Bakso Jamur Praktis Porsi Besar

Bakso dengan campuran jamur yang satu ini memang dibuat untuk memenuhi hasrat para wanita yang sedang melakukan diet ketat. Bakso jamur ini adalah makanan yang paling tepat untuk para wanita yang sedang diet karena memang jamur ini tidak membuat gemuk. Khusus untuk vegetarian yang mencari alternatif sebagai bahan pengganti daging sapi maka bisa menggunakan jamur. Jamur merupakan salah satu pengganti yang sangat tepat, karena selain enak, banyak orang juga menyukainya. Untuk kalian vegetarian dan masih ingin menikmati lezatnya bakso maka bisa dicoba resepnya berikut ini.


Baca: Resep Sop Bakso Yang Mudah Dibuat

Bahan-bahan untuk membuat bakso jamur:

- ½ kg kaki jamur, blender dan peras airnya
- 3 sendok teh mentega
- 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
- 3 butir telur putih
- 1 kg Sagu atau tepung beras
- 1 sendok teh garam
- ¼ sendok teh lada
- Minyak barbeque

Cara membuat bakso:

1. Pertama-tama, didihkan air untuk merendam jamur selama kurang lebih 5 menit untuk melunakkan dan mematikan bakteri yang terkandung di dalamnya.

2. Setelah itu potong menjadi beberapa bagian kecil.

3. Langkah selanjutnya yaitu blender terlebih dahulu kaki jamur yang sudah diperas airnya. Kemudian masukkan telur dan diaduk sampai merata.

4. Lalu memasukkan mentega sedikit kedalam adonan dan juga garam, lada dan juga minyak barbeque. Aduk sampai merata adonan tersebut. Sebelum kelangkah selanjutnya akan lebih baik untuk mencicipinya terlebih dahulu agar bisa mengetahui apakah rasa yang diinginkan sesuai atau tidak.

5. Kemudian masukkan sagu secukupnya (1 kg kaki jamur, kira 2 ons sagu)

6. Bila adonan sudah kalis atau menyatu maka buatlah bentuk bulat-bulat dari tangan seperti bikin bola pingpong.

7. Setelah itu bakso ditim selama kira-kira 15 menit sampai berubah warnanya.

Baca: Cara Membuat Bakso Urat

Cara membuat kuah bakso :
Untuk membuat kuah bakso maka bisa memasukkan merica, 2 siung bawang putih digoreng, kembang kol. Bahan tersebut dihaluskan sampai benar-benar halus. Setelah itu didihkan air panas dan masukkan semua bumbu yang sudah disediakan. Untuk penyajiannya bisa dilakukan secara terpisah antara kuah dengan baksonya atau juga bisa menyajikannya dengan cara dicampur. Penyajian ini tergantung dari selera Anda.

Nah itulah cara membuat bakso jamur yang praktis dengan porsi yang besar yaitu sekitar 20 porsi. Persiapan yang bisa dilakukan yaitu sekitar satu jam dengan proses memasaknya sekitar 2 jam. Apabila Anda tertarik untuk membuat makanan yang berbeda dari yang lain untuk keluarga, maka resep ini bisa dijadikan salah satu referensi terbaik untuk Anda. Resep ini akan menambah warna baru untuk kuliner keluarga Anda. Semakin banyak resep yang Anda coba maka anda bisa semakin banyak waktu untuk makan bersama keluarga Anda dirumah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan semoga berhasil.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 30 menit
Lama masak : 1 jam

Baca: Resep Bakso Daging Yang Enak Dan Nikmat


0 komentar