Resep Bakso Mercon Terenak di Indonesia

Kreasi pada masakan memang tidak ada habisnya. Banyaknya rasa membuat kreatifitas para chef dalam memasak juga tidak kalah kreatifnya. Bagi kamu yang suka makanan pedas, salah satu olahan yang akan saya jelaskan dibawah ini tentu akan membuat air liur anda mengalir. Berikut ini, saya akan membahas bakso mercon. Bakso ini sangat istimewa karena akan memberikan anda sensasi makanan pedas yang tidak anda duga. Dengan paduan bumbu menarik di dalam resep, lidahmu akan sangat senang dan tentunya tidak akan mudah bosan menikmati makanan tersebut. Inilah bahan serta langkah untuk membuat resep di atas.


Baca: Resep Bakso Ikan Tenggiri Mudah dan Enak

Bahan Bakso Mercon

Bahan dibutuhkan untuk membuat resep bakso mercon tentunya tidak akan membuat kita repot. Berikut kita akan membahas bahan untuk porsi dalam jumlah banyak sekaligus, yaitu porsi untuk 20 orang. Jumlah yang banyak mungkin, namun hal ini cukup untuk membuat kita tidak bingung saat mendapati even besar dan membutuhkan konsumsi yang menarik.

- 1 kg cabai rawit merah yang diiris atau dihaluskan
- Setengah kilo urat yang dipotong kecil-kecil
- 2 kg sagu aren
- 6 kg daging sapi segar dipotong
- 40 sendok teh poly powder
- 40 sendok teh garam
- Setengah kilo putih telur
- 3 kg es serut
- 10 sendok teh merica bubuk dan penyedap rasa
- 20 sendok makan bawang putih goreng
- 10 sendok makan bawang merah digoreng

Itulah bahan pembuatan bakso tersebut. Sekarang, mari kita belajar tentang proses pembuatannya. Tidak sulit proses ini, berikut adalah langkah rinci di dalam resep untuk dilakukan guna mendapatkan rasa bakso mercon maksimal

Baca: Bumbu Bakso Bakar Dengan Teflon

Langkah Resep Bakso Mercon

Langkah yang mudah serta murah selalu menyenangkan untuk dilakukan. Berikut adalah langkah untuk anda membuat makanan pedas dan nikmat ini.

1. Untuk membuat mercon tersebut, mulailah dengan menggiling daging sapi. Gilinglah daging sapi, namun jangan terlalu lembut dengan food prosesor. Jangan lupa menambah garam saat menggiling untuk memberikan rasa.

2. Setelah gilingan agak kasar jadi, lanjutkan dengan mencampur bahan selanjutnya.

3. Campurkanlah es serut, putih telur, poly powder, penyedap rasa, bawang putih goreng, bawang merah goreng, dan merica bubuk ke dalam menu tersebut.

4. Setelah tercampur rata, gilinglah lagi bahan tersebut hingga lembut.

5. Setelah gilingan kedua, anda masih harus menambahkan tepung sagu, adonan kalis, urat sapi, dan cabai rawit, lalu giling ketiga kalinya sebentar saja.

6. Setelah itu, bentuklah adonan yang sudah siap tadi menjadi butiran sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

7. Panaskan air hingga mendidih untuk memasak butiran bakso tersebut.

8. Ketika air mendidih, masukan butiran bakso tersebut dan tunggu. Jika bakso sudah terapung, berarti sudah matang.

9. Siapkan pasangan lain seperti kuah yang bisa anda buat atau makan dengan saus untuk menambah rasa nikmat dari makanan tersebut.

Tentunya dengan penjelasan di atas, kamu sudah tahu betapa mudahnya membuat bakso mercon ini. Bahan dan alat tentunya mudah kita temui di sekitar kita. Bahannya pun tidak tergolong mahal dan tentunya akan membuat perut kita puas. Untuk kreasi lebih seperti mengolahnya menjadi bakso goreng atau bakar, semua hal itu terserah anda. Mengkreasikan rasa tentunya juga merupakan hal yang menarik dan rasakan perpaduan gurih pedas dengan rasa yang akan anda campur. Bisa mencampur keju, saus barbeque atau masih banyak lagi opsi yang bisa diambil.

Menghasilkan : 50-70 mangkok
Porsi : 70 orang
Waktu persiapan : 30 menit -1 jam
Lama masak : 4 jam

Baca: Resep Bakso Granat Pedas

0 komentar