Resep Pentol Bakso untuk Pemula

Bakso adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia. Kita bisa menjumpainya di setiap wisata bahkan pinggir jalan. Rasa, ukuran dan harganya bervariasi. Namun, daripada membelinya, lebih baik mencoba membuatnya sendiri. Bagi kalian yang belum pernah membuatnya atau bahkan tidak pandai memasak, jangan khawatir. Artikel ini akan menyajikan resep pentol bakso yang bisa dicoba dengan mudah di rumah. Dari pada penasaran, lebih baik kita simak resep rahasianya.


Baca: Belajar Membuat Bakso Setan

Manfaat Membuat Resep Pentol Bakso

Sebenarnya, anda bisa saja membeli pentol bakso di mana saja karena makanan ini hampir ada di setiap tempat. Lalu kenapa harus membuatnya sendiri yang belum tentu enak rasanya? Tentu saja, kalian bisa belajar dan menambah pengalaman. Selain itu, ada juga manfaat lain sebagai berikut:

A. Lebih Hemat
Salah satu alasan kenapa kita harus bisa membuat bakso sendiri adalah alasan biaya. Tentu saja, dengan membuatnya sendiri biaya yang diperlukan akan semakin sedikit, khususnya jika membuat dalam jumlah porsi yang banyak.

B. Lebih Sehat
Selain lebih hemat, membuat resep bakso sendiri berarti kita bisa memastikan kalah kita menggunakan bahan-bahan yang bersih dan sehat. Jadi, hasilnya pun akan lebih sehat dibanding membeli di luar yang mana kita belum tahu kebersihannya saat membuat.

Bahan dan Bumbu Resep Pentol Bakso
Setelah mengetahui kalau membuat resep pentol sendiri lebih hemat dan sehat, saatnya kita untuk mencoba di rumah. Pertama, persiapkan dahulu bahan dan bumbunya. Ada beberapa bahan dan bumbu yang harus disiapkan, sebagai berikut:
- Es batu sebanyak 50 gram
- Lada bubuk sebanyak 1,5 sendok
- Tepung kanji sebanyak 200 gram
- Daging sapi yang sudah digiling sebanyak 200 gram
- Bawang goreng (bawang putih dan merah) masing-masing 7 siung
- Penyedap rasa (banyaknya menyesuaikan dan secukupnya)
- Garam sebanyak 2 sendok

Baca: Resep Bakso Enak nan Lezat

Langkah-langkah Membuat Resep Pentol Bakso

Agar hasil resep bakso pentol yang terbaik, pastikan bahan dan bumbunya masih segar semua. Setelah semuanya selesai dipersiapkan, kini saatnya membuat bakso pentol dengan langkah-langkah di bawah ini:

1. Langkah pertama adalah mencampurkan dan mengaduk daging sapi yang sudah digiling hingga halus tadi dengan tepung kanji beserta seluruh bumbu yang sudah dipersiapkan. Kemudian, tambahkan es batu 25 gram lalu blender hingga halus. Jika kurang halus, tambahkan lagi es batunya dan blender sampai benar-benar halus dan tercampur merata.

2. Langkah kedua adalah dengan merebus campuran tersebut hingga benar-benar mendidih.

3. Selanjutnya, ambil adonan daging dan bumbu tadi lalu bentuklah menjadi bulatan-bulatan. Ukurannya terserah anda. Untuk membuat pentol ini, kalian bisa mengepal dengan tangan saja atau juga dengan memakai bantuan sendok. Yang lebih praktis adalah dengan memakai mesin pencetak bakso.

4. Setelah semua terbentuk menjadi bulatan, kumpulkan dan masukkan pada air mendidih supaya tidak menempel satu sama lain.

5. Terakhir, rebuslah adonan tersebut. Jangan terlalu besar apinya. Pastikan hingga matang secara merata. Api yang terlalu besar mungkin lebih cepat matang tapi kurang merata.

Lalu, apa cirinya jika bakso pentol tersebut sudah matang? Jika bakso sudah mengapung, itu artinya bakso sudah matang. Jadi, bisa segera diangkat sebelum disajikan ke mangkuk. Resep pentol bakso di atas bisa membuat:

Jumlah porsi :10 hingga 15 porsi
Persiapan : 30 menit
Lama memasak : 1 jam

Baca: Resep Lezat Bakso Keju Asli

0 komentar