Resep Bakso Solo Legendaris Yang Terkenal Di Seluruh Indonesia

Kuliner bakso memang sudah menjadi salah satu makanan yang sangat mudah ditemukan diseluruh daerah di Indonesia. Tidak hanya itu saja, bakso merupakan masakan khas indonesia yang begitu di gemari dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun mereka menyukai kuliner bakso yang satu ini. Walaupun bentuknya sederhana tetapi rasanya sangat menggugah selera bagi yang mendengarnya. Selain itu tidak banyak orang yang tidak akan ketagihan setelah mencicipi rasa bakso dari Indonesia ini. Salah satu bakso yang memang terkenal rasanya yaitu bakso solo. Resep bakso solo ini memang tergolong sedikit karena hanya orang kota Solo yang mengetahuinya.


Dari beberapa pembahasan tersebut kita juga bisa membayangkan bagaimana kelezatan yang ditawarkan bakso solo kepada lidah kita. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang proses dan juga bahan yang digunakan untuk cara membuat bakso solo yang enak dan juga lezat maka bisa kita simak berikut ini.

Baca: Bakso Jamur Praktis Porsi Besar

Cara membuat bakso solo

Sebelum kita masuk ke langkah pembuatan dari bakso solo yang lezat, maka kita bisa melihat apa saja bahan-bahan yang digunakan.
- ½ kg daging sapi giling
- 5 ons tepung kanji
- 5 siung bawang putih
- 1 sendok makan garam
- 1 sendok teh merica bubuk
- penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Bakso:

1. Haluskan bawang putih, silahkan tumbuk atau blender.

2. Campur bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam adonan daging sapi giling, merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji

3. Aduk dan uleni adonan tersebut hingga merata kurang lebih 10 menit

4. Setelah adonan tercampur rata selanjutnya bentuklah menjadi bulatan-bulatan dengan menggunakan tangan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, usahakan agar ukurannya tidak terlalu besar supaya bisa matang secara lebih merata dan cepat. Nah disini saya yakin anda bisa untuk membuat bulatan bakso.

5. Masukkan bulatan bakso yang anda buat ke dalam air panas, kemudian rebuslah ke dalam air yang mendidih hingga matang. Tanda bakso yang telah matang adalah mengapung di permukaan air yang mendidih. Proses perebusan biasanya memakan waktu 10-15 menit.

6. Angkat bakso yang telah matang dan tiriskan dalam suhu ruangan.

Baca: Resep Sop Bakso Yang Mudah Dibuat

Bumbu kuah bakso

- Bawang putih 5 siung, goreng dan haluskan
- Bawang merah 4 siung, goreng dan haluskan
- Bawang goreng 1/2 sdm, haluskan
- gula 2 sdt
- garam 1 sdm
- lada 1 sdt
- daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya, iris halus
- kaldu sapi instan, 2 sdt

Cara membuat kuah bakso.

1. Rebus terlebih dahulu tulangnya.

2. Masukkan bumbu kedalam air sampai mendidih.

3. Tunggu hingga matang dan sajikan bersama bakso tersebut.

Resep bakso solo memang sangat legendaris karena resep ini diturunkan secara turun menurun. Semua bahan yang digunakan juga sangat mudah didapatkan baik di supermarket maupun pasar tradisional. Anda bisa menggunakan resep ini karena memang resep ini tidak hanya mudah melainkan juga rasanya sangat lezat. Penyajian dari bakso ini sekitar 1 jam karena memang dibuat untuk 20 porsi. Porsi besar ini cukup untuk keluarga besar Anda. Apabila Anda merasa tambahan menu pada menu makanan dirumah Anda, maka bisa mencoba resep yang satu ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan bisa dijadikan salah satu resep andalan yang terpercaya. Semoga berhasil.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan :1 jam
Lama masak : 1 jam

Baca: Cara Membuat Bakso Urat

0 komentar