Bakso Iga Yang Lezat Dan Menggugah Selera Untuk Porsi Besar

Bakso adalah makanan yang sudah sangat populer di indonesia. Anda tentu sudah sangat kenal dengan makanan yang satu ini apalagi jika anda adalah salah satu penggemarnya. Bakso dapat di temukan dengan mudah di berbagai tempat bahkan hampir di setiap sudut kota, bakso banyak dijual. Salah satu jenis bakso yang banyak digemari karena memiliki cita rasa yang sangat istimewa adalah bakso iga. Bakso ini memiliki aroma dan juga rasa daging sapi yang sangat kuat. Selain itu, teksturya juga lebih istimewa dibandingkan dengan bakso biasanya. Anda yang senang dengan bakso ini dapat mencoba untuk membuat kuahnya sendiri di rumah. Berikut ini adalah resep untuk membuat bakso dari iga.


Sebelum membuat kuah bakso iga ini, anda harus mempersiapkan bahan bahan yang di perlukan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan untuk membuat kuah bakso. Akan lebih praktis jika anda membeli bakso yang sudah jadi saja agar tidak merasa kerepotan membuatnya. Selain lebih praktis, anda juga dapat menyajikan bakso untuk dua puluh porsi. Anda hanya perlu untuk menyesuaikan jumlah kuah dengan jumlah bakso yang anda beli.

Baca: Bakso Super Jumbo Spesial Dan Mantap

Bahan membuat kuah bakso lezat:

- 2kg tulang iga sapi
- Empat buah tomat, belah kecil-kecil
- Empat batang daun bawang
- Delapan sendok makan minyak sayur, untuk menumis
- Delapan liter air bersih

Bumbu kuah bakso :
- 20 siung bawang merah yang sudah di goreng
- Biji merica 4 sendok teh
- 15 siung bawang putih, yang sudah di goreng
- Kemiri 10 butir
- Garam 4 sendok makan
- Kaldu sapi bubuk 1 sendok teh

Baca: Resep Bakso Udang Kuah Nikmat Dan Mengundang Selera

Cara untuk membuat kuah:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merebus tulang iga sapi. Rebus hingga daging benar benar empuk.

2. Selanjutnya anda dapat mengangkat bagian tulang iga, dan kemudian lepaskan dagingnya, dari tulang lalu dipotong kecil-kecil.

3. Setelah itu anda dapat memasukkan kembali daging ke dalam air kaldu yang tadi sudah di gunakan untuk merebus tulang iga dan daging.
4. Apabila sudah memasukkan kembali ke kaldu, anda harus menyiapkan bumbunya. Haluskan semua bahan bumbu yang telah di sebutkan di resep diatas kemudian ditumisu hingga benar benar matang dan harum.

5. Langkah yang selanjutnya anda dapat memasukkan bumbu yang telah di buat ke dalam air kaldu tadi, dan jangan lupa harus diaduk rata.

6. Selanjutnya anda hanya perlu untuk memasak kembali air kaldu hingga air kaldu mendidih dan tercium aroma yang lezat.

7. Untuk berikutnya, anda harus memotong daun bawang dan kemudian di potong tomat. Masukkan daun bawang dan juga tomat lalu masak hingga terlihat layu.

8. Setelah semuanya selesai dilakukan berarti kuah sudah siap digunakan untuk menjadi kuah bakso iga.

9. Anda dapat memasukkan bakso iga ke dalam kuah sehingga nanti dapat mengembang dan matang dengan sempurna.

10. Langkah yang terakhir supaya masakan semakin menggugah selera, anda dapat menaburkan bawang merah dan bawang putih goreng di atas kuah.

11. Kuah dan bakso sudah siap untuk disajikan.

Setelah anda membaca bakso iga, anda dapat mencoba untuk mempraktekannya sendiri di rumah. Masakan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu di hari yang istimewa karena merupakan porsi yang cukup besar. Apabila anda ingin mengkreasikan menu ini, anda dapat menambahkan sosis atau bahan lain seperti sayuran agar nantinya bakso akan semakin menggugah selera. Anda dapat menjadikan kuah ini sebagai kuah untuk lebih dari 20 porsi.

Porsi: 20 Orang
Persiapan: 30 menit
Waktu: 1 jam

Baca: Beberapa Olahan Bakso Dijamin Bikin Kamu Ketagihan

0 komentar