapi
Apabila semua bahan telah tersedia, langkah berikutnya adalah mengolah atau memasaknya. Untuk hal ini, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Masukkan daging sapi, es batu, bawang merah, bawang putih, bubuk merica garam dan penyedap rasa dalam sebuah mesin penggiling atau food processor. Lumat hingga halus

2. Tambahkan tepung tapioka atau kanji kedalam mesin penggiling atau food processor. Campurkan sampai rata dengan daging.

3. Setelah poin nomer 2 selesai, ambil adonan tersebut dan taruh pada sebuah wadah. Buat bulatan-bulatan dari bahan tersebut.

4. Panaskan air dengan panci di atas kompor sampai mendidih. Masukkan bulatan bakso kedalamnya. Tunggu sampai mengapung. Kemudian angkat dan dinginkan.

5. Untuk kuahnya, siapkan air di panci besar sebanyak 5 liter. masukkan semua bumbu kedalam panci berisi air tersebut. Tunggu sampai mendidih.

6. Siapkanlah mangkok dan masukkan mie bihun, mie kuning dan pentol bakso kedalamnya. Tuangkan kuah bakso tersebut. Taburkan irisan seledri dan loncang dan bakso urat spesial siap di hidangkan.

Demikianlah resep bakso urat daging sapi yang nikmat. dengan memiliki kemampuan membuat menu ini sendiri, maka anda dan keluarga tidak perlu membeli di warung bakso. Selain itu, hidangan tersebut juga lebih higienis dan sehat.

Menghasilkan: 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan: 1 jam
Lama masak: 2 jam

Baca: Bakso Rusuk: Pedas Dan Enak


0 komentar