Cara Membuat Bakso Cinta yang Lezat

Bakso merupakan kuliner yang banyak digemari oleh hampir semua kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bakso ini merupakan bulatan-bulatan seperti bola yang dibuat dari daging sapi, daging ayam atau bahkan ikan. Bakso pun kini telah tersedia dengan jenis yang beragam. Persaingan pasar yang cukup pesat membuat banyak penjual bakso yang mencoba untuk membuat kreasi baru dari bakso dengan penamaan yang unik sehingga mampu menarik perhatian para pembeli atau penyuka bakso. Mulai dari bakso biasa, bakso granat, bakso isi telur puyuh, bakso jumbo hingga bakso cinta yang mana merupakan variasi dari bakso-bakso itu sendiri. Pada dasarnya bakso-bakso ini dibuat dengan bahan yang hampir sama, hanya saja yang membedakan adalah variasinya. Entah dari bentuknya, isinya atau ukuran baksonya. Untuk bakso love ini merupakan bakso yang dikreasikan dengan bentuk love, sehingga disebut dengan cinta. Berikut ini adalah cara membuatnya.


Baca: Cara Pembuatan Bakso

Cara Membuat Bakso Cinta dan Kuahnya

Bahan-bahan untuk membuat bakso
- 1kg daging sapi yang sudah digiling sampai halus
- 8 butir telur ayam dan diambil bagian putihnya saja
- 200gr tepung sagu
- 16 siung bawah putih dan 1 bungkus baking powder kemudian dihaluskan
- Lada bubuk secukupnya
- Gula halus secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- Siapkan juga garam secukupnya

Bahan-bahan untuk membuat kuah bakso:
- Daun bawang 1 batang, kemudian cincang halus
- Seledri sebanyak 2 batang, kemudian cincang halus
- Siapkan kaki sapi atau ceker ayam secukupnya
- Bawang goreng secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- Siapkan juga garam secukupnya

Baca: Resep Bakso Moncrot

Cara membuat bakso cinta super lezat:

1. Untuk langkah pertama, campurkan daging sapi yang telah digiling halus dengan backing powder, putih telur, serta tepung sagu. Kemudian setelah itu diaduk-aduk hingga tercampur merata, kurang lebih membutuhkan waktu 45 menit hingga 1 jam.
2. Setelah tercampur merata, kemudian tambahkan lada bubuk secukupnya, gula, garam,dan penyedap rasa secukupnya. Baru setelah itu kemudian aduk kembali hingga adonan dan juga bumbu tercampur dengan merata.
3. Setelah adonan tadi tercampur merata. Kemudian selanjutnya simpan terlebih dahulu dalam lemari es selama kira-kira 10 menitan.
4. Jika sudah, baru kemudian anda dapat mencetak adonan bakso tersebut membentuk love, dapat menggunakan cetakan roti ataupun menggunakan tangan.
5. Setelah selesai membentuk adonan menjadi bentuk love, kemudian masukkan adonan yang telah dicetak ke dalam air panas yang telah panas mendidih. Masak hingga matang kira-kira selama 10 menitan.
6. Setelah bakso terlihat sudah mengapung ke permukaan dan matang, anda bisa mengangkat bakso tersebut dan tiriskan.

Cara membuat kuah bakso cinta:
1. Pertama campurkan terlebih dahulu garam, penyedap rasa, serta kaki sapi kedalam air. Garam dan penyedap rasa dapat menyesuaikan dengan selera anda. setelah itu kemudian aduk hingga bahan tersebut merata, lalu masak hingga mendidih.

2. Baru setelah itu bakso cinta dapat disajikan bersama kuah bakso dan juga dapat ditambah dengan aneka variasi, seperti mie dan juga dapat ditambahkan seledri serta bawang goreng sebagai taburannya.

Inilah cara membuat bakso cinta beserta kuahnya yang lezat, cukup mudah bukan? Anda dapat menikmati bakso ini pada momen kumpul keluarga, atau dapat juga sebagai penghangat pada cuaca dingin. Pembuatannya pun cukup mudah, sehingga anda dapat mempraktekannya sendiri dirumah. Membuat bakso sendiri selain dapat menyesuaikan dengan selera anda, juga dapat lebih terjaga kebersihannya serta menghindari penggunaan bahan pengawet yang berlebihan. Sehingga akan lebih aman untuk dikonsumsi anggota keluarga anda. Bakso dengan bentuk cinta ini tentu akan menjadi santapan yang unik dan tentu menarik untuk dinikmati. Anda pun dapat mengkreasikannya dengan bahan dasar yang lain jika anda ingin. Jadi, selamat mencoba.

Persiapan: 45 menit
Lama memasak: 1 jam
Porsi bakso: kira-kira 30 bulatan bakso, tergantung ukuran yang anda buat

Baca: Resep Tahu Isi Bakso











0 komentar