Resep Membuat Bakso Dari Daging Sapi Yang Kenyal Dan Bebas Pengawet

Apakah para pembaca mengenal bakso? Jika ditanya demikian pasti jawabannya adalah kenal. Bahkan mungkin saja makanan ini jadi para pembaca yang budiman. Hidangan ini memiliki cita rasa yang enak. Selain hal tersebut, makanan yang satu ini juga termasuk kuliner yang memasyarakat. Maksudnya adalah harga makanan ini pas dikantong setiap orang Indonesia. Bagi anda yang hobi masak, membuat menu kuliner ini sendiri pasti menimbulkan keasyikan. Untuk dapat menciptakan menu yang memasyarakat ini dengan rasa yang lezat, maka anda perlu mengetahui cara membuat bakso daging sapi.


Hidangan bernama bakso termasuk sebuah makanan yang familiar bagi orang Indonesia. Menu yang satu ini terdiri atas bulatan-bulatan yang terbuat dari daging sapi yang nikmat. Jenis kuliner yang berasal dari daging sapi ini sangat diminati oleh setiap orang. Anda pun bisa membuat masakan yang enak ini di rumah sendiri. Berikut ini terdapat pembahasan mengenai cara membuat bakso dari daging sapi yang kenyal dan lezat.

Bahan-Bahan Dalam Pembuatan Bakso Daging Sapi

Biasanya, bakso sapi yang kenyal terdapat bahan pengawet didalamnya. Bahan tersebut sangat berbahaya bagi tubuh. Akan tetapi terdapat cara untuk membuat hidangan ini kenyal tanpa bahan . Agar anda mampu membuat sebuah bakso sapi yang kenyal tanpa bahan pengawet , terlebih dahulu persiapkanlah bahan yang diperlukan. Hal ini sangat utama dan penting. Berikut ini bahan-bahan yang harus disiapkan.

Baca: Resep Hidangan Bakso Urat Sederhana Yang Nikmat

Bahan Untuk Pentol Bakso

- Daging sapi 1 kg
- Tepung kanji atau tapioka 100 gram
- Lada bubuk sebanyak 1 sendok teh
- Garam secukupnya
- Bawang putih goreng 2 sendok makan
- Bawang merah goreng 4 sendok makan
- Es batu yang sudah dihancurkan secukupnya
- Air sesuai kebutuhan

Untuk bahan kuahnya
- Tulang iga sapi 400 gram
- Air secukupnya

Baca: Cara Buat Bakso Ayam, Resep Sederhana Dan Praktis

Bumbu kuah
- Bawah putih yang halus dan di goreng sebanyak 14 siung
- Bawang merah halus dan digoreng sebanyak 10 buah
- Garam dapur sesuai selera
- Merica
- Gula merah atau gula pasir
- Kaldu sapi instan secukupnya
- Bawang goreng 1 sendok makan
- Daun seledri iris tipis dan kecil secukupnya
- Daun bawang diiris tipis-tipis secukupnya

Langkah Membuat Bakso Daging Sapi

1. Iris kecil-kecil daging sapi tersebut. Masukkan daging sapi, tepung kanji, bawang merah, bawang putih, garam dan lada kedalam sebuah wadah. Uleni sampai semua bahan tercampur merata.

2. Setelah semua bahan tercampur, masukkan kedalam mesin penggiling. Haluskanlah bahan tadi dengan mesin penggiling. Jika tampak lembek, masukkan es batu kedalamnya sampai adonan kalis.

3. Setelah poin diatas selesai, taruhlah adonan kedalam sebuah wadah. Kemudian buat bulatan-bulatan darinya. Ukuran pentol bakso ini menyesuaikan pada keinginan anda.

4. Panaskan air di atas kompor dengan sebuah panci. Tunggulah sampai air mendidih. Masukkan bulatan-bulatan dari adonan tadi.

5. Tunggu sampai mengapung dan angkat serta dinginkan bulatan tersebut pada sebuah wadah.

6. Sambil menunggu dingin, panaskan air lagi dengan sebuah panci untuk membuat kuahnya. Masukkanlah semua bumbu dan bahan kuah tersebut. Masukkan iga sapi kedalamnya. Tunggu sampai iga sapi matang.

7. Telah semuanya siap, ambilah mangkok letakkan bakso didalamnya. Tambahkan kuah tadi. Bakso sapi pun siap untuk di santap. Bagi anda yang suka pedas biasa menambahkan sambal kedalamnya.

Demikian penjelasan tentang cara membuat bakso daging sapi yang kenyal dan bebas pengawet. Dengan mampu membuat sendiri, maka akan terhindar dari berbagai zat yang berbahaya dalam sebuah bakso. Oke, selamat mencoba ya!.

Menghasilkan: 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan: 1 jam
Lama masak: 2 jam

Baca: Resep Bakso Kuah, Cara Memasak Kuah Dan Bakso Yang Gurih Dan Lezat






0 komentar