Resep Bakso Ikan Tenggiri Mudah dan Enak

Berbicara tentang bakso tidak melulu menjurus pada daging sapi. Ada banyak daging yang dijadikan bahan baku dari makanan tersebut. Salah satu bahan yang bernutrisi serta banyak disukai saat ini adalah tenggiri. Tenggiri mengandung banyak protein serta nutrisi lain. Nutrisi tenggiri mampu meningkatkan kecerdasan dan membuatnya menjadi makanan yang bagus untuk bekal anak kita ke sekolah. Pada kesempatan ini, saya akan berbagi resep bakso ikan tenggiri dan tentunya sangat enak serta mudah dibuat. Bahannya sangat mudah dicari dan banyak ditemukan di pusat perbelanjaan sekitar kita. Berikut adalah bahan serta resep guna membuat makanan tersebut.


Baca: Bumbu Bakso Bakar Dengan Teflon

Bahan Diperlukan Untuk 20 Porsi
Tidak tanggung-tanggung, kita akan bahas bahan untuk 20 porsi sekaligus. Tentunya hal tersebut bisa anda jadikan referensi jika kamu berencana berpesta besar atau membuka toko. Bahan yang akan kau butuhkan adalah sebagai berikut.
- 5 kg ikan tenggiri fillet dan sudah dikerik
- 2 liter air es
- 20 sendok teh kaldu ayam
- 20 butir telur
- 20 sendok makan peres gula pasir
- 20 sendok teh merica
- Garam sesuai keinginan
- 60 sendok makan tapioka atau tepung sagu

Bahan tersebut tentu sangat mudah di temukan di sekitar kita. Di pasar maupun supermarket kamu bisa menemukan bahan tersebut. Sekarang, waktunya kita belajar cara membuat bahan bakso ikan tenggiri ini menjadi siap santap.

Baca: Resep Bakso Granat Pedas

Langkah Membuat Bakso Tenggiri

Anda tidak perlu khawatir tentang langkahnya. Tidak ada hal spesial dari cara membuat bakso. Sebaiknya kau menjaga higienitas tempatmu memasak saja agar makanan hasilmu akan membuatmu sehat dan tidak mengandung banyak kuman dan bakteri.
1. Di awal, mulailah dengan membekukan ikan tenggiri sampai membeku sepenuhnya.

2. Setelah membeku, keluarkan ikan yang membeku tadi, dan potong menjadi potongan kecil atau balok kecil.

3. Setelah dipotong, hancurkan daging dengan cara menumbuk atau dengan menggunakan blender ataupun gilingan daging. Jangan lupa menambah air untuk membantu melunakkan daging yang beku tadi.

4. Setelah dirasa lembut, lanjutkanlah dengan menuangkan bahan yang halus tadi ke dalam sebuah wadah, lalu masukkan juga gula, kaldu bubuk, garam dan merica.

5. Jika sudah rata, lanjutkan dengan mencampur tapioka. Tapioka berfungsi sebagai perekat daging sehingga daging bisa dibentuk dengan mudah menjadi bola-bola daging.

6. Untuk membuat bola daging siap saji, panaskanlah air hingga air mendidih. Jika sudah mendidih, masukanlah adonan yang sudah anda cetak menjadi butiran-butiran bola ke dalam air mendidih, kemudian tunggu.

7. Jika bola-bola daging tersebut sudah mengambang, tandanya bakso tersebut sudah siap santap. Kemudian angkat butiran dan tiriskan air yang ada pada butiran tersebut.

8. Persiapkan pasangan makanan seperti kuah bakso atau saus karena anda sudah bisa menyantapnya tanpa harus mempersiapkan kuah. Rasa ikan yang khas dan aromanya yang segar akan membuat perut anda nyaman tentunya.

Seperti yang dilihat, cara tersebut sangatlah simpel dan mudah dilakukan. Setiap langkah bisa dilakukan sendiri. Namun ketika partai besar, meminta bantuan orang guna mempermudah kerja anda juga merupakan keputusan yang bijak. Untuk memasak semua proses tersebut, biasanya akan dibutuhkan waktu sekitar 3 jam. Jika anda memiliki tenaga lebih untuk memasak, sepertinya proses pembuatan resep bakso ikan tenggiri akan lebih cepat selesai dan tidak begitu melelahkan. Pastikan rasanya sesuai dengan selera dan tidak terlalu banyak bumbu diberikan.

Menghasilkan : 40-50 mangkok
Porsi : 50 orang
Waktu persiapan : 30 menit -1 jam
Lama masak : 3 jam

Baca: Resep Kuah Bakso Sapi untuk 20 Porsi

0 komentar