Cara Bikin Kuah Bakso Mudah Dan Lezat

Mau tahu cara bikin kuah bakso secara mudah, tapi terasa mantap? Ikuti terus artikel berikut. Bakso adalah makanan khas Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Hidangan segar nan ringan ini juga merupakan makana favorit Obama yang ternyata karena inilah masakan berbentuk bulat padat ini popular sampai luar negeri. Selain karena rasa baksonya yang enak, kuahnya yang kaya rempah juga jadi daya tarik.


Berikut akan diberikan resep kuah bakso sapi dan ikan yang mudah untuk dipraktekkan di rumah. Bahan maupun bumbunya juga gampang didapat di sekitar kita. Jadi tidak perlu khawatir ngga bisa atau tidak berhasil, karena caranya gampang banget. Ada dua resep kuah baso yang akan dibeberkan. Ikuti terus artikel ini dan silakan disimak baik-baik agar masakan Anda penuh dengan cita rasa tinggi.

Baca: Resep Sayur Sop Bakso Sederhana Enak Dan Mantap

Membuat Kuah Baso Sapi

Bahan-bahan dan bumbu:
- Air 4 liter air
- Tulang sapi 400 gram
- Lada bubuk 1 sdt
- Daun bawang 4 batang
- Gula pasir 2 sdt
- Bawang putih goreng, dihaluskan
- Bawang merah goreng, dihaluskan
- Kaldu sapi instan 2 sendok teh

Langkah-langkah:
1. Siapkan air dalam panci berukuran besar. Panaskan.

2. Tuangkan tulang sapi dan bumbu lainnya. Kalau perlu tambahkan pula happy booster atau power booster universal untuk memperkuat cita rasa dagingnya.

3. Aduk. Tunggu hingga mendidih.

4. Dapat ditambah irisan selederi kalau perlu sebagai taburan di atasnya. Bisa juga ditambahkan bihun.

5. Sajikan selagi hangat.

Baca: Resep Bakso Mercon Terenak di Indonesia

Membuat Kuah Baso Ayam

Bahan & bumbu:
- Kaldu ayam sekitar 2 liter
- Merica bubuk 1 sdt
- Pala bubuk 1 sendok teh
- Bawang putih, cincan halus
- Bawang merah, cincang halus
- Margarin sekitar satu sdm
- Gula & garam secukupnya

Langkah-langkah :
1. Siapkan air kurang lebih 2 ltr plus kaldu ayam. Panaskan.

2. Sambil menunggu air kaldu panas, siapkan wajan. Tuang minyak secukupnya tunggu sampai panas. Ambil margarine, lalu tuangkan dalam minyak, tumis bawang merah + putih.

3. Masukkan tumisan tadi ke dalam air + kaldu . Jangan lupa pala, merica, gula dan garam.

4. Aduk-aduk. Tunggu sampai mendidih.

5. Bila suka, bisa ditambah irisan seledri untuk ditabur di atasnya.

6. Siap disajikan.

Bagaimana, mudah bukan mempraktekkannya? Resep di atas akan lebih bermanfaat lagi jika dipraktikkan di rumah. Tentunya, keluarga akan menunggu masakan istimewa Anda. Bahan di atas sudah berisi kandungan yang baik bagi tubuh. Seledri, bawang ptih, daun bawang, garam apalagi yang beryodium sangat bagus bagi kesehatan.

Dua resep tersebut adalah cara standar dan bisa dibilang paling mudah. Fyi, happy booster atau power booster universal ialah penguat rasa serta aroma daging. Produk ini diproduksi oleh Wiberg yang merupakan perusahaan Austria. Ada juga chicken boster yang digunakan untuk memperkuat rasa ayam. Beberapa label itu sangat cocok untuk dimanfaatkan sebagai bumbu masak serta penyedap.

Kandungan protein ataupun vitamin pada bakso plus kuahnya sangat diperlukan bagi tubuh. Bisa disantap kapanpun, pagi, siang, maupun malam hari. Semoga artikel tentang cara bikin kuah bakso ini bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat kudapan nikmat di pagi maupun siang atau sore hari. Caranya praktis dilakukan, bahannya ada di sekitar kita, rasanya pun mantap. Selamat mencoba !

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam
Baca: Resep Bakso Ikan Tenggiri Mudah dan Enak





0 komentar