Resep Bakso Ikan Tenggiri Nikmat Dan Menggoda

Sajian bakso memang memiliki banyak variasi tergantung dari bahan yang digunakan. Sebagaimana kita tahu, bakso adalah salah satu sajian yang sangat digemari di masyarakat dan tentu saja dengan banyaknya variasi ini masyarakat akan semakin menyukai sajian ini. Salah satu sajian yang digemari oleh masyarakat adalah bakso ikan tenggiri.


Seperti namanya, bakso ini menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utama, selain daging sapi dan ayam. Nah, bagi anda yang penasaran dengan variasi menu bakso yang satu ini, kita akan berbagai resep bakso yang menarik bagi anda untuk dicoba di rumah. Lihat resep selengkapnya di bawah ini.

Baca: Resep Bakso Kotak Dengan Daging Sapi

Bahan bakso yang dibutuhkan

Untuk membuat bakso dari daging ikan tenggiri yang nikmat dan menggoda, ada beberapa bahan yang harus disiapkan. Bahan-bahan yang cukup mudah untuk didapatkan tersebut adalah sebagai berikut:
- 25 gr tepung sagu
- 30 ml air es
- 50 gr tepung kanji
- 250 gr daging ikan tenggiri yang dihaluskan
- ½ sdt merica
- 1 sdt garam
- 2 siung bawang putih

Cara pembuatan bakso ikan tenggiri
Setelah semua bahan tersebut siap, langkah selanjutnya adalah pembuatan bakso tersebut. Cara pembuatan bakso ini sebenarnya juga cukup sederhana dan juga mudah untuk dilakukan. Nah, cara pembuatan bakso tersebut adalah sebagai berikut:

1. Siapkan daging ikan tenggiri ke dalam wadah yang cukup besar. Daging yang sudah dihaluskan tidak perlu digiling lagi

2. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya (merica, garam dan bawang putih) dalam adonan daging tersebut

3. Setelah itu, masukkan tepung ke dalam adonan sambil diaduk perlahan dan diuleni hingga kalis

4. Jika adonan sudah kalis, maka bakso sudah siap untuk dicetak. Nah, buatlah bulatan bakso dengan menggunakan sendok sebagai bantuan.

5. Masukkan bulatan bakso dalam air hangat. Lakukan hingga adonan hingga habis

6. Rebus bakso hingga mendidih hingga matang lalu tiriskan

Baca: Resep Membuat Bakso Daging Sapi Yang Mantap

Membuat kuah bakso

Nah, langkah pertama untuk membuat bakso sudah selesai. Setelah bakso sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah membuat kuah bakso tersebut. Pembuatan kuah ini juga cenderung mudah untuk dilakukan di rumah. Untuk pembuatan kuah bakso, ada beberapa bahan yang dibutuhkan seperti:
- 3 siung bawang putih
- 1 sdt merica bubuk
- 1 ½ sdt garam
- 2 sdm minyak goreng
- Daun seledri diiris halus
- 3 sdm bawang goreng
- 1500 ml kaldu sapi

Cara membuat kuah bakso
Setelah bahan kuah siap, langkah selanjutnya adalah pembuatan. Nah, untuk membuat kuah bakso ini, ada beberapa langkah yang secara mudah dilakukan, seperti:

1. Tuang kaldu sapi dalam panci yang cukup besar

2. Siapkan wajan dan beri sedikit minyak goreng lalu tumis bumbu halus

3. Setelah itu, tambahkan bumbu yang sudah ditumis tersebut ke dalam panci berisi kaldu

4. Tambahkan seledri lalu didihkan kaldu dengan api sedang

5. Setelah mendidih, angkat dan kuah siap digunakan

Dua buah resep tersebut akan membantu anda mendapatkan bakso ikan tenggiri istimewa yang anda idamkan. Tentu, dengan membuat bakso sendiri di rumah, anda akan lebih bisa menikmati sajian bakso dengan keluarga di rumah.

Nah, untuk penyajian sendiri, ada beberapa pelengkap yang bisa anda tambahkan. Beberapa pelengkap yang bisa ditambahkan seperti mie rebus, bihun, tahu, dan bawang goreng. Dengan sajian ini, tentu saja sajian bakso ikan tenggiri dapat menjadi menu yang istimewa di rumah anda. Selain itu, cara pembuatannya yang mudah juga dapat menjadi pertimbangan untuk membuatnya. Nah, segera buat resep ini sebagai sajian di akhir pekan. Selamat mencoba.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Membuat Kuah Bakso Berbagai Jenis

0 komentar