Resep Bakso Daging Sapi Khas Wonogiri

Bagi penduduk Negara Kesatuan Republik Indonesia, bakso adalah sebuah makanan yang tidak asing lagi, hidangan yang satu ini memiliki tempat tersendiri di setiap hati masyarakat negara kepulauan tersebut. Bahkan masakan bakso ini disukai oleh semua kalangan masyarakat, baik kaya ataupun miskin. Selain itu harga hidangan yang pas dikantong juga turut menjadi andil populernya menu makanan yang ini. Dari sekian jenisnya, bakso daging sapi merupakan salah satu favorit orang Indonesia.


Bakso sapi ini terbuat dari bahan utama daging sapi. Menu makanan yang satu ini paling terkenal berasal dari Wonogiri. Maka banyak orang yang menyukai bakso sapi Wonogiri. Andapun pun bisa membuat menu hidangan tersebut di rumah. Berikut terdapat alasan tentang resep bakso sapi Wonogiri yang populer.

Baca: Resep Masakan Bakso Udang Spesial

Bahan-Bahan Pembuat Bakso Sapi Wonogiri

Sebelum memasuki langkah membuat bakso wonogiri yang nikmat,anda harus menyiapkan bahannya terlebih dahulu. Bahan tersebut antara lain sebagai berikut.
- Bahan Pentol Bakso Wonogiri
- 2 kg daging sapi
- 2 butir telur ayam
- 6 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- Penyedap rasa sesuai selera
- Air es
- Garam
- lada

Bahan Untuk Kuah
- Air secukupnya
- Tulang iga sapi
- 4 butir kemiri
- 8 siung bawang putih
- Kaldu sachet sesuai selera
- Lada

Bahan Pelengkap
- 300 gram mie kuning yang sudah direbus
- 200 garam mie bihun putih
- 200 gram tauge
- 10 batang sawi berwarna hijau yang sudah direbus dengan air panas
- Bawang merah yang sudah digoreng
- 8 batang seledri, iris kecil-kecil
- Garam dan penyedap rasa sesuai selera masing-masing

Baca: Resep Praktis Membuat Hidangan Bakso Sapi Yang Lezat

Langkah Membuat Bakso Sapi Wonogiri

Jika semua bahan yang diperlukan sudah tersedia, maka anda siap untuk membuat bakso Wonogiri. Dalam pembuatan jenis hidangan istimewa yang satu ini, anda harus memperhatikan dengan seksama langkah-langkah mengolahnya. Apalagi bagi yang masih pemula dalam membuat masakan ini. Dengan memperhatikan setiap tahapan, maka akan menghasilkan kuliner dari Wonogiri yang nikmat, berikut ini tahapan-tahapan pembuatan menu hidangan bakso asal Wonogiri tersebut.

1. Pertama-tama adalah mempersiapkan pentol baksonya. Iris kecil-kecil daging sapi tadi kemudian campurkan bahan-bahan pembuatan bakso lainnya, kecuali es dan tepung sagu. Kemudian giling daging tersebut dengan memakai alat penggilingan.

2. Setelah proses pada poin satu selesai,maka anda akan mendapatkan adonan bakso. Uleni adonan tersebut dengan ditambahkan sagu dan air es seperlunya saja. Lakukan dengan tangan sampai benar-benar kalis. Bentuklah bulatan-bulatan dengan bahan tersebut.

3. Saat membuat bulatan telah selesai, maka siapkanlah air dalam panci. Kemudian panaskan air tersebut diatas kompor sampai mendidih. Masukkan bakso yang telah berbentuk seperti bola tadi kedalam panci berisi air mendidih. Tunggu sampai mengapung, kemudian angkat dan dinginkan.

4. Langkah yang keempat adalah membuat kuah. Rebus air diatas kompor dengan panci. Tumislah bawang putih, bawang merah, kemiri, yang telah di haluskan. Setelah di tumis, masukkan kedalam panci berisi air yang direbus tadi. Kemudian tambahkan tulang iga dan tunggu sampai matang.

5. Setelah semuanya siap, ambil mangkok. Masukkan penyedap rasa dan garam kedalamnya. Setelah itu, tambahkan pentol bakso, mie, tauge, sawi hijau, dan bihun. Tuangkan kuah panas kemangkok tadi, tambahkan sedikit bawang goreng dan bakso daging sapi khas Wonogiri pun siap untuk di santap. Bagi anda yang suka sambal, saos, atau kecap bisa menambahkannya.

Menghasilkan: 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan: 1 jam
Lama masak: 2 jam

Baca: Membuat Bakso Istighfar Spesial Dari Daging Sapi

0 komentar