Cara buat Bakso Ikan Yang Mudah dan Nikmat

Bakso adalah makanan favorit yang disukai oleh banyak orang. Bakso ini pun memiliki beragam macam, diantaranya adalah bakso ayam, bakso sapi, bakso udang dan juga bakso ikan. Anda mungkin cukup familiar dengan bakso sapi yang biasanya memang dijual dimana-mana. Kebanyakan penjual bakso menggunakan daging sapi sebagai bahan utama dalam pembuatan baksonya. Namun bukan berarti bakso yang lain tidak memiliki cita rasa yang nikmat lho. Karena bakso udang atau ikan pun tidak kalah nikmat. Bakso ikan pun kini sudah banyak beredar di pasaran kuliner dan cukup menjadi favorit juga. Bagaimana cara buat bakso ikan ini ya?


Bakso dari ikan ini menggunakan ikan sebagai bahan utama dalam pembuatannya. Ikan yang digunakan pun ada tuna, tenggiri atau pun kakap. Untuk bahan utama ikan ini juga bisa anda ganti dengan ikan yang sesuai dengan selera anda, jika anda membuatnya sendiri. Kita tahu bahwa membeli makanan diluar terkadang kurang sehat. Apalagi jika kenikmatan dari bakso itu ternyata menggunakan bahan pengawet yang berlebihan. Jadi akan lebih baik jika anda membuat bakso ini sendiri. Selain akan lebih sehat, anda pun bisa membuat bakso yang sesuai dengan keinginan dan lidah anda. Cara buat bakso dari ikan ini tidak jauh beda dengan cara membuat bakso pada umumnya.Berikut ini langkah-langkah untuk membuat bakso ikan dengan mudah dan tentu saja nikmat.

Baca: Cara Membuat Bakso Rudal Enak dan Gurih

Bahan-bahan untuk cara buat bakso ikan :

- 1 butir telur ayam, diambil putihnya saja
- 300gr fillet daging ikan (jenis ikan bisa menyesuaikan selera)
- ½ sdt kaldu instan ayam
- 100cc air es
- ½ sdt garam
- 1 batang daun bawang, diiris halus

Bahan untuk kuah bakso:
- ¼ sdt merica bubuk
- 1 sdm garam
- 1 ½ liter air
- 1 batang daun seledri

Bahan pelengkap bakso ikan:
- Bawang putih goreng
- Sambal

Baca: Resep Bakso Malang Karapitan, Resep Bakso Pilihan

Cara buat bakso ikan

1. Pertama-tama, giling ikan hingga halus kemudian campurkan putih telur dan juga kaldu instan ayam.

2. Setelah itu tuangkan air es perlahan-lahan ke dalam adonan dan aduk hingga merata. Anda juga dapat menggunakan mixer untuk mencampur adonan agar rata.

3. Kemudian tambahkan tepung kanji ke dalam adonan dan juga daun bawang. Lalu diaduk lagi hingga tercampur dan kalis.

4. Jika sudah kalis, anda bisa mulai membuat bulatan-bulatan seperti bola dengan ukuran sesuai keinginan anda. Jika agak kesulitan membentuk bulatan bola yang sempurna, anda bisa menggunakan dua sendok makan untuk membuat bentuk yang sempurna. Jika sudah, masukkan pada air es.

5. Setelah itu rebus lebih dulu air hingga mendidih. Baru kemudian adonan bakso yang sudah jadi dan direndam di air es bisa anda masukan pada air rebusan. Tunggu sampai adonan bakso mengapung, lalu angkat dan tiriskan.

Cara buat kuat bakso ikan dan penyajiannya
1. Langkah pertama rebus air kaldu dengan garam, merica, dan juga daun seledri hingga mendidih.

2. Setelah itu siapkan mangkuk. Lalu masukkan bakso yang sudah jadi dan siramkan kuah bakso tersebut ke dalam mangkuk. Anda bisa menaburkan bawang goreng jika anda suka dan juga sambal.

3. Bakso ikan kini sudah siap dihidangkan.

Jika anda tidak suka bawang goreng ataupun sambal, anda bisa menghilangkan kedua bahan tersebut. Ikan yang digunakan untuk membuat pun bisa anda ganti-ganti dengan ikan kesukaan anda dan keluarga. Cara buat bakso ikan ini tidak repot bukan? jadi, anda bisa mencoba mempraktekannya dirumah sendiri. Selain itu anda juga bisa mendapatkan cita rasa yang diinginkan. Bakso ikan yang anda buat pun akan lebih higienis dan sehat bagi keluarga anda.

Porsi bakso: 40-50 pentol bakso (tergantung ukuran yang anda buat)
Porsi kuah: 5-8 mangkok
Persiapan: 45 menit
Lama memasak: 1 jam

Baca: Resep Praktis Cara Membuat Bakso Akiaw

0 komentar