Macam-Macam Resep Kuah Bakso yang Enak Dan Segar

Bakso tanpa kuah tentunya akan kurang. Makan bakso tanpa kuah tidak akan membuat makanan khas indonesia ini, enak untuk di konsumsi. Setiap jenis bakso memiliki kuah yang berbeda-beda. ada kuah bakso ikan, kuah bakso ayam, kuah bakso sapi, bakso malang dan masih banyak lainnya. bahkan banyak orang yang suka mengkonsumsi kuahnya saja, untuk dicampur dengan lauk makanan lainnya. membuat resep kuah bakso memang sangat mudah, tapi sayangnya masih banyak orang yang gagal membuatnya, ada yang rasanya tidak enak. Oleh karena itu kita akan membahas semua resep membuat kuah bakso dibawah ini.
Resep Kuah Bakso Sapi


Baca: Resep Bakso Daging Sapi Yang Kenyal Dan Enak

Bahan Kuah Bakso Sapi

- 2 liter air
- 400 gram tulang sapi
Bumbu Kuah Bakso Sapi
- 3 batang daun bawang
- ½ sendok teh lada bubuk
- 3 siung bawang putih digoreng, haluskan
- 2 siung bawang merah digoreng, haluskan
- 2 sendok teh gula pasir
- 2 sendok teh kaldu sapi instan
Cara Membuat Kuah Bakso Daging Sapi
1. Didihkan air sampai mendidih, lalu masukan bumbu yang dihaluskan dan tulang sapi, biarkan sampai matang. Tambahkan garam, gula, lada bubuk dan cicipi sampai menurut anda sudah pas.

Resep Kuah Bakso Ayam

Bahan Kuah Bakso Ayam
- 1 liter air bersih
- 1 kg tulang ayam
- ½ sendok makan kaldu ayam
- ½ sendok teh pala bubuk
- 1 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok makan garam
- 4 siung bawang merah haluskan
- 5 siung bawang putih haluskan
- 1 sendok makan margarin

Baca: Cara Membuat Bakso Yang Kenyal Dan Super Endess

Cara Membuat Kuah Bakso Ayam

Masukan margarin ke dalam wajan untuk menumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Biarkan sampai harum. Lalu didihkan air sampai mendidih. Masukan tumisan bumbu ke dalam air yang sudah dididihkan. Jangan lupa untuk memasukkan tulang ayam. Tambahkan garam, gula pasir, pala bubuk dan kaldu ayam. Biarkan sampai matang.

Masih banyak jenis kuah bakso lainnya yang bisa anda coba. Bisa kuah bening, kuah bakso malang dan lainnya. sebenarnya secara umum kuah bakso itu sama semua. Tinggal mau dimasukkan tulang daging sapi atau tulang daging ayam, sebagai pembuat kaldunya. Untuk kuah bening, biasanya memakai kaldu bubuk instan. Jadi tinggal memasukkan ke dalam air didihan saja. tak perlu memakai tulang dari daging sapi atau daging ayam asli,.

Untuk bumbunya juga sama, tinggal masukan bawang merah, bawang putih, garam, lada bubuk dan gula. Anda juga bisa menambahkan penyedap rasa jika suka. Supaya rasa kuah semakin enak, tambahkan irisan daun bawang. Ambil bagian putihnya saja. untuk bagian daun yang berwarna hijau tak perlu terlalu banyak ditambahkan. Ini akan membuat rasa kuah semakin enak. Pada saat mendidihkan kuahnya, juga harus tepat , sehingga resep kuah baksonya semakin terasa. Demikian informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda. selamat mencoba.

Menghasilkan : 1 panci
Porsi : 20 orang
Lama persiapan : 30 menit
Waktu masak : 1 jam
Tipe resep : kuah bakso

Baca: Resep Bakso Tahu Ikan Goreng Dan Sambal Kecap

0 komentar