Resep Bakso Kotak Dengan Daging Sapi

Bakso memang menjadi salah satu sajian yang sangat digemari oleh masyarakat sekitar. Di berbagai ruas jalan terdapat warung bakso yang menyuguhkan beragam jenis bakso yang menggugah selera. Tentu saja, sajian ini akan membuat anda menjadi leluasa saat hendak memilih bakso yang anda sukai. Namun, pernahkah anda mendengar bakso kotak? Seiring dengan banyaknya warung bakso yang muncul, inovasi bakso mulai dimunculkan, salah satunya adalah bakso dengan bentuk kotak ini.


Mungkin anda akan penasaran dengan sajian yang satu ini. Tentu, hal ini karena bakso biasanya berbentuk bulat. Nah, jika di kota anda belum ada yang menjual bakso dengan bentuk kotak, anda bisa berinisiatif untuk membuatnya sendiri. Berikut kita akan berbagi resep untuk membuatnya, khusus untuk anda. Simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Baca: Resep Membuat Bakso Daging Sapi Yang Mantap

Bahan bakso kotak daging sapi

Untuk membuat bakso ini dengan bahan daging sapi, ada beberapa bahan yang harus anda siapkan sebelumnya. Dalam hal ini, tentu saja, bahan yang dibutuhkan termasuk mudah didapatkan di sekitar anda. Nah, adapun beberapa bahan yang dibutuhkan adalah:
- 250 gr daging sapi segar
- 100 gr es batu
- 50 gr tepung kanji
- 5 gr garam
- 2 siung bawang putih
- 2 sdt merica bubuk

Cara pembuatan bakso
Setelah semua bahan yang dibutuhkan siap, maka langkah selanjutnya adalah cara pembuatan. Cara pembuatan bakso kotak sapi ini juga cenderung mudah dan sederhana. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

1. Potong kecil-kecil daging sapi segar lalu sisihkan

2. Campur daging sapi dengan es batu (lebih baik air es) lalu giling hingga lembut

3. Setelah itu, masukkan adonan daging dalam wadah dan campur adonan dengan tepung kanji dan garam. Uleni adonan hingga tercampur dengan rata dan kalis

4. Tuang adonan dalam loyang yang disediakan kemudian ratakan

5. Kukus adonan sekitar 30 menit hingga matang lalu angkat

6. Potong bakso dengan bentuk kotak-kotak

Baca: Resep Membuat Kuah Bakso Berbagai Jenis

Membuat kuah bakso

Setelah bakso selesai, hal lain yang perlu dibuat adalah kuah bakso. Kuah yang segar adalah senjata utama dari bakso yang hendak anda sajikan. Untuk membuat kuah bakso, anda bisa mencoba resep di bawah ini.

Bahan dan bumbu kuah bakso
Beberapa bahan dan juga bumbu yang diperlukan untuk membuat kuah bakso adalah sebagai berikut:
- 750 ml kaldu sapi
- 4 siung bawang putih, cincang
- ½ sdt merica bubuk
- Penyedap rasa secukupnya
- Garam secukupnya

Cara pembuatan
Untuk membuat kuah bakso tersebut, anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah. Langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:
1. Masukkan kaldu sapi dalam panci berukuran cukup besar

2. Masukkan semua bumbu ke dalamnya dan panaskan dengan api sedang

3. Tunggu hingga mendidih lalu sajikan

4. Anda juga bisa merebus bakso bersamaan dengan kuah

Nah, kini kita sudah mengerti salah satu resep sederhana yang bisa membantu kita membuat bakso unik berbentuk kotak dengan bahan daging sapi. Meskipun bahan dan cara pembuatannya cukup sederhana, sajian ini dapat menjadi menu alternative keluarga terutama saat musim hujan atau malam yang dingin.

Untuk penyajiannya, ada beberapa bahan pelengkap yang bisa anda tambahkan guna menciptakan rasa bakso yang khas. Beberapa bahan pelengkap yang bisa ditambahkan adalah mie rebus secukupnya, tahu, daun bawang, dan juga bawang goreng. Tambahkan pula kecap, saos dan sambel untuk membuat cita rasa bakso kotak semakin istimewa. Selamat mencoba.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Bakso Daging Sapi Khas Wonogiri

0 komentar