Resep Sop Bakso Yang Mudah Dibuat

Sayur sop di Indonesia memang sudah tidak asing lagi tentunya. Setiap hari kita bisa menemukan berbagai macam sayur sop yang dibuat dengan berbagai macam campuran sehingga citarasanya sudah berubah. Setiap daerah pun memiliki ciri khas masing-masing karena memang setiap daerah rempah yang digunakan juga berbeda pula. Kekayaan alam di Indonesia inilah yang menjadikan Indonesia kaya akan kuliner yang khas dan juga beragam. Salah satu makanan yang bisa dijadikan sajian menu keluarga Anda yaitu resep sop bakso. Resep masakan yang satu ini sangat mudah dilakukan baik untuk pemula sekalipun.


Sayur sop di Indonesia memang banyak sekali ragamnya. Biasanya tidak hanya bakso saja yang digunakan sebagai campuran sop melainkan juga daging sapi atau daging kerbau yang bisa merubah rasa dari kuah sop tersebut. Proses pembuatan yang mudah dan terbilang dapat dilakukan oleh siapa saja menjadikan sayur sop ini populer dikalangannya. Sayur sop campuran bakso ini menjadi salah satu makanan yang paling populer dari semua jenis sayuran yang ada. Hampir semua kebutuhan dari 4 sehat 5 sempurna terdapat pada sayuran yang memang terbuat dari campuran sayuran ini. Meski dibuat dari bahan-bahan yang sangat sederhana, masakan ini populer bagi para ibu muda yang baru belajar memasak. Hal yang mudah dilakukan dan bisa menyenangkan hati suami mereka adalah dengan sop sayur campuran bakso. Tidak hanya itu saja, kebanyakan dari orang Indonesia cocok dengan makanan yang satu ini.

Sebelum mulai untuk memasaknya maka akan lebih baik untuk mengetahui bahan-bahan yang digunakan. Bahan-bahan ini harus fresh dan dicuci dengan baik. Karena memang kita tidak mengetahui sayuran yang kita konsumsi mengandung pestisida atau tidak maka akan lebih baik untuk dibersihkan terlebih dahulu. Nah bagi Anda yang ingin mencoba maka bisa mengikuti langkah-langkah pembuatannya terlebih dahulu.

Baca: Cara Membuat Bakso Urat

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

- kol ½ kg, potong-potong
- kentang ¼ kg, potong dadu
- wortel ¼ kg, potong berbentuk bulat tipis
- seledri 2 batang, ikat
- daun bawang 2 batang, ikat
- bakso sapi ¼ kg
- air 3 liter
- garam 2 sendok makan
- merica bubuk 1 sendok teh penuh
- kaldu sapi 1 buah
- pala bubuk ¼ sendok teh
- minyak untuk menumis 5 sendok
- bawang merah goreng sendok makan, untuk taburan

Bumbu yang dihaluskan:
- bawang merah 7 butir
- bawang putih 4 siung

Baca: Resep Bakso Daging Yang Enak Dan Nikmat

Cara Membuat Sayur Sop Bakso

1. Untuk membuat sayur sop maka hal pertama yang dilakukan adalah dengan menumis semua bahan yang sudah dihaluskan.

2. Setelah itu tunggu hingga baunya mulai tercium harum.

3. Sesudah itu maka tambahkan air sekitar 1 liter kedalamnya.

4. Masukkan juga sayuran yang sudah dipotong dan di cuci bersih kedalamnya. Hal penting yang harus diingat adalah ketika memasukkan sayuran maka masukkan sayuran yang memiliki tekstur keras terlebih dahulu dan tunggu beberapa menit. Setelah itu baru memasukkan sayuran yang lunak sehingga bisa matang secara bersamaan.

5. Aduk adonan sampai matang.

6. Beri garam apabila kurang asin dan juga berikan sedikit gula kedalamnya.

7. Tunggu hingga semua sayuran matang.

8. Sajikan kedalam mangkok besar dan ditaburi dengan bawang goreng.

Bumbu Kecap:
- 10 cabai rawit
- ½ sendok teh garam
- 2 kecap ukuran sedang

Cara membuat:

1. Haluskan cabai rawit dengan garam

2. kemudian masukkan kecap.

3. aduk sampai merata

Nah membuat resep sop bakso memang sangat mudah kan? Anda bisa menyajikan menu tersebut untuk 20 porsi. Untuk membuatnya lebih nikmat, maka bisa disajikan dengan aneka lauk pauk seperti ikan goreng, tempe goreng dan juga ayam goreng. Semua jenis masakan tersebut sangat cocok sebagai hidangan pendamping sop bakso.

Menghasilkan : 15 mangkok
Porsi : 15 orang
Waktu persiapan : 30 menit
Lama masak : 30 menit

Baca: Cara membuat kuah bakso yang enak dan mudah






0 komentar