Membuat Bakso Istighfar Spesial Dari Daging Sapi

Menu makanan bernama bakso termasuk jajanan yang banyak digemari oleh masyarakat. masakan yang berbentuk bulat seperti bola ini memiliki rasa yang nikmat. selain nikmat, bakso juga dijual dengan harga yang pas di kantong semua lapisan masyarakat. Dengan alasan di atas, maka tidak mengherankan jika jenis menu yang satu ini menjadi favorit bagi para penikmat jajanan pinggir jalan. Bahkan untuk sangat ini, telah terdapat sebuah bakso istighfar yang sangat fenomenal.


Nama bakso istighfar saat ini sedang naik daun. Pasalnya, menu makanan yang satu ini sangat unik. Hal ini dikarenakan bakso yang satu ini memiliki ukuran yang super besar. Bahkan karena saking besarnya, seorang manusia tidak akan mampu menghabiskannya. Mungkin, karena ukurannya yang jumbo maka disebut bakso istighfar. Bagi anda penggemar makanan berbentuk bulat ini, pasti penasaran bukan bagaimana membuat bakso super big dan lezat tersebut. berikut terdapat ulasan mengenai cara pembuatan bakso istighfar yang fenomenal.

Bahan Yang diperlukan Untuk Membuat hidangan Bakso Istighfar
Dalam ajaran islam, Istighfar merupakan sebuah kalimat yang diucapkan ketika manusia melakukan kesalahan. Akan tetapi, dalam menu kuliner, kata ini digunakan untuk menamai bakso yang berukuran sangat besar. Anda pun bisa mempraktekkan membuat menu yang satu ini di rumah masing-masing. Akan tetapi, persiapkan dulu segala bahan yang di perlukan.

Baca: Cara Buat Kuah Bakso Sapi Gurih dan Lezat

Bahan Bakso :
- 2 kg daging sapi
- 500 gram tepung sagu
- 6 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- Lada
- Garam
- Penyedap rasa seperlunya
- Air es

bahan Kuah bakso :
- 4 liter air
- Tulang sapi bagian iga yang dipotong kecil-kecil
- 3 butir kemiri
- Lada
- 6 siung bawang putih
- 8 siung bawang merah
- Kaldu sachet sesuai selera

bahan Pelengkap
- 150 gram mie bihun yang telah direbus dengan air panas
- 15 batang sawi hijau yang juga direbus
- 150 gram tauge
- Bawang goreng
- 6 batang seledri yang diiris tipis dan kecil
- Garam
- Penyedap rasa

Baca: Resep Membuat Pentol Bakso Daging Ayam Sederhana

Langkah-Langkah Membuat Masakan Bakso Istighfar

Jika semua bahan telah anda siapkan, proses berikutnya adalah memasak bahan-bahan tersebut. untuk dapat mengolahnya dengan baik, ikutilah jalan dari cara membuat hidangan bakso super jumbo berikut ini.

1. Potonglah daging sapi dengan ukuran kecil-kecil lalu di giling, lalu masukkan tepung sagu beserta air es secukupnya. Gilinglah sampai semua bahan tercampur.

2. Tambahkan pula dalam gilingan daging tersebut berupa bawang merah dan bawang putih yang lebih dahulu dihaluskan.

3. Kemudian disusul dengan lada, garam dan penyedap rasa. Giling terus sampai tercampu dan kalis.

4. Setelah kalis, buatlah bulatan bakso jumbo dari adonan tersebut. setelah bulatan selesai, masaklah air pada panci besar sampai mendidih dan masukkan bulatan tadi kedalamnya.

5. Tunggu sampai mengapung, kemudian angkat dan dinginkan pada sebuah wadah.

6. Untuk membuat kuahnya, panaskan air sebanyak 4 liter pada panci besar sampai mendidih. Masukkan bawang putih, bawang merah serta kemiri yang dihaluskan dan telah di tumis. Tambahkan tulang iga dan tunggu sampai matang.

7. Saat kuah sudah matang, siapkan mangkok. Taruh bakso tadi dalam mangkok dan tambahkan kuah kedalamnya. Taburkan bawang goreng. Dan bakso istighfar siap untuk disantap.

Demikianlah tata cara urutan membuat menu masakan bakso istighfar dari daging sapi. Dengan adanya resep ini, maka para pembaca dapat mempraktekkannya di rumah masing-masing. Selamat mencoba!

Menghasilkan: 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan: 1 jam
Lama masak: 2 jam

Baca: Cara Membuat Bakso Unik Ikan Tongkol



0 komentar