Beberapa Olahan Bakso Dijamin Bikin Kamu Ketagihan

Olahan bakso merupakan satu di antara beberapa bahan lain yang bisa diaplikasikan ke berbagai masakan. Selain karena rasanya yang kuat, baso kaya akan protein. Protein sangat bagus bagi tubuh, bisa sebagai pembangun sel-sel baru dan dapat memperkuat daya tahan tubuh. Makanan berbentuk bulat masif ini banyak disukai masyarakat karena rasanya enak serta bisa diolah ke beberapa jenis masakan.


Resep yang akan saya bagikan ini adalah cara praktis dan mudah untuk ditiru di rumah. Pastikan anda menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahannya mudah didapat di warung serta tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Bahan ini sudah termasuk protein maupun vitamin diperlukan bagi tubuh, contohnya selederi dan kandungan yang ada dalam bakso. Berikut bahan plus takaran, juga langkah membuat untuk kedua resep makanan yang akan dishare.

Baca: Cara Bikin Kuah Bakso Mudah Dan Lezat

Resep Baso Bakar Mantap dan Maknyus

Siapkan beberapa bumbu halus berikut:
- Bawang putih kurang lebih 10 siung, dihaluskan
- Ketumbar bubuk 3 sdm
- Merica bubuk 1 sendok makan atau sesuai selera
- Kemiri 8 biji
- Garam secukupnya
- Kecap manis sesuai selera

JIka sudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Bahan utamanya adalah bakso, jadi siapkan baso. Kalau bisa langsung banyak agar bisa disantap beberapa orang dan bumbunya ngga mubazir.

2. Siapkan semua bumbu yang sudah dihaluskan bersamaan (sisakan sedikit untuk olesan saat dipanggang). Tumis dalam minyak goreng panas sampai tercium aroma harumnya.

3. Masukkan bakso, lalu ditumis bersama bumbu.

4. Tambahkan sedikit air.

5. Beri garam serta kecap secukupnya.

6. Masak sampai airnya saat atau menguap. Saat air mulai menguap, bumbunya pun juga meresap.

7. Jika sudah, tusuk bakso seperti sate. Satu tusuk sekitar 4 bakso.

8. Bakar di atas pemanggang / Teflon / grill sambil dibalik balik dan diolesi dengan bumbu sisa tadi.

9. Bakso bakar siap disajikan.

Baca: Resep Sayur Sop Bakso Sederhana Enak Dan Mantap

Bakso Sambal Goreng Istimewa

Rakyat Indonesia cenderung menyukai hidangan pedas. Menu ini sangat cocok untuk lidah orang yang hidup di iklim tropis. Resep nikmat berikut dijamin buat kalian ketagihan. Cara buatnya gampang begitu pula bahannya mudah didapat. Sebelum memulai, siapkan terlebih dahulu bahannya. Anda bisa menambahkan beberapa bahan pelengkap lain contohnya seledri sebagai taburan.

Siapkan bahan-bahan berikut:
- Bakso 20 buah
- Cabe merah 15 biji
- Bawang merah kurang lebih 14 siung
- Bawang putih 6 siung
- Tomat ukuran sedang 2 buah
- Garam secukupnya
- Gula sesuai selera
- Penyedap rasa (optional)

Cara membuat:
1. Bakso dipotong potong, lalu goreng dalam minyak panas dan tiriskan.

2. Haluskan bumbu diatas.

3. Tumis sampai beraroma harum.

4. Masukan bakso bersama bumbu.

5. Siap disajikan.

Mudah bukan cara membuat olahan bakso? Disantap dalam keadaan hangat, terutama saat cuaca dingin maupun hujan akan lebih nikmat. Kandungan protein ataupun vitamin pada bakso sangat diperlukan sebagai asupan gizi bagi tubuh, khususnya d pagi hari agar bisa beraktivitas sebaik mungkin. Kandungan protein pada bakso bisa membangun sel-sel tubuh serta sangat baik bagi pertumbuhan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat makanan nikmat di pagi maupun siang hari. Caranya praktis dilakukan, bahannya ada di sekitar kita, rasanya pun mantap. Selamat mencoba dua resep olahan bakso di atas!

Baca: Resep Bakso Mercon Terenak di Indonesia




0 komentar