Resep Sayur Sop Bakso Sederhana Enak Dan Mantap

Resep sayur sop bakso ada banyak macamnya. Mulai dari yang bahannya susah didapat sampai berbahan sederhana alias mudah didapatkan. Sop menjadi menu masakan favorit dan paling sering dimasak oleh ibu-ibu di acara resepsi pernikahan maupun acara lain. Makanan ini merupakan olahan yang mudah diracik dan sangat enak walaupun cara memasaknya tidak sulit.


Jenis sayur ini cocok untuk sarapan, makan siang, maupun malam. Bumbu yang digunakan tidak sukar didapat, karena merupakan rempah Indonesia & banyak ditemukan di mana pun. Meskipun begitu, aroma dan rasanya sangat mantap serta bersahabat di lambung. Hidangan lezat ini nggak pernah absen di berbagai acara, juga menjadi menu andalan keluarga & berbagai perhelatan.

Baca: Resep Bakso Mercon Terenak di Indonesia

Bahan-bahan:

- Wortel sekitar 8 buah
- Kentang 8 biji
- Kol
- Makaroni
- daun bawang sesuai selera
- Bakso kurang lebih 1/4 kg
- Bawang merah iris halus
- Bawang putih diiris halus
- Merica halus
- Ketumbar halus
- Garam secukupnya
- Gula sesuai selera

Baca: Resep Bakso Ikan Tenggiri Mudah dan Enak

Cara Membuat

Sebelum itu, jangan lupa mempersiapkan bahan-bahan di atas maupun beberapa barang seperti panci, wajan, pisau, telenan, serta beberapa wadah untuk tempat sayur.

1. Siapkan air dalam panci ukuran besar, kira-kira cukup untuk 20 porsi. Panaskan.

2. Sambil menunggu air mendidih, persiapkan irisan bawang merah + putih dan goreng dalam minyak panas hingga harum. Angkat.

3. Masukkan bawang yang telah digoreng dalam panci berisi air.

4. Masukan wortel yang sudah diiris dan kentang. Kedua sayuran in sengaja dimasukkan lebih awal dari yang lain karena matangnya lebih lama.

5. Garam, merica, ketumbar dimasukkan. Bila perlu tambahkan gula (opsional).

6. Tuangkan macaroni, bakso, kol, serta daun bawang. Aduk.

7. Cicipi sedikit apakah rasanya sudah pas. Jika masih kurang, tambahkan kekurangannya.

8. Tunggu hingga mendidih. Angkat.

9. Sajikan.

Mudah bukan cara membuatnya? Selain itu, bahan maupun bumbunya juga gampang dicari. Untuk sayur, boleh diganti dengan yang lain. Misal kol ganti dengan kubis, bakso ditukar dengan jagung manis, atau ditambah dengan irisan daging malah lebih mantap. Bisa juga ditambahi kaldu ayam atau tulang ayam agar minyak plus aroma ayamnya berasa. Taste jenis sayuran ini memang bisa berbeda tergantung bahan & cara membuatnya.

Masakan sesimpel ini siapa pun pasti bisa mempraktekkannya, termasuk Anda. Bahkan kalian yang masih belajar masak, pasti dapat meniru resep sederhana ini. Bisa dikatakan sup termasuk salah satu menu masakan termudah dibandingkan hidangan lainnya. Silakan praktekkan di rumah serta jangan takut untuk terus mencoba.

Dalam memasak memang diperlukan kesabaran dan taste yang bagus untuk menghasilkan hidangan mantap. Tidak harus memakai bahan yang sulit didapat, cukup menggunakan bahan di sekitar kita, bisa menghasilkan masakan istimewa. Indonesia kaya akan rempah-rempah. Rempah inilah yang diperlukan agar hasil hidangan terasa enak. Memasak sangat menyenangkan bila disertai dengan passion yang tinggi. Makanan yang kaya akan protein and vitamin ini lebih mantap bila disantap waktu masih hangat. Sop bakso bergizi cocok dimakan ketika sarapan, makan siang, maupun makan malam. Bisa dihidangkan dengan atau tanpa nasi, tergantung selera masing-masing. Jadikan memasak sebagai salah satu hobi Anda, karena memasak itu menyenangkan, baik itu menyenangkan diri sendiri, keluarga, maupun orang lain. Silakan mencoba recook resep sayur sop bakso.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Bumbu Bakso Bakar Dengan Teflon


0 komentar