Cara Buat Bakso Ayam, Resep Sederhana Dan Praktis

Baso adalah menu favorit semua kalangan masyarakat. Hampir di sudut jalan bisa ditemukan warung dengan menu ini dan beragam menu sejenis lainnya. Ada yang menjajakan santapan tersebut dengan ukuran jumbo ataupun berisi berbagai macam rasa layaknya cabai rawit, keju, atau yang lainnya. Masakan ini kebanyakan dibuat dari daging sapi yang sudah digiling. Namun, ada juga yang menyajikannya dengan bahan dasar daging ayam. Awalnya, masih jarang ditemukan kecuali di beberapa supermarket yang menjualnya dalam kemasan baso daging ayam. Tapi anda tak perlu khawatir karena sekarang bisa mengetahui cara buat bakso ayam dengan membaca artikel ini. Berikut adalah tutorialnya untuk anda.






Dengan membuatnya sendiri di rumah, maka anda dapat memastikan bahan yang digunakan aman untuk seluruh anggota keluarga khususnya untuk si kecil. Terlebih, anda juga bisa menjamin tingkat kebersihan serta kualitas yang aman dikonsumsi untuk semua kalangan. Resep cara buat bakso ayam yang dibahas kali ini tentunya akan khas dengan cita rasa yang gurih dan terdapat sayuran didalamnya sehingga sangat pas untuk makanan bagi anak-anak di rumah.



Baca: Resep Bakso Kuah, Cara Memasak Kuah Dan Bakso Yang Gurih Dan Lezat



Bahan-bahan

Sebenarnya, cara memasaknya sama dengan jenis baso lainnya perbedaan hanya terletak pada tekstur dagingnya saja. Bagi anda yang sudah mahir memasak baso sapi, tentunya tidak akan menemukan kesulitan memasak resep yang satu ini.

- Daging ayam sebanyak satu kilogram, pisahkan tulangnya.

- 1 ons tepung kanji yang digunakan sebagai perekat.

- es seperlunya.






Bumbu-bumbu

- 1 genggam bawang putih yang sudah dikupas.

- 2 sendok bawang merah yang digoreng.

- 1 sdt penyedap rasa.

- 1 royco atau masako rasa daging sapi.

- ½ sdt merica bubuk.

- ¼ ons gula merah.

- 1 butir telur.

- 1 saset kecap supaya berwarna coklat.



Baca: Bakso Rusuk: Pedas Dan Enak



Instruksi

1. Iris kecil-kecil daging ayam yang sudah dipisahkan dari tulangnya. Giling baik di tempat penggilingan ataupun menggunakan blender bersamaan dengan bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya. Proses penggilingan dilakukan dua kali yakni giling kasar serta halus. Untuk pemisahan tulang, anda dapat minta ke penjual yang biasanya sudah paham jika akan digunakan untuk membuat baso. Jangan lupa untuk menyertakan seluruh bumbu serta bahan saat digiling.



2. Sesudah menjadi adonan, yakni campuran antara kanji, bumbu, serta daging, masukkanlah ke wadah, sejenis baskom besar. Uleni sampai kalis.



3. Siapkan air hangat dalam panci, sambil mencetak bulatan dengan menggunakan tangan yaitu seperti meremas untuk menciptakan bulatan. Anda juga bisa menggunakan sendok.



4. Saat sudah menjadi bulatan, masukkan ke panci yang berisi air panas. Didihkan namun jangan lupa diaduk, karena jika proses ini diabaikan, bulatan tersebut bisa pecah.



5. Jika sudah mendidih, angkat bola-bola tersebut kemudian dinginkan. Anda bisa menggunakan wadah besar, sejenis tampah. Supaya lebih cepat dingin, gunakanlah kipas angin.



6. Baso pun sudah jadi dan anda dapat mencampurkannya untuk segala jenis masakan. Simpan di freezer dengan memasukkannya terlebih dahulu dalam kantong plastic dan ikat kuat-kuat. Untuk mencegah bau di dalam freezer, gunakanlah tiga hingga empat plastic.



Membuat kuah sebagai pelengkap

Untuk melengkapi bola-bola yang sudah anda masak tadi, siapkanlah 3 genggam bawang putih dan 1 genggam bawang merah yang sudah dikupas, daun bawang ambil bagian yang putih dan diiris sebanyak satu genggam, 1 biji pala, serta dua sendok teh merica bubuk. Komposisi ini digunakan untuk membuat kuah. Haluskan bumbu dan masukkan bersamaan dengan air yang akan direbus hingga mendidih. Cara buat bakso ayam juga bisa ditambahkan dua buah tulang kaki sapi supaya rasa kuah lebih kuat.



Menghasilkan : 20 mangkok

Porsi : 20 orang

Waktu persiapan : 1 jam

Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Bakso Super Gurih Serta Menggugah Selera


0 komentar