Cara Membuat Bakso Rudal Enak dan Gurih

Siapa yang tidak tau dengan kuliner yang satu ini? Bakso merupakan kuliner yang sangat familiar dan dikenal oleh semua kalangan masyarakat hampir di seluruh bagian di Indonesia. Bakso ini sangat mudah untuk kita jumpai, mulai dari penjual keliling ataupun kios bakso yang ada di ruko-ruko. Kuliner yang satu ini kini telah berkembang sangat pesat, mengingat banyaknya penggemar bakso sehingga penyebarannya pun sudah sangat banyak dan juga bermunculan beragam jenis bakso. Diantaranya adalah bakso urat, bakso tenis, bakso jumbo, bakso beranak, bakso ikan, bakso rudal dan masih banyak lagi.


Kenikmatan dari bakso ini terletak pada kuah baksonya, namun walaupun begitu pentol baksonya pun juga ikut berperan membuat cita rasa dari kuliner ini sempurna. Kuah bakso ini terkenal dengan rasanya yang gurih, segar dan juga lezat ketika kita santap. Apalagi jika menyantap bakso ini pada cuaca dingin atau hujan. Tentu lebih nikmat rasanya. Bakso rudal merupakan salah satu bakso yang kini banyak digemari karena rasanya yang menggoda dan menggugah selera. Ciri khas bakso rudal ini adalah bagian tengah baksonya terdapat daging sapi cincang. Namun sebenarnya bahan-bahan serta bentuk dari bakso ini tidak jauh berbeda dengan bakso-bakso lainnya. Untuk anda yang penasaran dengan bakso yang satu ini, anda dapat mencoba membuatnya sendiri dengan resep yang akan saya uraikan berikut ini.

Baca: Resep Bakso Malang Karapitan, Resep Bakso Pilihan

Bahan-bahan membuat bakso rudal

- 200gr daging sapi cincang (untuk isi)
- 250gr daging sapi cincang
- 1 siung bawang putih yang dihaluskan
- 100gr tepung kanji
- 1 sdt garam
- 4 sdm es batu yang diserut
- ½ sdt penyedap rasa
- ½ merica bubuk
-1 liter air untuk merebus
- ½ sdt pala

Bahan-bahan kuah bakso rudal
- 2 lembar daun caisim dipotong miring
- 1 liter kaldu sapi
- ½ sdt
- ¼ sdt
- ½ sdt penyedap rasa
- ½ sdm minyak ayam

Baca: Resep Praktis Cara Membuat Bakso Akiaw


Cara membuat bakso rudal

1. Pertama-tama campurkan semua bahan yaitu daging sapi, bawang putih yang sudah dihaluskan, tepung kanji, garam, es batu serut, penyedap rasa, merica bubuk dan juga pala kemudian dihaluskan bisa dengan blender. Setelah halus dan tercampur, cetak adonan hingga membentuk bulatan-bulatan bola dengan ukuran bola tenis atau bisa juga sesuai selera anda. kemudian isi bagian tengahnya dengan daging cincang. Lakukan hal ini sampai adonan habis.


2. Setelah itu siapkan air rebus yang sudah mendidih, kemudian masukkan bulatan-bulatan bakso tadi ke dalam rebusan air. Tunggu hingga baksonya mengapung, baru kemudian diangkat dan tiriskan.

3. Langkah selanjutnya, untuk membuat kuah bakso pertama-tama panaskan dulu kaldu sapi hingga mendidih. Setelah itu masukkan bakso yang telah dimasak tadi ke dalam kaldu sapi dan beri daun caisin hingga daunnya layu.

4. Kemudian siapkan mangkuk dan masukkan daun caisin, kuah kaldu, garam, merica, penyedap rasa, minyak ayam dan bakso. Dan kini bakso isi daging cincang ini siap untuk disajikan.

Tidak sulit bukan? hampir sama dengan proses membuat bakso-bakso pada umumnya. Hanya saja ada sedikit bahan-bahan yang beda yang digunakan pada pembuatan bakso rudal ini. Bakso isi daging cincang ini sangat pas untuk anda nikmati bersama keluarga tercinta anda dirumah. Anda bisa menjadikan resep diatas sebagai referensi untuk menyajikan hidangan yang nikmat. Apalagi kuah dari bakso ini rasanya sangat gurih dan juga nikmat. Waktu masaknya pun tidak terlalu lama, namun anda perlu meluangkan waktu untuk membuat baksonya lebih dulu. Selamat mencoba dan semoga anda menyukainya.

Porsi bakso: 10-15 pentol bakso (tergantung ukuran bakso yang anda buat)
Porsi kuah: 5 mangkok
Persiapan: 45 menit
Lama memasak: 1 jam

Baca: Resep Membuat Camilan Lezat Bakso Tahu

0 komentar