Resep Praktis Membuat Hidangan Bakso Sapi Yang Lezat

Resep masakan merupakan kata yang sering didengar. Menurut definisi, kata tersebut memiliki arti sebagai rincian atau petunjuk untuk membuat suatu hidangan yang nikmat. Sebuah resep masakan ini biasanya sebuah hal yang sangat disukai oleh kaum wanita, khususnya ibu-ibu rumah tangga. Dengan adanya petunjuk membuat sebuah menu makanan ini, maka akan sangat membantu untuk variasi menu harian. Salah satu cara membuat menu hidangan yang dapat dipraktekkan di rumah adalah resep membuat bakso sapi.


Bakso sapi merupakan sebuah makanan yang tidak asing lagi bagi penduduk Indonesia. Menu makan yang satu ini banyak dijual hampir di seluruh wilayah negara maritim ini. Hidangan yang terbuat dari daging sapi ini banyak digemari oleh orang-orang di negeri ini. Hal ini dikarenakan makanan yang berbentuk bulat-bulat tersebut memiliki cita rasa yang enak di lidah. Maka tidaklah mengherankan jika setiap warung penjual menu bakso selalu laris diserbu pengunjung. Akan tetapi bagi anda ingin berhemat, membuat bakso daging sapi sendiri adalah sebuah hal yang bisa menjadi solusinya. Agar dapat membuat bakso yang enak, maka anda harus mengetahui bahan dan proses pembuatannya.

Baca: Membuat Bakso Istighfar Spesial Dari Daging Sapi

Bahan Pembuat Bakso Sapi

Dalam membuat sebuah hidangan bakso sapi yang nikmat dan kenyal, maka anda harus menyiapkan berbagi bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan tersebut terdiri dari bahan bakso, kuahnya, dan bumbunya.
- Bahan Bakso:
- Daging sapi ½ kg
- Lada bubuk ½ sendok teh
- Tepung kanji 50 gram
- Bawah putih goreng 1 sendok makan
- Bawang merah goreng 1 sendok makan
- Es batu dihancukan 40 gram
- Air secukupnya

Bahan untuk kuah:
- Iga sapi 200 gram
- Air secukupnya

Bahan untuk bumbu bakso:
- Bawah merah yang sudah dibersihkan sebanyak 5 siung
- Bawah putih yang telah dibersihkan 7 siung
- Bawang gorengnya yang dihaluskan ½ sendok makan
- Gula pasir secukupnya
- Kaldu sapi instan 2 sendok teh
- Garam dapur sesuai selera
- Merica ½ sendok teh
- Daun bawang yang diambil hanya bagian putingnya saja sebanyak 4 batang

Baca: Cara Buat Kuah Bakso Sapi Gurih dan Lezat

Cara Membuat Pentol Bakso Sapi

Pentol bakso sapi adalah hal utama yang harus ada dalam hidangan menu bakso tersebut. Untuk membuat sebuah bulatan bakso yang nikmat, maka anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Masukkan daging sapi, lada, bawang merah, garam, tepung kanji dan bawang putih kedalam sebuah wadah yang besar. Uleni bahan-bahan di wadah tadi secara manual dengan menggunakan tangan. Kemudian giling bahan yang diuleni tadi.

2. Jika adonan lembek, tambahkan es batu. Hal ini bertujuan agar adonan mudah dibentuk.

3. Rebus air dalam sebuah wadah yang besar. Tunggu sampai mendidih. Setelah air mendidih, buat bulat-bulat adonan tadi dan masukkan kedalam air tersebut.

4. Tunggu sampai adonan mengapung diatas air. Kemudian ambil dan didinginkan pada sebuah wadah.

Cara Membuat Kuah Untuk Bakso Sapi

Jika pentol bakso telah siap, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuat kuah bakso. Berikut ini cara pembuatannya.

1. Langkah yang pertama adalah didihkan air pada panci yang besar, kemudian masukkanlah seluruh bahan dan bumbu tadi secara bersama-sama. Tunggulah untuk beberapa waktu sampai air dalam panci tadi mendidih lagi dan tulang iga terlihat matang.

2. Ambil mangkok dan letakkan bakso didalamnya. Kemudian tuangkan, dan jadilah hidangan bakso kenyal yang nikmat.

Demikian resep membuat bakso sapi yang kenyal. Dengan memiliki keahlian membuat hidangan yang terkenal ini,maka akan menghemat pengeluaran anda. Selamat mencoba ya.

Menghasilkan: 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan: 1 jam
Lama masak: 2 jam

Baca: Resep Membuat Pentol Bakso Daging Ayam Sederhana


0 komentar