Resep Bakso Daging Yang Enak Dan Nikmat

Bakso merupakan salah satu jajanan favorit yang digemari masyarakat. Beberapa orang bahkan sudah memiliki langganan baksonya sendiri. Mereka cocok dan menjadi langganan karena rasa baksonya sangat nikmat. Selain membeli bakso di tempat langganan, beberapa orang juga memutuskan untuk membuat bakso kreasi mereka sendiri, alasannya supaya lebih aman. Karena tidak jarang ada beberapa penjual bakso yang tidak jujur menggunakan bahan berbahaya dan daging yang dilarang untuk digunakan. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas mengenai resep bakso daging yang dijamin bisa menggoyang lidah anda sekeluarga.

Saat ini, sudah banyak jenis bakso yang bisa anda temukan. Dari bakso daging sapi, bakso daging ayam, bakso keju, bakso tahu, bakso urat, bakso ikan, bakso telur, bakso malang, bakso beranak, dan beragam jenis bakso lainnya. Namun, proses pembuatan bakso ini tetap sama, bahannya sama dan langkah-langkah pembuatannya juga sama. Perbedaannya hanya terletak pada isi dan campuran baksonya saja. tergantung dengan selera anda.


Sebelum membuat bakso daging ini, yang pertama kali perlu anda perhatikan adalah pemilihan daging itu sendiri. secara umum, semua jenis daging sapi bisa untuk dibuat bakso. Namun anda juga harus memperhatikan karena ada beberapa bagian dalam daging sapi yang paling bagus menjadi bahan utama pembuatan bakso. Sekedar tips saja, untuk membuat bakso yang lezat dan berkualitas baik, anda bisa memilih daging sapi pada bagian paha, baik itu bagian paha kaki depan maupun paha kaki belakang.

Tidak hanya daging sapi, bahan-bahan untuk resep bakso daging lainnya juga diperlukan. Berikut ini resep yang bisa anda jadikan rekomendasi untuk membuat hidangan bakso daging.

Baca: Cara membuat kuah bakso yang enak dan mudah

Cara membuat bakso daging

Untuk membuat bakso daging, bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:
- 1 kg daging sapi pada bagian paha (pilih daging yang kondisinya segar, bukan beku)
- 6 kotak Es batu (ice cube ukuran 2x2 cm)
- 2 butir putih telur
- Tepung tapioca atau tepung kanji, 4 sendok makan
- Garam secukupnya
- Merica bubuk secukupnya
- Baking powder double acting ½ sendok makan (atau bisa juga menggunakan baking soda)
- Minyak goreng 2 sendok makan (untuk membuat daging lebih licin dan halus saat digiling)

Langkah-langkah pembuatannya:

1. Hancurkan daging dengan food processor atau choppe bersama dengan setengah porsi es batu, putih telur dan minyak goreng. Setelah daging sapi hancur dan menjadi halus, masukkan bumbu bakso dan giling hingga benar-benar merata. Lalu masukkan lagi es batu, putih telur dan minyak goreng.

2. Bulatkan bakso menggunakan tangan atau dengan bantuan sendok. Masukkan bakso ke dalam air yang belum mendidih, setelah adonan bakso sudah terbentuk bulat semua, baru didihkan airnya menggunakan api kecil. Jika bakso sudah matang, lalu angkat. Pertanda bakso matang adalah baksonya sudah mengapung di air yang mendidih.

3. Anda juga bisa membuat bakso yang ada isinya, bisa diberikan isi telur puyuh rebus, telur ayam rebus, dan lain-lain sesuai dengan selera anda.

Selain proses pembuatan bakso dagingnya, tidak lengkap kalau kami juga tidak memberikan resep mengenai pembuatan kuah baksonya. Berikut ulasannya.

Baca: Cara membuat bakso tusuk biasa dan bakso tusuk bakar

Bahan-bahan untuk kuah bakso:

- Tulang sapi, untuk kaldu alami
- 2 liter air
- 10 siung bawang putih ukuran sedang
- Garam secukupnya
- Merica bubuk secukupnya
- Penyedap rasa : secukupnya
- Tetelan ± ¼ kg
- 3 lembar daun bawang, potong kira-kira 1cm

Langkah-langkah pembuatannya:
1. Rebus air dalam panci

2. Masukkan tetelan dan tulang sapi dan rebus hingga mendidih

3. Haluskan 7 bawang putih dan garam, lalu tambahkan kaldu.

4. Sementara 3 bawang putih sisanya iris tipis tipis dan goreng

5. Masukkan juga merica bubuk, aduk aduk dan cicipi, bisa juga ditambahkan penyedap rasa

6. Setelah cita rasa kuah bakso sesuai tambahkan daun bawang, tunggu hingga mendidih beberapa saat, kemudian tambah dengan bawang goreng sambil remas.

Itulah resep bakso daging. Semoga bermanfaat.

Menghasilkan: 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan: 1 jam
Lama masak:
2 jam

Baca: Resep buat bakso spesial untuk hidangan anda dan keluarga



0 komentar